sign up SIGN UP

4 Alternatif Kegiatan Berguna untuk Cegah Overthinking Sebelum Tidur

Meydiana Adinda | Beautynesia
Selasa, 04 Jan 2022 19:45 WIB
4 Alternatif Kegiatan Berguna untuk Cegah Overthinking Sebelum Tidur
caption

Overthinking atau berpikir secara berlebihan memang bisa kita alami kapan dan di mana saja. Dilansir dari website Universitas Gadjah Mada, Psikolog Wirdatul Anisa menjelaskan bahwa overthinking membuat kita menggunakan terlalu banyak waktu untuk memikirkan suatu hal dengan cara yang merugikan.

Perilaku ini biasanya berupa penyesalan terhadap sesuatu yang telah berlalu atau kecemasan berlebih akan prediksi negatif terhadap masa depan. Jadi, tidak semua pikiran bisa dikategorikan sebagai overthinking ya, Beauties.

Yang menyebalkan, pikiran-pikiran berlebih ini sering muncul di malam hari saat kita hendak bersiap tidur. Akibatnya, kita malah jadi susah tidur karena larut dalam pikiran. 

Nah, kalau Beauties sering mengalami ini, Beautynesia mau kasih beberapa rekomendasi kegiatan yang dapat mencegahmu overthinking di malam hari. Penasaran ‘kan? Simak yuk!

1. Journaling

Mencegah overthinkingJournaling cegah overthinking/foto: pexels.com/polina-kovaleva

Menulis journal ternyata bisa jadi kebiasaan positif untuk melepas pikiran. Kegiatan ini akan membantu mengalihkan pikiran dari hal-hal buruk yang suka menghantui saat kita berdiam diri.

Ada banyak hal-hal positif yang bisa ditulis dalam journal pribadi kita, seperti ulasan film yang telah ditonton hari ini, hal-hal baik yang kita rasakan hari ini, hingga wishlist skincare untuk bulan depan.

Namun sebenarnya kita juga bisa ‘kok menuliskan kejadian-kejadian buruk yang menjadi beban pikiran kita. Bastine dalam Netdoctor UK menyarankan kita untuk menulis dengan kesadaran. Artinya, saat menyelesaikan tulisan tersebut, kita sadar bahwa hal-hal ini telah berlalu dan bisa berhenti memikirkannya.

2. Meditasi

Mencegah overthinking
Meditasi cegah overthinking/foto: freepik.com/lifeforstock

Meditasi dapat membantu kita untuk meringankan pikiran dan menenangkan perasaan. Makanya, melakukan meditasi sebelum tidur dikenal baik untuk meningkatkan kualitas tidur kita. 

Selain itu, kegiatan ini sangat mudah untuk dilakukan, lho. Kita hanya perlu meluangkan waktu dan pikiran tanpa memerlukan alat-alat khusus. Menurut Healthline ada beberapa langkah dasar untuk melakukan meditasi, yaitu:

  • Duduk atau berbaring di kamar tidur yang tenang.
  • Tutup mata dan bernapas perlahan. Tarik napas dan hembuskan dalam-dalam. Fokuskan pikiran pada pernapasan.
  • Jika sebuah pikiran muncul, lepaskan dan fokuskan kembali pada pernapasan.

Mulailah bermeditasi dengan durasi 3-5 menit. Secara perlahan, tingkatkan durasi waktu menjadi 15-20 menit.

3. Relaksasi

Mencegah overthinking
Relaksasi cegah overthinking/foto: pexels.com/sam-lion

Selama seharian, pikiran kita telah capek dan lelah dengan urusan sekolah, kuliah, ataupun pekerjaan. Untuk itu, lakukan relaksasi untuk membantu merehatkan dan meringankan kembali pikiran kita.

Kita bisa melakukan kegiatan apapun yang menghibur dan menyenangkan, baik itu menonton, membaca, hingga menyanyi. Relaksasi ini juga akan membantu kita mengalihkan pikiran dari hal-hal buruk.

4. Ngobrol 

Mencegah overthinking
Mengobrol cegah overthinking/foto: freepik.com/user18526052

Membagikan pikiran dan perasaan cenderung membuat kita merasa lega dan senang. Makanya, mengobrol dengan pasangan, keluarga, atau sahabat bisa menjadi pilihan tepat untuk mencegah overthinking sebelum tidur.

Kita bisa menceritakan apa saja, baik itu hal-hal menyenangkan yang dialami maupun hal-hal menyebalkan yang membuat hari terasa buruk. Kegiatan ini bisa kamu lakukan secara langsung maupun tidak langsung dengan chat dan telpon.

Nah, itu dia empat alternatif kegiatan yang dapat membantu kita mencegah overthinking sebelum tidur. Selamat mencoba, Beauties.

[Gambas:Youtube]

----------------
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id