STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Tajir dan Terlihat Awet Muda Diusia 73 Tahun, Ini Perjalanan Karier Vera Wang!

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Selasa, 05 Jul 2022 10:30 WIB
Tajir dan Terlihat Awet Muda Diusia 73 Tahun, Ini Perjalanan Karier Vera Wang!

Nama Vera Wang terasosiasi dengan gaun pengantin indah nan mewah. Kombinasi tradisional dan modern berhasil membawa brand mewah ini pada puncak popularitas dunia. Vera Ellen Wang merupakan pendiri dan penggerak dibaliknya. Baru saja merayakan ulang tahun yang ke-73, perempuan yang lahir di New York tanggal 27 Juni 1949 itu dikenal akan sosoknya yang awet muda dan bertalenta. Kisahnya dalam membangun bisnis fashion global milik sendiri sangat menginspirasi, Beauties. Ketahui selengkapnya berikut ini yuk!

 

Sejarah Vera Wang yang Sukses di Pasar Gaun Pengantin


1. Figure skater berbakat semasa remaja

Vera Wang usia 15 tahun sebagai figure skater/
Vera Wang usia 15 tahun sebagai figure skater/ Foto: instagram.com/verawang

Membuka bisnis gaun pengantin tidak terlintas di benak Vera Wang semasa kecil. Di usia 8 tahun, ia telah fokus mengejar cita menjadi figure skater yang berkompetisi di ajang Olympic. Masa remajanya dihabiskan dengan berbagai kompetisi figure skating profesional. Sayangnya, ia dan pasangannya gagal masuk dalam tim U.S Olympic––mereka meraih posisi ke-5 di kompetisi junior pairs U.S National Championships 1968.

2. Awal masuk dunia fashion dan menjadi Editor Vogue termuda

Vera Wang/
Vera Wang/ Foto: instagram.com/verawang

Pada tahun pertama kuliah di Sarah Lawrence College, perempuan dari keluarga imigran Tiongkok ini bekerja di butik Yves Saint Laurent yang membuka pintu karirnya di bidang fashion. Ia pun langsung bekerja di Vogue setelah lulus. Berawal dari asisten di fashion department, Wang diangkat sebagai Senior Editor di usia 23 tahun––editor termuda majalah Vogue dan bertahan di sana hingga tahun 1987 sebelum pindah ke Ralph Lauren sebagai design director aksesori.

3. Buka usaha gaun pengantin di usia 40

Gaun pengantin rancangan Vera Wang/
Gaun pengantin rancangan Vera Wang/ Foto: instagram.com/verawang

Vera Wang adalah bukti bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu, Beauties. Pengalamannya bertahun-tahun di bidang fashion membuka pemikiran kurangnya variasi pilihan dalam pasar bridal. Sulitnya mencari gaun pengantin yang “tepat” jelang pernikahannya dengan Arthur Becker tahun 1989 semakin memvalidasi pemikiran ini. Sebuah ide pun muncul dan di usia 40 tahun, perempuan Asian-American ini membuka butik Vera Wang Bridal House pertama di Madison Avenue, New York, tahun 1990.

4. Gaun pengantin ikonis dikenakan banyak tokoh ternama

Ariana Grande kenakan gaun Vera Wang di pernikahannya/
Ariana Grande kenakan gaun Vera Wang di pernikahannya/ Foto: instagram.com/verawang/Stefan R Kohli

Vera Wang Bridal House kian populer sejak berdiri tahun 1990. Deretan gaun pengantin rancangannya berhasil membuat banyak publik figur dunia memesona di hari pernikahan mereka, diantaranya Victoria Beckham, Ariana Grande, Mariah Carey, Alicia Keys, Gwen Stefani, dan masih banyak lagi. Bukan cuma gaun pengantin, ia juga mendesain gaun-gaun malam seperti yang dikenakan Michelle Obama serta outfit figure skater. Berkembang pesat, Wang juga meluncurkan lini parfum, perhiasan, lingerie, hingga koleksi ready-to-wear terjangkau dalam label Simply Vera. 

5. Pencapaian dan penghargaan

Vera Wang merayakan ulang tahun ke-73/
Vera Wang merayakan ulang tahun ke-73/ Foto: instagram.com/verawang

Perjalanan panjang nan sulit ditempuh dan berbuahkan hasil. Vera Wang terpilih menjadi member Council of Fashion Designers of America (CFDA). Oleh organisasi prestisius tersebut, ia meraih penghargaan Womenswear Designer of The Year tahun 2005 dan Lifetime Achievement Award tahun 2013. Wang juga dinobatkan sebagai America’s Richest Self-Made Women urutan 34 tahun 2018 oleh majalah Forbes mengingat revenue yang didapatkan mencapai 630 juta USD tahun itu. 

“Orang-orang melakukan hal jauh lebih baik dariku dalam waktu lebih singkat, tapi itu bukan kisahku,” cerita Vera Wang seperti yang dikutip dari Business of Fashion. Menginspirasi, bukan?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE