sign up SIGN UP

4 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja Baru

Meliana Gusti | Beautynesia
Senin, 19 Sep 2022 21:00 WIB
4 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja Baru
Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja Baru/Foto: pexels/ yan krukov.

Menjaga kesehatan mental di tempat kerja sangat lah penting, terutama untuk Beauties yang masuk ke tempat kerja baru.

Lingkungan yang baru tentu mengharuskan kita beradaptasi agar bisa menjalin komunikasi yang baik antar rekan kerja. Tak hanya itu, kamu juga perlu memerhatikan kesehatan mental agar tetap aman.

Bergabung ke tempat kerja yang baru bagi sebagian orang seringkali merasa tertekan. Para pekerja pun abai akan hal ini dan berakhir bekerja dengan perasaan tertekan atau tidak nyaman. Jika ini dibiarkan bisa berdampak terhadap kesehatan, lho Beauties.

Jadi gimana sih caranya agar mental kamu tetap sehat? yuk simak tips berikut ini!

1. Jaga Dirimu Sendiri

Kesadaran menjaga diri sendiri sangatlah penting untuk kesehatan mental.
Kesadaran menjaga diri sendiri sangatlah penting untuk kesehatan mental/ foto: pexels/ energepic

Menjaga diri sendiri adalah hal terpenting yang harus kamu lakukan. Membantu orang lain memang baik, tapi kebanyakan orang salah arti dengan hal ini. Membantu orang lain terus menerus tanpa memikirkan kesejahteraan atau kerugian yang kamu dapatkan adalah salah. 

Dilansir dari Champion Health, keadaan ini kebanyakan membuat orang tertekan sehingga mengganggu kesehatan mental. Kita tidak selalu harus memikirkan perasaan orang lain di keadaan tertentu. Luangkan waktumu untuk dirimu sendiri dan lakukan hal yang menyenangkan.

2. Jalin Komunikasi

Jalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja untuk mendapatkan teman.
Jalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja untuk mendapatkan teman/ foto: pexels/ christina morillo

Untuk mendapatkan banyak teman tentu harus ada komunikasi yang baik. Agar kamu merasa nyaman di tempat kerja, punya teman menjadi salah satu caranya. Mendapatkan teman di tempat kerja dimulai dari insting yang kuat.

Insting kamu yang kuat akan keadaan sekitar akan sangat membantu. Cobalah peka terhadap kondisi rekan kamu, dan cobalah beri sedikit perhatian seperti bertanya. Kebanyakan orang merasa punya teman saat sedang ada orang yang datang di kala ia punya masalah.

3. Berhenti Membandingkan

Berhentilah membandingan dirimu dengan rekan kerja dan fokus bekerja.
Berhentilah membandingan dirimu dengan rekan kerja dan fokus bekerja/ foto: pexels/ andrea piacquadio

Berhentilah membandingkan dirimu dengan orang lain, meskipun di tempat kerja yang baru kamu melihat orang lebih pandai darimu. Ini tentu hal yang wajar, karena mereka telah melalui proses belajar. 

Dilansir dari Forbes, membandingkan dirimu dengan orang lain tentu akan menimbulkan pikiran negatif yang berujung stres. Jadi, fokuslah terhadap pekerjaan kamu, Beauties.

4. Bicaralah

Berbagi cerita saat kamu sudah merasa tertekan dan stres.
Berbagi cerita saat kamu sudah merasa tertekan dan stress/ foto: pexels/ fox

Hal yang satu ini juga tak kalah penting terhadap kesehatan mentalmu. Seseorang akan mengalami stres jika lama-lama masalah yang ia hadapi dipendam sendirian dan dipikirkan berlarut-larut. Cara paling efektif mencegah stres adalah berbagi cerita dengan orang lain.

Di tempat kerja baru tentu kamu akan menemukan masalah baru. Nah, jika sudah terlalu berat jangan dipendam sendirian, carilah teman untuk bercerita. Setidaknya orangtua atau teman, agar beban pikiran dan mental yang kamu tanggung tidak terasa berat.

Nah gimana Beauties? Sudah sadar kesehatan mental itu ternyata sangat penting, jadi jangan disepelekan ya. Jangan cepat menyerah di tempat kerja baru dan cobalah lakukan beberapa hal tadi. Selamat mencoba!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id