sign up SIGN UP

Terkenal Sukses & Kaya Raya, Ini 5 Kebiasaan Sehari-hari Orang China yang Bisa Tingkatkan Kecerdasan! Tertarik Coba?

Nadya Quamila | Beautynesia
Senin, 19 Sep 2022 22:30 WIB
Terkenal Sukses & Kaya Raya, Ini 5 Kebiasaan Sehari-hari Orang China yang Bisa Tingkatkan Kecerdasan! Tertarik Coba?
caption
Jakarta -

Sudah bukan rahasia lagi bahwa orang China terkenal akan kesuksesannya yang bisa membuat mereka menjadi kaya raya. Ya, jika diperhatikan, ada banyak tokoh-tokoh sukses di dunia yang berasal dari China, misalnya Jack Ma yang menjadi salah satu orang terkaya di China.

Dibalik kesuksesannya dan harta berlimpah yang dimiliki, orang China memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Salah satu rahasia untuk mendapatkan kecerdasan di atas rata-rata tersebut adalah melalui kebiasaan sehari-hari yang mereka lakukan.

Penasaran apa saja kebiasaan sehari-hari orang China yang bisa bantu tingkatkan kecerdasan? Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasannya berikut ini, yuk!

Bangun Pagi

Manfaat bangun pagi yang baik buat kesehatan fisik dan mental.Ilustrasi bangun pagi/Foto: Freepik/tirachardz

Mungkin kamu sering mendengar kalimat 'bangun pagi, banyak rejeki'. Hal ini benar adanya. Salah satu kebiasaan orang China yang tidak pernah mereka lewatkan adalah mereka selalu bangun pagi.

Aktivitas yang mereka lakukan di pagi hari pun terbilang sangat baik, mulai dari berdoa, olahraga, dan dilanjutkan dengan sarapan sehat. Dengan bangun pagi, dapat membantu mereka untuk merenungkan kehidupan sebelum akhirnya berjibaku dengan rutinitas harian.

Rehat Sejenak Usai Makan Siang

Businesswoman Relax from work. At the officeIlustrasi rehat sejenak/ Foto: Getty Images/iStockphoto/torwai

Dilansir dari Axinstitute, jika kamu mengunjungi tempat kerja seperti pabrik atau perkantoran di China pada pukul 2 siang hingga 3 sore, kamu akan melihat karyawan yang sedang tidur atau beristirahat. Usai makan siang, mereka tidak langsung lanjut bekerja, melainkan rehat sejenak.

Hal ini diperlukan untuk mencerna makanan sehingga energi yang dihasilkan pun lebih maksimal. Setelah perut terisi dan badan merasa segar kembali, tentu hal ini akan berdampak ke otak yang membuat seseorang menjadi lebih produktif.

Selalu Meluangkan Waktu untuk Relaksasi

Hindari stres terlalu berat dengan melakukan kegiatan menyenangkan seperti meditasi dan olahraga ringan lain selama berpuasa.Ilustrasi meditasi/Foto: Freepik.com/Interstid

Di tengah dunia yang bergerak semakin cepat, kamu mungkin memiliki segudang aktivitas yang sangat padat. Akibatnya, kamu lupa untuk rehat dan jarang meluangkan waktu untuk relaksasi. Padahal, relaksasi sangat penting untuk menenangkan pikiran dan membantu otak segar kembali sehingga dapat bekerja dengan maksimal setelah digunakan terus-menerus.

Sesibuk apapun, orang China selalu meluangkan waktunya untuk relaksasi, salah satu caranya dengan melakukan meditasi. Setidaknya selama 10 menit setiap hari, mereka akan meditasi dan mendengarkan apa yang tubuh mereka butuhkan.

Membaca

RajinIlustrasi baca buku/Foto: Freepik.com

Sudah bukan rahasia lagi bahwa membaca memberikan banyak manfaat, salah satunya meningkatkan kecerdasan otak dengan menambah wawasan. Orang China selalu meluangkan waktu di tengah aktivitas yang padat untuk membaca buku. Seperti ketika bepergian dengan kereta, menunggu bus, menunggu teman, dan situasi-situasi lainnya.

Mereka sadar bahwa membaca tidak hanya menarik dan menyenangkan, tapi juga penting bagi kesehatan otak. Sebab, membaca membuat otak berpikir, membayangkan, atau menghitung. Kegiatan ini akan membuat kamu lebih cerdas sekaligus berpikiran terbuka.

Mengonsumsi Makanan Sehat

young attractive asian woman who eatsIlustrasi makan makanan sehat/ Foto: Getty Images/iStockphoto/miya227

Kebiasaan sehari-hari orang China lainnya yang membuat mereka cerdas adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Tidak hanya itu, mereka juga banyak bergerak dan rutin berolahraga.

Mengonsumsi makanan sehat ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapi juga bikin cerdas, lho, Beauties! Sebuah penelitian mengungkap makanan sehat memberi pengaruh pada kecerdasan otak.

detikFood melansir Standard-Freeholder, sebuah penelitian mengungkap jika makanan sehat mempengaruhi kecerdasan seseorang. Kesehatan otak dan fungsinya bisa makin optimal apabila rutin mengonsumsi makanan sehat. Orang China sendiri banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan ikan yang menyehatkan.

Itulah beberapa kebiasaan sehari-hari orang China yang bisa meningkatkan kecerdasan. Tertarik mencoba, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id