sign up SIGN UP

11 Cara Berkelas Menghadapi Pasangan Tukang Selingkuh, Anticapek tapi Sukses Buatnya Tak Berkutik!

Rini Apriliani | Beautynesia
Jumat, 23 Sep 2022 21:00 WIB
11 Cara Berkelas Menghadapi Pasangan Tukang Selingkuh, Anticapek tapi Sukses Buatnya Tak Berkutik!
Cara Berkelas Menghadapi Pasangan Tukang Selingkuh/Foto: Freepik.com/DCStudio
Jakarta -

Selingkuh dalam sebuah hubungan, baik itu masih sebatas pacaran atau bahkan pernikahan adalah 'penyakit' besar. Sudah tak terhitung lagi ada berapa banyak kasus hancurnya sebuah hubungan akibat salah satu pihak 'bermain belakang'.

Yang sedang ramai saat ini adalah soal Adam Levine yang dikatakan berselingkuh dengan seorang influencer muda. Padahal ia telah memiliki istri dan anak, dan tengah menanti kelahiran anak ketiganya. 

Banyaknya kasus perselingkuhan yang terjadi sering kali membuat sebagian orang dilanda ketakutan untuk menjalin hubungan. Memang selingkuh ini tak bisa dianggap enteng, berikut adalah beberapa cara berkelas menghadapi pasangan yang tukang selingkuh. Apa saja, simak yuk!

1. Tak Langsung Menuduh, Coba Telusuri Terlebih Dahulu

Ilustrasi suami selingkuhIlustrasi pasangan selingkuh/ Foto: Getty Images/iStockphoto/mkitina4

Beauties, yang pertama perlu kamu lakukan saat menemukan tanda-tanpa pasanganmu berselingkuh adalah tidak langsung menuduhnya. Pilihlah cara bungkam dan perlahan telusuri terlebih dahulu tentang dugaanmu tersebut. 

2. Dengarkan Kata Hati

Jangan lupa untuk selalu dengarkan kata hatimu tentang banyak hal yang harus kamu putuskan. Dengarkan kata hati, renungkan, dan lakukan segalanya perlahan. 

3. Kumpulkan Banyak Bukti, Simpan, dan Susun dengan Rapi

Bukti adalah kunci untuk keberlangsunganmu di waktu mendatang. Jika memang kamu mencurigai pasangan berselingkuh, kumpulkan banyak bukti terlebih dahulu, simpan di tempat yang kamu rasa aman yang ia tidak bisa untuk menjangkaunya. 

Jika ingin menyimpan di laptop, sembunyikan foldernya atau cari tempat penyimpanan yang biasa tidak diakses oleh pasanganmu. Lalu, susun semuanya dengan rapi. Di sini, kamu perlu mengumpulkan bukti sebanyak-banyaknya kamu bisa. 

4. Kontrol Emosi dan Selalu Tenang

Disloyal boyfriend caught by his angry girlfriend dating with another girl in a restaurantIlustrasi pasangan selingkuh/ Foto: Istock

Sesudah punya cukup bukti, jangan gegabah dengan apa yang akan kamu lakukan. Kontrol emosi dan selalulah bersikap tenang, jangan sampai membuat apa yang ingin kamu tuduhkan malah membawa petaka untukmu. Tenanglah...

5. Tidak Asal Menuduh

Kembali ingat, untuk tidak asal menuduh ya, Beauties. Buat dirimu sesantai mungkin, walau mungkin sulit tapi berusahalah jangan langsung memberondongnya dengan tuduhan yang ada di kepalamu. 

6. Tunggu Waktu yang Tepat

Pilih waktu tepat untuk melancarkan segala aksi. Menghadapi seorang penipu cinta ini harus perlu perencanaan yang matang. Tunggulah waktu yang tepat dimana orang lain tidak bisa mengganggu, dan hanya ada kamu dan pasanganmu saja.

7. Pilih Tempat Terbaik

Ilustrasi ketahuan selingkuhIlustrasi pasangan selingkuh/ Foto: Getty Images/iStockphoto/mkitina4

Sama halnya dengan menunggu waktu yang tepat, kamu juga perlu untuk memilih tempat terbaik. Bukan ide yang baik untuk menghadapi si tukang selingkuh di depan umum. Pilih lokasi berdua yang tenang, atau jika kamu merasa ketakutan pilihlah tempat dimana kamu bisa lebih tenang dan tidak terancam. 

8. Sabar Dengarkan Pembelaannya

Kini, waktunya untukmu tanyakan segala dugaanmu. Setelah mengungkapkannya, berilah ia waktu untuk pembelaan. Di sini, kamu perlu sabar dan tidak terpancing emosi dengan segala pembelaannya. 

Memberikan waktu untuknya melakukan pembelaan akan membuatmu tahu, apakah dugaanmu selama ini benar adanya atau hanya dugaan semata. Kamu pun, bisa memikirkan langkah lainnya jika ia tidak terbukti bersalah. 

9. Evaluasi Pembelaannya

Ada banyak tanda jika seseorang berbohong. Menurut pakar bahasa tubuh, seseorang yang berbohong pun bisa dilihat dari cara bicara sampai kedipan matanya. Jika ia mengedip lebih cepat padahal tak ada yang menghalangi matanya, bisa jadi karena ada kebohongan yang disembunyikan.

Di sini, kamu pun bisa memberikan evaluasi sembari menunjukkan bukti yang telah kamu susun sebelumnya. Ingat, kunci tenang dan barang bukti ini bisa membuatnya tak berkutik lho!

10. Pertimbangkan Kesempatan Kedua

Ilustrasi pasangan bertengkarIlustrasi pasangan selingkuh/ Foto: Getty Images/SDI Productions

Sesudah tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan hubunganmu, keputusan ada di tanganmu. Apakah ingin memberikan kesempatan kedua untuknya atau tidak.

11. Atau Siapkan Konsekuensi

Beauties, segala baik dan buruknya keputusanmu tentu akan selalu ada risikonya. Jika memberikan kesempatan kedua, kita tak pernah tahu tentang dirinya di masa mendatang. Atau jika memilih untuk memutuskan hubungan, apa sudah yakin dengan segala kemungkinan yang ada? 

Semua ada konsekuensinya tersendiri. Tugasmulah untuk menimbang baik dan buruknya. Asal yang terpenting, kamu bisa bahagia menjalaninya.

Beauties, itu dia cara berkelas menghadapi pasangan tukang selingkuh, seperti yang dikutip juga dari Every Day Health. Semangat berjuang untukmu yang sedang merasakannya ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id