sign up SIGN UP

4 Film Indonesia yang Membahas Mental Health, Ada Kukira Kau Rumah

Tyas Arini | Beautynesia
Rabu, 11 May 2022 07:45 WIB
4 Film Indonesia yang Membahas Mental Health, Ada Kukira Kau Rumah
caption

Film Indonesia semakin hari semakin berkembang dan tidak kalah dengan film-film dari luar negeri. Ada cukup banyak genre yang dibuat oleh produser dan sutradara film Indonesia, dari horor hingga romantis. Selain itu, ada banyak isu yang diangkat dari film Indonesia, contohnya isu kesehatan mental. 

Deretan film Indonesia ini membahas tentang mental health atau kesehatan mental di dalamnya. Penasaran film apa saja?

1. Kukira Kau Rumah (2022)

Kukira Kau Rumah
Kukira Kau Rumah / foto: imdb.com

Film Kukira Kau Rumah ini mengangkat tentang isu kesehatan mental yakni gangguan bipolar. Film ber-genre drama yang disutradarai oleh Umay Shahab ini menggandeng Prilly Latuconsina dan Jourdy Pranata sebagai pemeran utamanya. 

Diadaptasi dari lagu berjudul sama oleh Amigdala, film ini menceritakan hubungan antara Niskala dan Pram. Pram, seorang pemuda kesepian yang tidak mendapatkan kasih sayang dari orangtuanya, lalu menciptakan lagu-lagu bagus yang tidak pernah didengar siapapun. Hingga suatu hari, Pram yang manggung di kafe berkenalan dengan Niskala.

Niskala, seorang perempuan berbeda yang dapat benar-benar "mendengar" Pram. Namun, Pram tidak mengetahui bahwa Niskala sebenarnya mengidap Bipolar dan Niskala menabrak semua aturan yang dibuat oleh ibunya.

2. Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini (2020)

Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini
Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini / foto: imdb.com

Film yang sempat booming di tahun 2020 ini mengangkat tema keluarga dan juga sisi kesehatan mental. Film Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini berkisah tentang Angkasa, Aurora dan Awan yang merupakan kakak beradik di keluarga yang terlihat bahagia. Hingga suatu saat, Awan berkenalan dengan Kale dan mengubah sikapnya, serta terungkapnya rahasia dan trauma besar dalam keluarga. 

Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis Marchella FP. Disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko, film ini dibintangi oleh Rachel Amanda, Rio Dewanto, Sheila Dara, Donny Damara dan Susan Bachtiar. Film Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini bisa ditonton di Netflix. 

3. 27 Steps of May (2019)

27 Steps of May
27 Steps of May / foto: imdb.com

Film 27 Steps of May menjadi salah satu film dengan kesehatan mental sebagai tema utamanya. Film ini mengisahkan tentang May yang menjadi korban pemerkosaan akibat Kerusuhan Mei 1998. Akibat kejadian naas itu, May mengurung diri dan tidak pernah berbicara kepada siapapun. Ayahnya juga merasakan trauma yang mendalam dan menyalurkan emosinya melalui tinju. 

Film yang mengaduk-aduk emosi ini diperankan oleh Raihaanun sebagai May dan Lukman Sardi sebagai Ayah May. Film 27 Steps of May ini pernah ditayangkan di berbagai ajang film festival dan meraih beberapa nominasi penghargaan. Beauties juga bisa menyaksikan film ini lewat layanan streaming Netflix dan Vidio. 

4. Posesif (2017)

Posesif
Posesif / foto: imdb.com

Film Posesif ini sempat booming waktu tayang di tahun 2017. Sesuai namanya, film ini menceritakan hubungan kisah cinta antara 2 anak muda yang kemudian berubah menjadi posesif.

Berpusat pada Yudhis dan Lala, hubungan mereka diawali dengan saling mencintai dan menyayangi namun lama-kelamaan, Yudhis berubah menjadi kasar dan membatasi kegiatan Lala sampai tindakan psikopat lainnya yang tergolong dalam gangguan kepribadian dan mental.

Film Posesif ini merupakan karya Gina S. Noer yang disutradarai oleh Edwin dan dibintangi oleh Adipati Dolken sebagai Yudhis dan Putri Marino sebagai Lala. Film ini bisa ditonton di Netflix dan Vidio. 

Nah, itu dia 4 film Indonesia yang membahas tentang kesehatan mental. Ada yang sudah pernah kamu tonton, Beauties?

-----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI! 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id