sign up SIGN UP

Pencinta Parfum Wajib Tahu, Ini Perbedaan Eau de Parfum, Eau de Cologne, dan Eau de Toilette

Aulia Septia Wati | Beautynesia
Jumat, 13 May 2022 06:00 WIB
Pencinta Parfum Wajib Tahu, Ini Perbedaan Eau de Parfum, Eau de Cologne, dan Eau de Toilette
caption

Beauties, apakah kamu termasuk orang yang menyukai parfum atau wewangian tubuh? Atau bahkan kamu senang mengoleksi berbagai jenis wangi parfum? Atau mungkin, kamu orang yang biasa saja tapi tertarik untuk mengetahui dunia parfum lebih dalam?

Nah, ketika membeli parfum, pasti kita sering mendapati perbedaan dalam kemasan parfum yang kita pilih. Tiga jenis yang paling sering terlihat adalah Eau de Parfum, Eau de Toilette, dan Eau de Cologne.

Sebagian besar dari kita mungkin tidak menganggap penting perbedaan itu, karena hanya melihat merk parfum tersebut. Padahal, ketiga jenis tersebut adalah jenis dasar dalam wewangian yang menentukan kegunaannya terhadap tubuh lho, Beauties.

Perbedaan jenis parfum
Proses penakaran komposisi parfum/pexels/Mart Production

Dilansir dari Secrets in Beauty, pada dasarnya perbedaan dari Eau de Parfum, Eau de Toilette, dan Eau de Cologne adalah soal konsentrasi atau kandungan minyak wangi dalam sebuah parfum.

Seperti kita tahu, parfum yang dijual di pasaran merupakan gabungan dari minyak wangi dan campuran-campuran cair lainnya. Karena perbedaan takaran minyak wangi dalam satu botol parfum yang kamu beli, maka ada pembedaan beberapa jenis parfum. Perbedaan konsentrasi ini akan menentukan berapa lama parfum bertahan di tubuh kamu.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya masing-masing.

Eau de Parfum

Di antara ketiga jenis ini, Eau de Parfum memiliki konsentrasi minyak wangi yang paling tinggi, yaitu berkisar antara 15% sampai 20%. Melansir dari Valley of Roses, dengan konsentrasi ini Eau de Parfum bisa bertahan selama 6 sampai 10 jam di tubuh seseorang. Eau de parfum cocok untuk pemakaian sehari-hari dan aromanya relatif bertahan seharian.

Perbedaan jenis parfum
Eau de Parfum/pexels/Dagmara Dombrovska

Eau de Toilette

Jenis ini lebih ringan daripada Eau de Parfum, dengan konsentrasi minyak wangi antara 5% sampai 15%. Karena itulah, Eau de Toilette tidak terlalu lama bertahan di tubuh seseorang, hanya berkisar antara 2 sampai 4 jam.

Beberapa sumber menyebutkan, Eau de Toilette sering digunakan untuk malam hari saja. Kelebihan Eau de Toilette adalah selain lebih ringan ia juga lebih murah dibandingkan Eau de Parfum.

Eau de Cologne

Eau de Cologne hadir dengan konsentrasi 2% sampai 6% minyak wangi. Sisanya adalah campuran lain, seperti alkohol. Meskipun relatif murah dibandingkan jenis lainnya, Eau de Toilette hanya bertahan sampai 2 jam setelah pemakaian. Karena hal tersebut, Eau de Cologne harus sering digunakan agar terus bertahan wanginya.

Well, dengan penjelasan tiga jenis parfum tersebut, mungkin kalian berpikir apakah berarti Eau de Parfum adalah yang paling lama bertahan dan Eau de Toilette adalah yang paling sebentar?

Sebaliknya, jenis dengan konsentrasi minyak wangi terendah adalah Eau de Fraiche, yang mempunyai kandungan minyak wangi sangat rendah.

Perbedaan jenis parfum
Memilih jenis parfum/pexels/Mentatdgt

Intinya, jika kalian menginginkan jenis yang paling lama bertahan saat pemakaian, kalian bisa mencoba jenis parfum  itu sendiri. Parfum merupakan jenis yang paling kuat dengan konsentrasi minyak wangi sebesar 20% sampai 30%. Ketahanan dari parfum bisa mencapai 24 jam. Parfum biasanya direkomendasikan untuk pemilik kulit sensitif.

Beauties, gimana nih penjelasan di atas? Pastinya bermanfaat dong, apalagi buat kamu yang ingin membeli parfum namun tidak mengerti perbedaan jenis-jenisnya. Setelah ini, kalian akan lebih mudah dalam menentukan jenis mana yang paling cocok untuk tubuhmu, mana yang wanginya paling kuat atau justru yang paling lemah.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id