sign up SIGN UP

Jangan Sampai Terlena, Ini 3 Cara Berhenti Menonton Kehidupan Orang Lain di Media Sosial

Putri Aulika | Beautynesia
Jumat, 06 May 2022 13:00 WIB
Jangan Sampai Terlena, Ini 3 Cara Berhenti Menonton Kehidupan Orang Lain di Media Sosial
caption

Beauties, apakah kamu seseorang yang sering menonton kehidupan orang lain di media sosial? Instagram, TikTok, Twitter, dan Facebook biasanya menjadi media sosial yang disukai banyak kalangan karena memiliki berbagai fitur. Media sosial tersebut biasanya digunakan untuk saling berbagi, termasuk soal kehidupan pribadi.

Namun, ketika seseorang memposting kebahagiaan atau hal-hal menarik di hidupnya di media sosial, tiba-tiba kamu merasa iri. Tak jarang, kamu mulai bertanya-tanya dan membandingkan kehidupanmu dan kehidupan orang lain.

Tanpa sadar kamu sudah kecanduan menonton kehidupan orang lain di media sosial, walaupun kamu merasa iri tapi selalu penasaran. Jika sudah begini, sebaiknya kamu perlu cara untuk berhenti dari media sosial, baik sesaat atau membatasi saja.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar berhenti menonton kehidupan orang lain di media sosial? Yuk, simak penjelasan yang telah dirangkum dari Blossom Into Wellness berikut ini.

Mengubah Pola Pikir

Ilustrasi seseorang sedang memikirkan kegiatan yang lebih bermanfaat/Foto: Freepik.com/wayhomestudio
Ilustrasi seseorang sedang memikirkan kegiatan yang lebih bermanfaat/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Pernahkah kamu merasa peduli dengan teman yang tidak mengikuti balik di Instagram? Pernahkah kamu merasa penasaran tentang seseorang yang bertengkar dengan kenalannya di Facebook? Atau kamu terus-menerus menonton story seseorang yang melakukan tindakan flexing?

Waktumu akan terbuang sia-sia hanya dengan menelusuri kehidupan orang lain. Sebaiknya, kamu perlu membatasi diri dari penggunaan media sosial. Seiring dengan mengubah pola pikir agar lebih sadar pada tujuan hidupmu.

Mulailah menganalisis bagaimana aktivitas harianmu, daripada menghabiskan waktu 2 sampai 3 jam setiap harinya di media sosial. Bukankah lebih baik memanfaatkan waktu dengan melakukan hal lain? Seperti membaca buku, belajar, berolahraga, memasak, menjalani hobi dan bertemu teman secara langsung.

Unfollow di Media Sosial

Media sosial instagram/Foto: Pexels.com/Omkar Patyane
Media sosial instagram/Foto: Pexels.com/Omkar Patyane

Saat membuka media sosial, beranda atau linimasa penuh dengan postingan dan status yang dibagikan orang. Awalnya, mungkin kamu bertekad hanya akan melihat beberapa postingan. Namun, kamu malah kecanduan sehingga tak pernah berakhir memainkan media sosial.

Hal ini bisa terjadi karena kamu mengikuti terlalu banyak orang. Akan lebih baik jika kamu hanya mengikuti orang-orang yang kamu kenal atau yang memberikan pengetahuan dan wawasan pada bidang yang kamu sukai. Misalnya jika kamu suka memasak, kamu bisa mengikuti akun salah satu chef yang kamu idolakan dan mencoba memasak resep yang sering dibagikannya di media sosial.

Nonaktifkan Media Sosial

Menonaktifkan sosial media/Foto: Pexels.com/George Dolgikh Giftpunditscom
Menonaktifkan sosial media/Foto: Pexels.com/George Dolgikh Giftpunditscom

Media sosial juga termasuk salah satu sumber informasi, namun segala sesuatu yang berlebihan bisa menjadi hal yang buruk. Inilah pentingnya menyaring informasi yang diterima. Jika informasi tersebut tidak berkontribusi sama sekali untuk kebahagiaan dan kehidupanmu, abaikan saja.  

Sesekali kamu bisa mencoba untuk menonaktifkan media sosial. Tak perlu menonaktifkan selamanya, coba dulu selama satu minggu atau satu bulan. Setelah melakukannya, kamu pasti akan merasa lebih lega karena bisa memanfaatkan waktu dengan baik.

Saat kamu memutuskan akan mengaktifkan kembali media sosial, pastikan kamu mengatur timer setiap 5 menit untuk pagi, siang, dan malam. Hal ini perlu dilakukan agar menghindari kebiasaan lama terulang.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya tak terlena dengan kehidupan orang lain. Fokus menggali potensi diri dan keahlian untuk masa depan akan lebih baik dilakukan sekarang, daripada terus penasaran dan menyimpan iri saat menonton kehidupan orang lain di media sosial.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id