sign up SIGN UP

Tipe-tipe Pengikut Tren Fashion, Apa Kamu Salah Satunya?

Ira Syafira | Beautynesia
Sabtu, 04 Jun 2022 11:30 WIB
Tipe-tipe Pengikut Tren Fashion, Apa Kamu Salah Satunya?
caption

Pakaian merupakan kebutuhan wajib yang harus dipenuhi oleh semua orang. Semakin berkembangnya waktu, dunia fashion juga mengalami perubahan. Biasanya, beberapa orang ada yang cuek dan tidak peduli dengan perubahan tersebut. Namun, banyak juga orang yang aktif dan selalu ingin mengikuti tren terbaru. 

Mengikuti perkembangan fashion tidak bisa sembarangan dilakukan. Kebiasaan ini harus mempertimbangkan beberapa faktor seperti keadaan sosial dan budaya, serta keadaan ekonomi. Kamu tidak harus memaksa untuk menjadi pengikut tren agar diakui oleh masyarakat, lho

Setiap orang mempunyai pilihannya masing-masing, dan semua itu ada julukannya sendiri di dunia fashion. Nah, berikut adalah perbedaan tipe pengikut di dunia fashion yang perlu kamu tahu!

1. Snob

Snob/Foto: Pinterest/Ana carolina
Snob/Foto: Pinterest/Ana carolina

Apa Beauties pernah mendengar sebutan snob sebelumnya? Well, snob adalah pengikut tren dunia fashion yang sangat mudah terpengaruh dengan perubahan yang ada, bahkan tak jarang mereka membuat tren nya sendiri. Kelompok snob di dominasi dengan anak muda, karena mereka cenderung labil dan cepat mengubah gaya sesuai tren yang ada.

Snob ini tidak segan untuk meninggalkan suatu tren untuk berpindah ke tren fashion yang baru, lho. Mereka akan berusaha menyesuaikan diri agar dinilai cocok dengan tren tersebut. Bisa dikatakan snob sangat aktif dalam dunia fashion, dan tidak ingin merasa tertinggal.

2. Trendsetter

Trendsetter/Foto: Pinterest/Who What Wear UK
Trendsetter/Foto: Pinterest/Who What Wear UK

Istilah satu ini pasti sudah tidak asing di telinga pengikut fashion. Biasanya julukan ini akan diberikan kepada seseorang yang memulai tren pada fashion sebelum orang lain mengetahuinya. Trendsetter kebanyakan menjadi orang pertama yang memiliki pakaian terbaru dari seorang desainer. Mereka yang nantinya akan menjadi pencetus tren awal dan penentu dimulainya tren terbaru.

Untuk menjadi seorang trendsetter tidak perlu memiliki banyak pengikut di media sosial. Seorang trendsetter biasanya dipilih karena memiliki gaya unik tersendiri yang bisa mempengaruhi orang lain untuk mengikutinya. Pengikut tren ini seolah seperti penemu baru di dunia fashion, bukan? 

3. Pengikut Mode Pasif

Pengikut Mode Pasif/Foto: Pinterest/Nace mtb
Pengikut Mode Pasif/Foto: Pinterest/Nace mtb

Pengikut mode pasif merupakan seseorang yang mengikuti perkembangan fashion namun tidak terlalu aktif mengikuti tren yang ada. Orang dengan tipe ini hanya mengikuti dari bahan kain atau warna pakaian apa sedang tren saat ini.

Walaupun bisa dibilang mengikuti tren, tapi soal pemilihan pakaian masih perlu dipertimbangkan. Kebanyakan dari pengikut mode pasif memilih bahan sesuai desain dan disesuiakan juga dengan calon penggunanya. Hal ini tentu sudah cukup untuk menyesuaikan juga dengan budget yang dimiliki.

4. Pengikut Mode Aktif

Pengikut Mode Aktif/Foto: Pinteret/Refinery29
Pengikut Mode Aktif/Foto: Pinteret/Refinery29

Berbeda dengan pengikut sebelumnya, pengikut mode aktif merupakan orang-orang yang mengikuti mode saat tren sudah diikuti banyak orang dan mulai menyebar luas. Untuk menjadi pengikut tren mode aktif kamu bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah tertentu.

Langkah tersebut antara lain, kamu harus memiliki banyak referensi gaya dari beragam sumber seperti sosial media, televisi, majalah, atau butik. Setelah itu perhatikan kesamaan gaya yang ada dan kategorikan, apakah gayanya cenderung sederhana, tegas, maskulin, atau lain sebagainya. Jika sudah, kamu bisa perhatikan jenis bahan, motif, serta warna apa yang sedang hype untuk diikuti.

5. Tidak Ikut Mode

Tidak Ikut Mode/Foto: Pinterest/Who What Wear UK
Tidak Ikut Mode/Foto: Pinterest/Who What Wear UK

Tipe terakhir adalah seseorang yang memilih tidak mengikuti mode. Orang-orang ini cenderung lebih suka menggunakan basic item dengan model classic. Walaupun sedang banyak tren baru yang berkembang, mereka tidak tertarik untuk langsung mengikutinya.

Seseorang yang tidak mengikuti tren fashion hanya memilih membeli pakaian sesuai kebutuhannya saja. Mereka akan memilih sesuai selera dan gaya yang sekiranya akan cocok untuk dirinya. Perubahan tren fashion tidak akan berpengaruh untuk mereka.

Yups, itulah beberapa tipe pengikut tren fashion yang dalam dunia mode. Jika dilihat dari kelima kategori ini, Beauties termasuk yang mana, nih?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id