STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Mengenal Catherine Dior, Sosok di Balik Parfum "Miss Dior" dan Perjuangannya di Perang Dunia Ke-2

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Kamis, 09 Mar 2023 19:00 WIB
Mengenal Catherine Dior, Sosok di Balik Parfum

Nama Catherine Dior mungkin terdengar asing di telinga kita. Namun adik perempuan Christian Dior itu meninggalkan jejak dalam sejarah Prancis dan fashion. Nama dan kisah hidupnya menginspirasi pelaku industri fashion, seperti direktur kreatif Maria Grazia Chiuri yang kerap mendedikasi karya untuk si bungsu dari 5 bersaudara, mulai dari tas The Caro, koleksi Spring 2020, dan yang teranyar yaitu koleksi Fall 2023.

Catherine Dior juga merupakan sosok di balik istilah Miss Dior yang digenggam sebagai parfum ikonis rumah mode Prancis tersebut, Beauties.

Penasaran apa yang membuat Catherine Dior menjadi perempuan berpengaruh, Beauties? Simak faktanya yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ya.

Latar Belakang

Keluarga Dior/
Keluarga Dior/ Foto: instagram.com/dior

Ginette Dior atau akrab disapa Catherine lahir pada 2 Agustus 1917 di Granville, Prancis, merupakan anak bungsu dari pasangan Maurice dan Madeleine Dior.

Kehidupan mewah dan nyaman seketika berakhir saat bisnis keluarga Dior pailit, terimbas Depresi Besar 1929. Mereka pun pindah ke sebuah farmhouse di kawasan Provence hingga tahun 1936, Catherine memilih untuk tinggal bersama sang kakak, Christian, di Paris sambil berjualan aksesori di sebuah butik.

 

Bergabung dalam Resistance

Catherine Dior/
Catherine Dior/ Foto: instagram.com/dior

Merebaknya perang dunia ke-2 bawa transformasi radikal ke dalam hidup Catherine. Jatuhnya Paris di tangan Nazi Jerman tahun 1940 memaksa Dior bersaudara untuk kembali ke Provence.

Namun pada tahun berikutnya, suporter Charles de Gaulle itu dipertemukan dan jatuh cinta dengan Hervé des Charbonneries yang merupakan anggota Resistance, unit intelijen terasosiasi Inggris dan Polandia.

Ingin berpartisipasi dalam perlawanan, Catherine pun ikut bergabung. Ia beroperasi menggunakan kode nama “Caro” di mana ia bertugas mengamati dan mengirimkan informasi pergerakan angkatan perang Jerman di Prancis.

 

Menjadi Tahanan Nazi 

Dokumen deportasi Catherine Dior/
Dokumen deportasi Catherine Dior/ Foto: instagram.com/dior

Tugas berat dan berbahaya dilakukan Catherine selama menjabat sebagai anggota Resistance. Sampai akhirnya ia ditangkap oleh Gestapo pada 6 Juli 1944 untuk diinterogasi dan disiksa.

Meski begitu, ia tidak mengkhianati rekan-rekannya di Resistance dan tetap bungkam. Pada bulan berikutnya, ia pun dideportasi ke kamp konsentrasi perempuan Ravensbrück di mana hari-hari dalam perbudakan dilaluinya.

Klik halaman selanjutnya untuk baca kisah Catherine kabur dari kamp konsentrasi Nazi dan hidupnya setelah perang dunia kedua.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE