STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

4 Ide Self Improvement yang Bisa Kamu Lakukan Saat Kuliah

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Senin, 15 Aug 2022 06:30 WIB
4 Ide Self Improvement yang Bisa Kamu Lakukan Saat Kuliah

Mendapat kesempatan untuk mengenyam bangku pendidikan tinggi bisa dijadikan salah satu gerbang untuk meningkatkan kualitas diri. Ya, seyogyanya, pendidikan adalah hal yang relevan untuk itu. Namun, selain dalam ranah akademik, kamu akan belajar banyak hal saat kuliah lewat pengalaman-pengalaman yang dijalani.

Hal tersebut bisa membantu kamu untuk belajar banyak hal tentang diri sendiri, mengembangkan keterampilan dan mempersiapkan diri untuk menghadapi kehidupan pasca lulus nantinya.

 

Biasanya hal ini disebut dengan self improvement atau segala bentuk maupun upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan diri. Nah, dikutip dari laman People Development Magazine, berikut adalah 4 ide self improvement yang bisa kamu lakukan saat kuliah.

 

Mempelajari Keterampilan Baru

Ilustrasi belajar skill baru/ Foto: Freepik.com/odua
Ilustrasi belajar skill baru/ Foto: Freepik.com/odua

 

Salah satu ide self improvement yang bisa kamu terapkan selama kuliah adalah mempelajari keterampilan baru. Di era sekarang ini, keterampilan spesifik dalam suatu bidang sangat dibutuhkan. Hal ini akan sangat potensial sekali apabila kamu terbuka dan punya kemauan untuk mempelajari keterampilan baru.

 

Kamu mungkin bisa memulainya dengan melihat hobi yang kamu miliki kemudian melihat sisi kreativitas dan skill yang bisa dikembangkan dari hobi tersebut. Setelahnya, kamu bisa mempelajarinya secara otodidak atau mengambil kursus agar lebih mahir.

 

Mempelajari Bahasa Baru

Ilustrasi belajar bahasa/ Foto: Freepik.com/pompixs
Ilustrasi belajar bahasa/ Foto: Freepik.com/pompixs

 

Tentu bukan rahasia lagi jika kemampuan berbahasa menjadi hal yang sangat potensial di era sekarang ini. Terlebih untuk bahasa asing karena merupakan sesuatu yang penting dan di luar bahasa ibu. Bahkan, tidak sedikit pekerjaan yang mempersyaratkan kemampuan berbahasa asing ini.

 

Selain itu, kesempatan untuk memperoleh beasiswa pendidikan, terutama ke luar negeri juga sangat mengedepankan kemampuan berbahasa asing. Oleh sebab itu, apabila kamu ingin membuka gerbang kesempatan yang lebih besar untuk meningkatkan kualitas diri, mempelajari bahasa asing sangat recommended untuk dilakukan.

 

Pergi ke Terapi

Ilustrasi berkonsultasi/ Foto: Freepik.com/scphotograph
Ilustrasi berkonsultasi/ Foto: Freepik.com/scphotograph

 

Hal yang satu ini mungkin kedengarannya masih cukup klise. Namun belakangan ini, orang-orang sudah mulai menyadari bahwa aspek yang berhubungan dan kesehatan mental sangat mempengaruhi seseorang dalam menjalani kesehariannya. Oleh sebab itu pula, kehadiran terapis bisa membantu untuk seseorang bisa lebih memahami dirinya.

 

Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah bahwa orang-orang yang pergi ke terapis tidak hanya mereka yang memiliki masalah kesehatan mental. Lebih dari itu, datang ke terapis bisa membantu kamu untuk mengidentifikasi akar permasalahan yang sedang dihadapi dan membantu kamu untuk lebih mengenali diri sendiri.

 

Membantu Orang Lain

Ilustrasi membantu teman/ Foto: Freepik.com/pressfoto
Ilustrasi membantu teman/ Foto: Freepik.com/pressfoto

 

Membantu orang lain juga bisa menjadi salah satu self improvement ketika kuliah. Kenapa demikian? karena membantu orang lain akan membantu kamu lebih memahami siapa diri kamu.

Hal ini juga dapat membantu kamu menjadi lebih baik dalam membangun hubungan dengan orang lain dan juga berkemungkinan membantu kamu mengembangkan kualitas kepemimpinan. Bantuan dalam hal ini juga bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, asal bernilai positif.

---

 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE