sign up SIGN UP

Selain Desain Memilih Sepatu Juga Bisa Berdasarkan Bentuk Kaki! Cek Kamu Sudah Cocok Belum, Beauties

Krisyanti Asri | Beautynesia
Sabtu, 13 Aug 2022 08:30 WIB
Selain Desain Memilih Sepatu Juga Bisa Berdasarkan Bentuk Kaki! Cek Kamu Sudah Cocok Belum, Beauties
caption

Beauties, apa yang menjadi pertimbanganmu saat memilih sepatu di toko? Rata-rata orang memilih sepatu berdasarkan selera, harga, dan kenyamanan. Jika dirasa cocok di mata dan hati, pasti akan langsung dibeli. Tidak banyak orang yang memperhatikan soal kenyamanan saat membeli sepatu. Setiap harinya kita membutuhkan sepatu untuk berjalan saat bepergian.

Jika kita tidak memakai sepatu yang tepat, yang terjadi malah akan membuat kaki kita cepat lelah bahkan cedera. Rasa lelah dan sakit pada kaki bukan karena salah sepatunya. Bisa jadi karena bentuk telapak kaki kita yang tidak cocok dengan sepatunya.

Apa saja bentuk telapak kaki manusia dan sepatu apa yang sesuai dengan bentuknya? Simak tips berikut yuk supaya kaki tetap nyaman saat berjalan. 

Kaki Datar (Pronation)

Jenis kaki datar membutuhkan sepatu motion control supaya kaki tidak menekuk ke dalam
Jenis Kaki Datar/Foto : alpineswiss.com

Kaki datar merupakan bentuk kaki yang mempunyai sudut lengkung sangat tipis bahkan cenderung tidak ada. Pemilik jenis kaki ini biasanya akan menekuk kakinya ke dalam saat memakai sepatu di permukaan datar. Hal ini akan memberikan tekanan lebih besar pada struktur kaki bagian dalam.

Untuk kamu yang mempunyai jenis kaki seperti ini, pilihlah jenis sepatu motion control yang dapat mengendalikan gerak kaki. Struktur pada sepatu ini lebih berat dan tidak fleksibel, sehingga kaki tidak akan menekuk ke dalam.

Internal wedges, dual density midsole, serta supporting posts untuk jari kaki merupakan komponen utama pada sepatu ini sehingga bisa membantu meringankan beban di kaki saat berjalan atau berlari. 

Kaki Normal (Neutral Foot)

Kaki normal sebaiknya mengenakan sepatu jenis stability untuk menjaga keseimbangan kaki
Jenis Kaki Normal/Foto : alpineswiss.com

Kaki normal mempunyai sudut lengkung yang membagi porsi bagian depan dan belakang kaki dengan seimbang. Ini adalah jenis telapak kaki yang dimiliki hampir setiap orang. Jenis kaki ini tidak terlalu beresiko cedera ketika berjalan dan berlari karena beban berat badannya terbagi rata di telapak kaki. Beruntung banget buat kamu yang punya jenis kaki ini, Beauties!

Kamu bisa mengenakan hampir semua jenis sepatu tanpa khawatir akan cedera atau sakit ketika berjalan. Namun kamu bisa memilih sepatu jenis stability shoes yang bisa menjaga kestabilan dan keseimbangan kaki. Sepatu jenis ini mempunyai bantalan di bagian dalam sepatu yang berfungsi untuk mengisi sudut lengkung kaki. 

Kaki Berlengkung Tinggi (High Arch)

Jenis kaki lengkung tinggi membutuhkan bantalan yang tinggi dan fleksibel agar kaki melangkah dengan stabil dan seimbang
Kaki Lengkung Tinggi/Foto : alpineswiss.com

Hampir sama dengan kaki normal, kaki berlengkung tinggi atau Supinator mempunyai sudut lengkung yang lebih lebar sehingga porsi bagian depan dan belakang kaki tidak seimbang. Orang dengan jenis kaki ini cenderung mengandalkan kaki bagian luar untuk menaruh beban ketika berjalan dan berlari. Jenis sepatu yang cocok untuk jenis kaki ini adalah high cushioning shoes, atau sepatu dengan bantalan tinggi.

Fungsi dari bantalan ini adalah mengisi kekosongan sudut lengkung untuk menyangga jari dan tumit dengan baik, supaya kaki bergerak lebih fleksibel dan mengurangi resiko cedera saat berjalan atau berlari. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id