sign up SIGN UP

4 Lagu Nasional Terpopuler Ciptaan Ismail Marzuki, Cocok Didengar Saat Hari Kemerdekaan RI ke-77

Anindya Milagsita | Beautynesia
Rabu, 17 Aug 2022 07:30 WIB
4 Lagu Nasional Terpopuler Ciptaan Ismail Marzuki, Cocok Didengar Saat Hari Kemerdekaan RI ke-77
caption

Buat memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 belum lengkap rasanya kalau nggak mendengarkan lagu nasional, Beauties. Biasanya lagu-lagu bertemakan perjuangan ataupun kemerdekaan akan diperdengarkan saat Dirgahayu Republik Indonesia. Baik saat berlangsungnya kegiatan lomba 17-an, upacara, maupun momen sakral lainnya.

Tapi tahukah kamu? Kalau ternyata ada beberapa lagu nasionalĀ yang populer dan sering kita nyanyikan adalah karya dari tangan dingin maestro sekaligus pahlawan Indonesia. Yup, ialah Ismail Marzuki yang menjadi sosok dibalik lagu 'Indonesia Pusaka' sampai 'Halo-halo Bandung'. Lantas apa sajakah lagu nasional terpopuler karya Ismail Marzuki lainnya? Simak jawabannya lewat artikel berikut ini, ya!

Sekilas Tentang Ismail Marzuki

Sebelum mengetahui deretan lagu bertemakan perjuangan dan nasionalisme karya Ismail Marzuki, mari mengenal sosoknya terlebih dahulu, Beauties. Ismail Marzuki adalah komponis asal Indonesia yang lahir pada 11 Mei 1914. Sosok yang bernama asli Ismail ini punya kecintaan terhadap seni musik.

Sosok Ismail Marzuki sang maestro pencipta beberapa lagu nasional terpopuler.
Sederet lagu ciptaan Ismail Marzuki yang populer dan legendaris untuk dikenang/wikimedia commons

Mengutip dari laman Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia, selama hidupnya telah berhasil menciptakan lebih dari 200 lagu. Di mana sebagian besar lagu-lagu karyanya bernuansa semangat perjuangan. Melalui lagu-lagu ciptaannya, Ismail Marzuki berhasil menanamkan rasa cinta tanah air pada bangsa Indonesia hingga mengantarkannya mendapat gelar sebagai pahlawan nasional. Lalu di antara 200 lagu ciptaannya, apa sajakah yang paling populer dan sering diperdengarkan saat hari nasional?

Gugur Bunga

Lagu ini ditulis pada tahun 1945 silam, Beauties. 'Gugur Bunga' menjadi salah satu lagu yang kerapkali diperdengarkan saat Hari Pahlawan. Bukan tanpa alasan, laguĀ bernuansa melankolis ini punya makna mendalam yang memberikan penghormatan kepada jasa para pahlawan sekaligus bukti nasionalisme terhadap tanah air tercinta. Buat kamu yang penasaran ingin tahu seperti apa lagu ini, berikut lirik lagu 'Gugur Bunga'!

Betapa hatiku takkan pilu
Telah gugur pahlawanku
Betapa hatiku takkan sedih
Hamba ditinggal sendiri

Siapakah kini plipur lara
Nan setia dan perwira
Siapakah kini pahlawan hati
Pembela bangsa sejati

Telah gugur pahlawanku
Tunai sudah janji bakti
Gugur satu tumbuh seribu
Tanah air jaya sakti

Gugur bungaku di taman bakti
Di haribaan pertiwi
Harum semerbak menambahkan sari
Tanah air jaya sakti

Lagu Halo-halo Bandung diciptakan oleh Ismail Marzuki. Nama Ismail Marzuki juga diabadikan sebagai pusat kesenian di Cikini, Jakarta Pusat.Lagu Halo-halo Bandung diciptakan oleh Ismail Marzuki. Nama Ismail Marzuki juga diabadikan sebagai pusat kesenian di Cikini, Jakarta Pusat./ Foto: Rima Olyvia/detikcom

Indonesia Pusaka

Selanjutnya ada lagu nasional lain ciptaan Ismail Marzuki yang biasanya diperdengarkan saat peringatan hari nasional. Lagu bertajuk 'Indonesia Pusaka' ini ditulis pada 1949 dan memiliki makna yang mendalam tentang semangat nasionalisme, Beauties.

'Indonesia Pusaka' menjadi sebuah refleksi jiwa seorang rakyat yang menggambarkan betapa cintanya ia kepada tanah air. Cocok didengar saat Dirgahayu Republik Indonesia, berikut lirik lagu 'Indonesia Pusaka'!

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap dipuja-puja bangsa

Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Sungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya

Indonesia ibu pertiwi
Kau kupuja, kau kukasihi
Tenagaku bahkan pun jiwaku
Kepadamu rela kuberi

Rayuan Pulau Kelapa

Tak kalah sering diperdengarkan dari lagu sebelumnya, ada 'Rayuan Pulau Kelapa' yang juga sama populernya, Beauties. Lagu wajib nasional yang satu ini diciptakan Ismail Marzuki pada 1944. Melalui lagu 'Rayuan Pulau Kelapa', ia ingin memberikan semangat pada para pejuang sekaligus bangsa Indonesia untuk terus maju. Adapun lirik lagu 'Rayuan Pulau Kelapa', bisa kamu cek di bawah ini!

Tanah airku Indonesia
Negeri elok amat kucinta
Tanah tumpah darahku yang mulia
Yang kupuja sepanjang masa

Tanah airku aman dan makmur
Pulau kelapa yang amat subur
Pulau melati pujaan bangsa
Sejak dulu kala

Melambai lambai
Nyiur di pantai
Berbisik bisik
Raja Kelana

Memuja pulau
Nan indah permai
Tanah Airku
Indonesia

Halo-halo Bandung

Adakah di antara kamu yang selama ini menganggap kalau lagu 'Halo-halo Bandung' adalah lagu anak-anak, Beauties? Yup, lagu ciptaan Ismail Marzuki ini memang dikenal sebagai lagu anak-anak yang punya nuansa ceria. Padahal lebih dari itu, 'Halo-halo Bandung' yang ditulisnya pada 1946 merupakan lagu yang bertujuan untuk membangkitkan semangat perjuangan dan patriotisme kala itu. Nah, buat kamu yang ingin menyanyikan lagu ini, berikut liriknya!

Halo-halo Bandung
Ibu kota Periangan
Halo-halo Bandung
Kota kenang-kenangan
Sudah lama beta
Tidak berjumpa dengan kau
Sekarang telah menjadi lautan api
Mari bung rebut kembali

Nah, itu tadi beberapa lagu terpopuler ciptaan maestro sekaligus pahlawan nasional Indonesia, Ismail Marzuki. Selamat memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ya, Beauties. Merdeka!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id