BILLBOARD
970x250

Tiara Cantik Dolce & Gabbana Ini Terjual Rp4,3 Miliar Cuma Bisa Dipakai di Dunia Maya, Begini Detailnya!

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Kamis, 14 Apr 2022 13:00 WIB
Tiara Cantik Dolce & Gabbana Ini Terjual Rp4,3 Miliar Cuma Bisa Dipakai di Dunia Maya, Begini Detailnya!

Beauties, peminat non-fungible token atau NFT memang masih cukup tinggi sampai sekarang. Tidak sekadar karya seni rupa, fashion ikut berekspansi ke dunia maya untuk menciptakan kreasi pakaian digital. Begitu pula dengan brand mewah yang telah meluncurkan banyak digital items sejak tahun 2021 lalu. Tentu harga yang tercantum pada tiap NFT bernilai tidak sedikit. Walaupun begitu, item digital yang dijual tetap laris manis––membuktikan pasar metaverse sangat menjanjikan bagi industri fashion.

Salah satu yang menjadi daya tarik dan tak lepas jadi perbincangan adalah Dolce & Gabbana yang merilis koleksi NFT kolaborasi dengan UNXD, yakni Collezione Genesis, terjual seluruhnya pada September 2021 lalu. Melansir Wolipop, mereka berhasil mengumpulkan 1.885,719 Ethereum (mata uang kripto) atau setara dengan Rp 81,2 miliar dari 9 items yang ditawarkan di pelelangan.

Semakin menguntungkan, per bulan Oktober 2021, nilai mata uang kripto menanjak 10%, menjadikan koleksi kreasi Domenico Dolce dan Stefano Gabbana tersebut naik senilai Rp 85 miliar.

Gaun Dress From A Dream Dolce & Gabbana/
Gaun Dress From A Dream Dolce & Gabbana/ Foto: instagram.com/dolcegabban

Dari sembilan items Collezione Genesis, dua items yang paling mahal dilelang antara lain setelan jas "Green Glass Suit" yang terjual 1,1 juta USD, dan gaun "Dress from A Dream" yang menembus angka 767.261 USD. Keduanya tersedia dalam bentuk digital dan bentuk fisik yang akan dibuat secara handmade sehingga bisa dikenakan di kehidupan nyata. 

The Impossible Tiara Dolce & Gabbana/
The Impossible Tiara Dolce & Gabbana/ Foto: instagram.com/dolcegabbana

Namun, dalam kategori aksesori high jewelry, rumah mode asal Italia ini menyuguhkan 3 tiara spektakuler yang salah satunya terbatas dalam bentuk digital. Tiara itu ialah "The Impossible Tiara" yang berhasil terjual 99.9 Ether atau saat ini sekitar 300 ribu USD (Rp 4,3 miliar). 

Digital-only item lainnya adalah The Impossible Jacket yang berhasil dilelang senilai 97.4 Ether atau sekitar 294 ribu USD. Nilai yang fantastis untuk benda yang hanya bisa dikenakan di dunia maya, bukan? 

Detail emerald merah dari The Impossible Tiara/
Detail emerald merah dari The Impossible Tiara/ Foto: instagram.com/dolcegabbana

The Impossible Tiara dirancang khusus oleh duo desainer Dolce & Gabbana yang mengekspresikan kemewahan dalam imajinasi tanpa batas. Tersusun atas ukiran material emas putih dan kuning, bertabur konstelasi batu permata paraiba neon turquoise tourmaline dan 50 berlian ekstraterestrial, mengelilingi emerald merah yang menjadi sentral.

Setiap batu permata ini terinspirasi dari semua batu permata yang tidak bisa ditemukan di dunia, termasuk nyala api yang terpancar dari dalam emerald merah. Karenanya, penghias kepala ini disebut The Impossible Tiara dan hanya bisa dikenakan di metaverse.

The Impossible Mosaic Jacket Dolce & Gabbana/
Digital-only "The Impossible Mosaic Jacket" Dolce & Gabbana/ Foto: instagram.com/dolcegabbana

Kreasi dunia maya mengizinkan kita untuk berkarya di luar nalar. Kreativitas digital ini juga ditemukan pada boneka hiu Burberry “Sharky B” yang merupakan digital collectibles seharga 300 USD per piece, laris terjual dalam 30 detik. Namun, apakah sepadan? Maukah kamu membeli barang fashion yang tidak bisa kamu kenakan dengan harga premium atau menimbang NFT tersebut sebagai investasi digital, Beauties?

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE