sign up SIGN UP

Sabun Batangan Ternyata Punya 3 Kegunaan Ini untuk Merawat Pakaian

Henny Alifah | Beautynesia
Selasa, 10 May 2022 10:30 WIB
Sabun Batangan Ternyata Punya 3 Kegunaan Ini untuk Merawat Pakaian
caption

Meskipun kamu penggemar sabun cair, jangan lupa sedia juga sabun batangan di rumah. Mengapa demikian? Karena sabun batangan ternyata punya segudang manfaat lain selain untuk mandi. Sabun batangan dapat digunakan untuk memperbaiki sesuatu atau merawat perabotan. Termasuk di antaranya adalah merawat pakaian, Beauties.

Jadi, tak ada salahnya menambahkan sabun batangan ke dalam daftar belanjaan bulanan kamu. Pilihlah sabun batangan dari merek dan aroma favorit kamu. Nah, berikut adalah tiga tips merawat pakaian dengan menggunakan sabun batangan.

Solusi Ritsleting Macet

Ritsleting Pakaian
Ritsleting/ Foto: Pexels/Mat Brown

Selain fungsional, ritsleting pada pakaian juga merupakan hiasan desain yang trendi dan gaya. Demikian pula ritsleting pada tas hingga sepatu boots. Ritsleting yang rusak atau macet dapat menyebabkan salah satu momen paling memalukan dalam hidup dan merusak estetika pakaian itu sendiri.

Beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan ritsleting macet yakni tersangkut pada kain baju atau salah satu gigi keluar dari garis. Jika kamu ingin menambah umur pakaianmu, jangan buru-buru membuangnya dan ikuti trik merawat pakaian yang satu ini. Cukup oleskan sabun batangan di sepanjang ritsleting, lalu turunkan ritsleting secara perlahan. Di sini, sabun batangan sama fungsinya seperti pelumas yang dapat membuat gerak ritsleting lancar kembali.

Menjahit Lebih Mudah

Bantalan jarum dari sabun batangan
Bantalan Jarum/makeit-loveit.com

Siapa sangka, sabun batangan ternyata bisa memudahkan kegiatan jahit-menjahit. Sepotong sabun batangan dapat digunakan untuk menandai garis jahitan pada kain sebagaimana halnya pensil. Hanya saja, sabun batangan mungkin tidak terlalu efektif pada kain berwarna terang.

Selain itu, gunakan pula sabun batangan sebagai pincushion atau bantalan jarum. Menyimpan atau meletakkan jarum pentul dan jarum jahit di atas sabun batangan dapat membuat jarum lebih licin sehingga mudah meluncur di atas kain. Tancapkan langsung jarum-jarum tersebut di atas sabun batangan polos, atau kalau mau lebih estetik kamu bisa gunakan kain bantalan yang cantik untuk sarung sabun.

Hapus Noda Membandel

Noda di pakaian
Noda Pakaian/ Foto: Freepik.com

Kabar baiknya, kamu bisa menggunakan hampir semua sabun batangan untuk menghilangkan noda di pakaian. Cukup gosokkan sabun batangan di bagian pakaian yang kotor lalu bilas. Sabun batangan cukup ampuh membersihkan kerah baju putih yang menguning. Kamu bisa juga mencobanya untuk membersihkan noda darah hingga noda makanan.

Kini ada banyak produk sabun batangan di pasaran, termasuk yang khusus diperuntukkan sebagai sabun cuci penghilang noda pakaian. Sabun batangan buatan tangan juga tak kalah banyak pilihannya. Selalu sedia sabun batangan di rumah akan jadi pilihan bijak karena bisa bermanfaat untuk banyak hal seperti beberapa tips merawat pakaian yang telah disebutkan di atas.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id