sign up SIGN UP

14 Daftar Kebiasaan Orang Cerdas untuk Redakan Stres, Kamu Bisa Coba Lakukan Salah Satunya!

Rini Apriliani | Beautynesia
Selasa, 20 Sep 2022 21:00 WIB
14 Daftar Kebiasaan Orang Cerdas untuk Redakan Stres, Kamu Bisa Coba Lakukan Salah Satunya!
Jakarta -

Setiap orang mempunyai masalahnya sendiri-sendiri. Tak jarang, setiap hari dipenuhi dengan ketegangan yang lama-kelamaan bisa menyebabkan stres.

Seperti mereka yang termasuk orang-orang cerdas, bukan berarti hidupnya dilimpahi kebahagiaan terus-menerus, stres pun tak jarang menyerang mereka. Namun, seseorang dengan kecerdasan emosional (EQ) yang tinggi, akan cukup sadar mengenali perasaan tersebut dan mengatasinya.

Seperti yang dilansir dari Forbes, ini dia deretan kebiasaan yang dilakukan orang cerdas untuk mengendalikan emosi dan tetap tenang. Simak yuk!

1. Pelajari Pemicu Stres

Pengaruh stres pada tubuh/Foto: pexels.com/Andrea PiacquadiIlustrasi Perempuan Stres/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadi

Sebelum situasi stres terjadi, tepatnya selama waktu tenang, orang cerdas akan menuliskan atau mendiagnosa penyebab stres itu sendiri. Mereka akan menggabungkan orang dan acara yang kemungkinan jadi pemicu stres datang. Loren Margolis, selaku Pelatihan & Kesuksesan Kepemimpinan LLC akan mempelajari pemicu stres di awal.

2. Memberi Waktu Mengelola Stres

Untuk sampai ada di titik ini adalah bonus yang sangat besar. Salah satu cara redakan stres yang begitu sederhana adalah dengan memberikan waktu istirahat untuk membuat strategi mengelola stres.

3. Bangun Kecerdasan di Tempat Kerja

Terkadang seseorang dengan tingkat kecerdasan emosional yang tinggi pun tergeser, tak selalu menang. Tapi mereka terus belajar membangun kecerdasan di tempat kerjanya tanpa lelah.

4. Kerjakan Kepercayaan Dirimu

Content CreatorIlustrasi Percaya Diri/ Foto: Freepik.com

Bukan malah hilang arah, orang cerdas saat dilanda stres akan terus belajar dan tumbuh sebagai seorang profesional untuk semakin menumbuhkan kepercayaan dirinya.

5. Menuliskannya!

Salah satu pengacara tangguh menyalurkan emosi stresnya ke dalam bentuk tulisan. Ia akan menulis pesan tersebut untuk pengacara lain atau kliennya, tapi pesan ini tak benar-benar dikirimkan, hanya membantunya untuk mengelola stres itu sendiri.

6. Pertimbangkan Dampak Emosi Untukmu dan Rekan Lain

Tak asal bersuara dan marah-marah. Saat sedang stres, orang yang cerdas secara emosional memiliki kemampuan unik memerhatikan emosi mereka yang muncul. Sebelum meluapkan, ia akan mempertimbangkan dampak emosinya terlebih dahulu. Lalu, cara mereka menghilangkan stres adalah dengan membicarakannya atau beristirahat.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id