sign up SIGN UP

3 Momen Netizen Dihukum karena Mengomentari Idol

Jovita | Beautynesia
Jumat, 30 Oct 2020 16:30 WIB
3 Momen Netizen Dihukum karena Mengomentari Idol
caption

Idol K-Pop harus berurusan dengan netizen yang jahat sepanjang waktu, karena idol sering dikritik karena alasan yang aneh. Selama bertahun-tahun, semakin banyak perusahaan yang memutuskan untuk mengambil tindakan terhadap para netizen jahat ini.

Berikut adalah 4 momen netizen yang jahat menghadapi konsekuensi atas komentar mereka tentang idol K-Pop.

1. Netizen dihukum karena komentar mereka tentang MAMAMOO

MAMAMOO/ Foto: Koreaboo
MAMAMOO/ Foto: Koreaboo

Pada 2019, 4 netizen didenda karena memposting komentar jahat tentang MAMAMOO sejak 2017. Netizen yang didakwa ini telah meninggalkan komentar seperti, "Mereka menjual tubuh mereka", dan, "Sungguh sekelompok lesbian."

RBW Entertainment, agensi MAMAMOO, menyatakan, “Kami menuntut 4 netizen yang terus-menerus memberikan komentar jahat tentang MAMAMOO. Kami menuntut mereka atas komentar jahat, pelecehan seksual, penyebaran informasi palsu, dan pencemaran nama baik.”

2. Netizen didenda atas komentar yang dibuat tentang Sunmi

Sunmi/ Foto: Koreaboo
Sunmi/ Foto: Koreaboo

Seorang pria berusia 40-an, yang disebut sebagai Tn. A, meninggalkan komentar jahat tentang Sunmi yang berbunyi, "Dia terlihat seperti nyonya rumah bar."

Pemberi komentar jahat ini akhirnya didakwa atas fitnah dan dijatuhi hukuman denda 500.000 KRW (Rp6,5 juta) oleh Pengadilan Distrik Changwon.

"Tn. A menghina Sunmi dengan membagikan komentar yang menghina dan mempermalukan di situs yang dilihat oleh banyak orang. Komentar itu vulgar dan sifat kejahatannya rendah. Korban belum memaafkan terdakwa, dan tidak ada upaya untuk meringankan kerugian tersebut," ungkap Pengadilan Distrik Changwon.

3. Netizen dipaksa meminta maaf karena membuat rumor palsu tentang Naeun APRIL

Naeun APRIL/ Foto: Koreaboo
Naeun APRIL/ Foto: Koreaboo

Pada tahun 2020, seorang netizen anonim membuat postingan online yang mengklaim bahwa Naeun APRIL pernah membully-nya di masa lalu.

"Karena apa yang aku alami di sekolah dasar, aku sering menangis dan membuat keributan. Jadi bahkan sekarang, ibuku mengertakkan gigi setiap kali dia melihat Naeun di TV," kata netizen.

DSP Media, agensi Naeun, dengan cepat membantah klaim yang dibuat oleh netizen ini dan menyatakan bahwa mereka akan mengambil tindakan hukum.

"Rumornya salah dan kami akan mengumpulkan semua data terkait untuk mengambil tindakan hukum," kata DSP Media.

Beberapa hari kemudian, netizen tersebut akhirnya menulis surat permintaan maaf, yang menyatakan bahwa rumor bullying semuanya tidak benar.

"Aku menulis permintaan maaf ini untuk bertanggung jawab atas postinganku di Nate Pann, dibagikan pada 22 Juli 2020, Rabu. Semua yang aku katakan tentang sejarah bully Naeun APRIL di sekolah dasar adalah tidak benae. Aku tidak pernah di-bully. Aku minta maaf kepada Naeun dan penggemarnya karena menyebarkan rumor ini dan menyebabkan masalah. Maafkan aku," netizen.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id