sign up SIGN UP

Melihat Lukisan Potret Barack Obama dan Michelle Obama yang Resmi Dipajang di Gedung Putih

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Kamis, 15 Sep 2022 21:30 WIB
Melihat Lukisan Potret Barack Obama dan Michelle Obama yang Resmi Dipajang di Gedung Putih
caption

Lukisan terbaru Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama resmi diperlihatkan pada Rabu (7/9) di Gedung Putih untuk pertama kali.

Barack dan Michelle Obama didampingi Presiden Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden dalam upacara pengungkapan lukisan resmi tersebut. Seniman Robert McCurdy dipercaya untuk mengerjakan lukisan Barack Obama, sedangkan lukisan Michelle Obama merupakan buah tangan seniman Sharon Sprung. Kedua lukisan Mantan Presiden AS dan Ibu Negara itu akan tergantung di Gedung Putih sebagai koleksi permanen tempat tinggal.  

Peresmian lukisan Barack Obama dan Michelle Obama/
Peresmian lukisan Barack Obama dan Michelle Obama/ Foto: instagram.com/michelleobama

Setelah 5 tahun meninggalkannya di tahun 2017, orang tua dari Malia dan Sasha Obama kembali menginjakkan kaki di Gedung Putih dengan penampilan formal yang memukau. Barack Obama rapi dalam setelan jas hitam yang menumpuk kemeja bergaris dan dasi abu-abu.

Sementara istrinya kian memesona dalam gaun lipit ombre ungu-merah yang diketahui dibuat custom oleh desainer Christy Riling. Gaya Michelle Obama yang begitu elegan dilengkapi dengan anting emas panjang dan pumps hitam nan sleek

Barack dan Michelle Obama bersama Presiden Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden/
Barack dan Michelle Obama bersama Presiden Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden/ Foto: instagram.com/potus

Selain dari penampilan keduanya napak tilas di White House, lukisan diri Barack dan Michelle Obama yang dipertunjukkan dan menjadi pusat acara tak kalah bikin terpana. Seniman kontemporer McCurdy melukis presiden Amerika Serikat kulit hitam pertama itu dengan aliran fotorealisme, yakni menginterpretasi foto menjadi karya lukis.

Dalam lukisan, Obama berdiri mengenakan setelan jas hitam dan dasi silver yang terlihat kontras dengan latar belakang putih––ciri khas lukisan McCurdy. Melansir CNN, McCurdy membutuhkan waktu satu tahun untuk menyelesaikan lukisan tersebut.

Lukisan Barack Obama karya McCurdy/
Lukisan Barack Obama karya Robert McCurdy/ Foto: instagram.com/barackobama

Sharon Sprung juga banjir pujian berkat karya lukisan kontemporer-realisme yang diselesaikannya dalam 9 bulan. Michelle Obama yang jadi objek terlihat anggun dan realistis secara bersamaan. Penulis buku Becoming itu duduk di atas sofa merah yang terdapat dalam Red Room di gedung putih.

Diketahui karya seni tersebut berasal dari foto yang diambil, tapi dengan latar belakang dan lokasi berbeda dengan aslinya. Sementara gaun baby blue off-shoulder yang dikenakan Michelle dalam lukisan merupakan karya desainer favoritnya, Jason Wu.

Sebelumnya, Michelle langganan memakai rancangan desainer AS itu untuk acara-acara penting, seperti gaun putih saat inagurasi tahun 2009, gaun merah di inagurasi tahun 2013, gaun tweed saat inagurasi Donald Trump, dan gaun lace warna navy saat pidato terakhir Barack Obama sebagai presiden.

Lukisan Michelle Obama/
Lukisan Michelle Obama karya Sharon Sprung/ Foto: instagram.com/michelleobama

Walaupun kedua lukisan itu menjadi pusat perhatian hari itu, Michelle Obama menyampaikan dalam pidato singkatnya bahwa itu hanyalah simbol untuk sesuatu yang lebih luas. “Bagiku, hari ini bukan tentang aku atau Barack.

Bahkan bukan tentang kedua lukisan indah ini,” ujar Michelle Obama seperti yang dikutip dari Vogue.

“Ini tentang mengungkapkan cerita yang lebih lengkap, cerita yang melibatkan setiap orang Amerika di setiap sudut negeri sehingga anak-anak kita dan cucu-cucu kita bisa melihat hal yang lebih besar untuk diri mereka.”

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id