sign up SIGN UP

Simak Evolusi Hijab Kerudung Instan di Indonesia dari Masa ke Masa

Henny Alifah | Beautynesia
Minggu, 13 Mar 2022 11:30 WIB
Simak Evolusi Hijab Kerudung Instan di Indonesia dari Masa ke Masa
caption

Perkembangan mode busana hijab di Indonesia termasuk yang paling pesat di dunia. Hal itu tak lepas dari jumlah penduduk yang besar dan mayoritas muslim. Didorong oleh kesadaran beragama, perempuan muslim di Indonesia pun banyak yang memilih busana tertutup untuk beraktivitas kapanpun dan di manapun.

Dengan beragam gaya, perempuan Indonesia membuktikan bahwa pakaian hijab tetap bisa ditampilkan dengan modis. Tak terkecuali dengan padu padan kerudung instan yang mudah dan praktis dipakai. Bahkan, kerudung instan kini jadi pilihan populer untuk tampil kasual sehari-hari.

Seperti kerudung segiempat yang terus berubah gaya, kerudung instan juga mengalami banyak perubahan dari masa ke masa. Simak perubahannya berikut ini, yuk!

Era 90-an

Amanda Khairunnisa dan Maudy Ayunda kecil dengan kerudung instan
Kerudung Instan Berenda/ Foto: Instagram.com/maudyayunda

Era 80-an hingga 90-an menandai awal masa berkembangnya hijab di Indonesia setelah sempat dilarang pada era 70-an. Kala itu, kerudung instan biasanya hanya dipakai kalangan anak-anak, sementara perempuan dewasa lebih suka memakai kerudung selendang atau kerudung segiempat. Karena itulah mungkin kerudung instan di era 90-an lekat dengan kesan imut, hadir dengan pita dan renda di garis wajah serta garis tepiannya. Aksen tali ditambahkan sebagai penahan sehingga kerudung tidak mudah lepas, mengingat anak-anak yang suka banyak gerak.

Era 2000-an

Kerudung instan serut tetap kekinian
Kerudung Instan Serut/ Foto: Instagram.com/rabbaniprofesorkerudung

Masuk ke era 2000-an, hijab mulai menyentuh kalangan muda. Ia tak lagi dipandang sebagai busana yang kekanak-kanakan atau keibu-ibuan. Kala itu, semakin banyak perempuan muda yang berhijab. Tak heran, remaja SMA kadang suka memakai kerudung instan ke sekolah, terutama saat kegiatan ekstrakurikuler.

Kerudung instan dengan aksen pad menjadi pilihan populer di kalangan remaja SMA kala itu, terutama yang memiliki tali serut di belakang. Ini merupakan terobosan baru di dunia mode hijab dengan pelopornya adalah Rabbani. Aksen pad dapat menciptakan ilusi wajah lebih tirus, sementara tali serut membuat tampilan lebih manis. Hingga saat ini, kerudung serut masih banyak diminati. Tampilannya juga terus berinovasi, mulai dari serut depan yang menyerupai tali hoodie hingga serut samping yang menegaskan garis bahu.

Era 2010-an Awal

Kerudung pashmina instan anti ribet bisa dipakai tanpa peniti
Kerudung Instan Pashmina/ Foto: Instagram.com/vanillahijab

Bisa dibilang, era 2010-an adalah era puncak bagi perkembangan hijab di Indonesia. Diawali dengan keberanian Dian Pelangi dalam memperkenalkan hijab street style, sebuah terobosan yang dengan pesat menjadi tren baru di kalangan muda. Gaya hijab ini salah satunya khas dengan tampilan kerudung pashmina yang kelihatan penuh dan berlapis, bak memakai syal musim dingin.

Tutorial kerudung instan pashmina yang anti ribet
Kerudung Instan Pashmina/ Foto: Instagram.com/vanillahijab

Sedikit banyak, tren tersebut kemudian mempengaruhi mode kerudung instan. Banyak rumah mode hijab yang merilis koleksi kerudung instan dengan siluet berlapis bak pashmina. Anti ribet, kerudung instan jenis ini bisa langsung dipakai atau dililit sesuai keinginan tanpa harus menggunakan peniti dan jarum.

Era 2010-an Akhir

Kerudung instan syari panjang menjuntai hingga menutup dada
Kerudung Instan Syari/ Foto: Instagram.com/geraihawa

Menuju akhir era 2010-an, mode hijab ramai dengan kerudung syari yang panjang dan lebar hingga menutup area dada. Fenomena hijrah di kalangan artis semakin mempopulerkan gaya kerudung ini. Kerudung instan yang syari pun dapat dengan mudah ditemukan di pasaran dan masih diminati hingga saat ini. Modenya juga terus berkembang, mulai dari aksen tumpuk, kerut, tali, hingga aksen lubang lengan di permukaan kerudung.

Era 2020-an

Kerudung bergo kekinian buat tampil modis sehari-hari
Bergo/ Foto: Instagram.com/lbylcb

Saat ini kerudung instan lebih akrab dengan istilah bergo. Siapa sangka, bergo menemukan kepopulerannya di masa pandemi. Ketika terus berada di dalam rumah, bergo menjadi salah satu pilihan modis para hijabers untuk rapat atau kelas online. Selain itu, tampilan rumahan juga tetap terlihat modis ketika menerima paket atau mampir ke warung sebelah.

Kerudung bergo kekinian buat tampil modis sehari-hari
Bergo/ Foto: Instagram.com/vanillahijab

Seakan menyempurnakan gaya dari era-era sebelumnya, bergo yang kita kenal saat ini hadir dengan tali belakang yang rendah dan membingkai wajah tanpa pad. Kesannya klasik dan murni tanpa takut menabrak standar kecantikan umum yang memuja wajah tirus.

Desain bergo yang simpel mewakili selera generasi muda masa kini. Demikian pula dengan pilihan warna-warna pastel yang lembut. Belum lagi, kini bergo juga hadir dengan motif yang menarik dan material yang adem dipakai. Tampilannya chic, tak heran bergo kian digemari banyak orang dari hari ke hari.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id