sign up SIGN UP

Nggak Disangka, 6 Pakaian Adat dari Indonesia Ini Ternyata Telah Mendunia Lho!

Zulfa Farhuna | Beautynesia
Senin, 20 Jun 2022 06:15 WIB
Nggak Disangka, 6 Pakaian Adat dari Indonesia Ini Ternyata Telah Mendunia Lho!
Deretan Pakaian Adat dari Indonesia Ini Ternyata Telah Mendunia Lho/Foto: Instagram/ kebayajogja

Ada berbagai aspek yang bisa seseorang pelajari jika ingin tahu akan suatu kebudayaan baru. Salah satunya lewat pakaian adat.

Pakaian dinilai menggambarkan nilai seni dari sebuah kebudayaan tersebut. Menurut KBBI, Pakaian Adat merupakan pakaian resmi khas masing-masing daerah. Di Indonesia sendiri ada sekitar 34 pakaian adat yang berasal dari 34 provinsi yang ada.

Ternyata selain dipakai di Indonesia, ada beberapa pakaian adat yang ternyata telah mendunia. Bahkan, ada beberapa pakaian yang telah menjadi komoditas eksport di luar negeri loh! Nah, kira-kira apa saja pakaian adat dari Indonesia yang telah mendunia? Dilansir dari Indonesia Design, simak selengkapnya di sini yuk!

1. Baju Kurung

baju adat sesama bangsa melayu
Baju Kurung/foto: pinterest.com/baju kurung modern

Sebagai sesama bangsa Melayu, baju kurung ternyata masuk ke dalam salah satu pakaian adat di wilayah Sumatra. Seperti Riau, Jambi, dan Bangka Belitung.

Baju ini merupakan pakaian adat untuk kaum perempuan. Motifnya yang polos dan memanjang sampai ke lutut dengan paduan rok senada membuatnya terlihat lebih anggun saat dikenakan. Baju kurung biasanya dipakai untuk acara-acara formal. Seperti pernikahan, upacara adat, hingga baju musiman saat lebaran.

2. Kebaya

kebaya masuk ke dalam salah satu baju nasional
Kebaya/foto: pinterest.com/Erniisa

Kebaya merupakan pakaian adat yang berasal dari pulau Jawa. Baju tersebut terbuat dari kain sutra, katun, nilon, hingga poliester baik yang semi transparan maupun yang transparan.

Ciri khas lainnya adalah saat memakai atasan kebaya akan selalu dipadukan dengan kain jarik sebagai bawahannya. Selain sebagai pakaian adat, kebaya juga termasuk dalam pakaian nasional Indonesia.

3. Ulee Balang

pakaian adat dari serambi mekah
Ulee Balang/foto: pinterest.com/Anton Pandjiputra

Aceh merupakan salah satu provinsi yang terletak di ujung utara pulau Sumatra. Provinsi ini memiliki salah satu pakaian adat yang telah mendunia, yaitu Ulee Balang.

Dahulu, baju adat ini hanya dipakai oleh bangsawan kerajaan. Hal ini dikarenakan desainnya yang terkesan mewah dari kain tenun maupun sutera yang dipadukan dengan aksesoris logam mulia. Selain itu, pemakaian Ulee Balang juga dipadukan dengan sarung sebagai bawahannya. Tak heran, jika setiap orang yang memakainya akan terlihat paling glamor dan menawan

4. Payas Agung

baju adat bali yang mendunia
Payas Agung/foto: pinterest.com/Fatona Agustiawati

Selain keindahan alam yang melimpah, pulau dewata ternyata mempunyai baju adat yang tak kalah menarik yaitu Payas Agung. Baju ini menampilkan ciri khas perempuan Bali.

Bahannya yang didominasi dengan warna emas dengan aksesoris mahkota membuat siapapun yang memakainya terlihat anggun dan elegan. Pakaian ini biasa digunakan pada upacara ngaben, upacara potong gigi, upacara kedewasaan, hingga upacara sakral, pernikahan.

5. Ulos

kain selempang ulos yang mendunia
Ulos Batak/foto:pinterest.com/WeddingMarket

Selain baju kurung dan Ulee Balang, pakaian adat dari Sumatra satu ini juga nggak kalah terkenal loh! Ulos sendiri merupakan pakaian adat yang berasal dari provinsi Sumatra Utara, tepatnya dari suku Batak.

Dikarenakan motifnya yang unik dan sarat makna, Ulos banyak peminatnya. Apalagi saat menghadiri acara penting. Seperti pernikahan maupun upacara adat. Nah untuk warna untuk kain Ulos sendiri ada warna merah, putih, dan hitam. Biasanya Ulos sendiri digunakan sebagai selempang baju.

Itulah enam pakaian adat Indonesia yang telah mendunia. Menarik sekali, ya? Nah, pakaian adat mana nih yang pernah Beauties coba?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id