sign up SIGN UP

6 Film Indonesia yang Umurnya Telah Lebih dari Satu Dekade tapi Masih Populer, Adakah Favoritmu?

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Minggu, 14 Aug 2022 15:30 WIB
6 Film Indonesia yang Umurnya Telah Lebih dari Satu Dekade tapi Masih Populer, Adakah Favoritmu?
caption

Industri perfilman Indonesia sempat dikatakan ‘mati suri’ di era 90-an. Kala itu, produksi film hanya menghasilkan 2-3 karya tiap tahun dan didominasi oleh film bertema seks.

Untungnya, kemunculan para sineas muda di awal tahun 2000 mampu membawa angin segar bagi dunia film Indonesia. Berbagai suguhan tontonan film Tanah Air dengan tema yang segar dan inspriratif akhirnya berhasil menarik para penikmat layar lebar untuk kembali memenuhi kursi studio bioskop.

Tak terasa, deretan film di bawah ini ternyata telah tayang lebih dari 10 tahun lalu, tapi tontonannya masih populer dan dicari hingga saat ini. Apa saja deretan film tersebut, simak yuk!

1. Petualangan Sherina (2000)

Film legendaris Indonesia yang tetap populer sampai saat ini
Petualangan Sherina/Foto: Instagram.com/mirles

Film legendaris yang tayang di bioskop lebih dari 20 tahun lalu ini disebut-sebut sebagai titik balik perfilman Indonesia yang ‘mati suri’ selama tahun 90-an. Petualangan Sherina adalah film komedi musikal untuk semua umur karya sutradara Riri Riza dan produser oleh Mira Lesmana.

Dibintangi oleh Sherina Munaf (Sherina) dan Derby Romero (Sadam), film ini disajikan begitu menghibur dan menyentuh hati para penonton anak-anak. Kalian yang lahir di tahun 90-an pasti bakal nostalgia pas dengar soundtrack-soundtrack dari film Petualangan Sherina.

Ssst, info terbaru, film Petualangan Sherina 2 bakal tayang di bioskop tahun 2023 mendatang, loh!

2. Ada Apa Dengan Cinta? (2002)

Film legendaris Indonesia yang tetap populer sampai saat ini
Ada Apa Dengan Cinta?/Foto: Imdb.com

Sejak pertama kali perilisannya di bioskop tahun 2002 silam hingga hari ini, sudah berapa kali kamu menonton ulang film “Ada Apa Dengan Cinta?”?

Duet akting antara aktor Nicholas Saputra sebagai Rangga dan Dian Sastrowardoyo sebagai Cinta, juga keberadaan geng Cinta begitu ikonis di kalangan remaja era 2000-an. Bahkan, film garapan sutradara Rudi Soejarwo ini sukses mencetak box office dengan 2,7 juta penonton di seluruh Indonesia.

Alur cerita film AADC? mengambil latar belakang percintaan masa SMA yang sebenarnya cukup sederhana. Tetapi, film ini sukses dikemas sedemikian rupa sehingga terus dapat menghibur penonton dari masa ke masa.

3. Catatan Akhir Sekolah (2005)

Film legendaris Indonesia yang tetap populer sampai saat ini
Catatan Akhir Sekolah/Foto: Imdb.com

Film ini pasti bakal bikin kamu teringat-ingat kembali sama kenangan manis masa-masa SMA dulu. Hal itulah yang mau ditampilkan dalam film Catatan Akhir Sekolah (CAS) karya Hanung Bramantyo.

CAS menceritakan tentang perjalanan tiga siswa SMA yang dibintangi oleh Vino G. Bastian, Ramon Y. Tungka, dan Marcel Chandrawinata. Mereka berupaya membuat film dokumenter pendek yang berisi setiap kenangan mereka di masa SMA sebagai tribute perpisahan sekolah.

Nah, ketika adegan pemutaran film dokumenter, kamu mungkin bakal senyum-senyum sendiri karena teringat zaman SMA.

4. Laskar Pelangi (2008)  

Film legendaris Indonesia yang tetap populer sampai saat ini
Laskar Pelangi/Foto: Imdb.com

Film adaptasi novel Andrea Hirata ini sempat bertengger selama 8 tahun menempati posisi pertama film terlaris Indonesia dengan jumlah penonton terbanyak, yakni 4.719.453. Laskar Pelangi ialah film populer Tanah Air karya sutradara Riri Riza.

Film ini menyoroti kisah kehidupan sekelompok anak-anak sekolah dasar di Desa Gantong, Pulau Belitung yang hidup dalam kemiskinan, namun mereka punya semangat juang yang tinggi untuk dapat menempuh pendidikan.

5. Rumah Dara (2010)

Film legendaris Indonesia yang tetap populer sampai saat ini
Rumah Dara/Foto: Imdb.com

Rumah Dara adalah film horor jagal Indonesia karya masterpiece Mo Brothers. Film yang dibintangi oleh Shareefa Daanish dan Julie Estelle sebagai tokoh utama ini dinilai sebagai salah satu film horor Indonesia terbaik

Film ini rilis perdana Juli 2009 di Festival Film Fantasi Internasional Bucheon, lalu tayang di Indonesia pada Januari 2010. Rumah Dara mengisahkan sekelompok muda-mudi yang terjebak di suatu rumah milik seorang pembunuh misterius bernama Dara.

Apakah kamu pernah berani nonton film yang satu ini, Beauties?

6. 5 cm (2012)

Film legendaris Indonesia yang tetap populer sampai saat ini
5 cm/Foto: Imdb.com

Setelah tiga bulan berselang, kelima remaja yang telah bersahabat sejak lama bertemu kembali dan merayakan pertemuan mereka melalui sebuah perjalanan penuh impian dan perjuangan. Mereka berniat mengibarkan bendera merah putih di puncak tertinggi Jawa, Gunung Semeru, pada tanggal 17 Agustus.

Film 5 cm cocok banget kamu tonton untuk menyambut hari kemerdekaan RI. Film drama Tanah Air ini bertabur bintang papan atas, seperti Raline Shah, Herjunot Ali, Fedi Nuril, Denny Sumargo, Pevita Pearce, dan Igor Saykoji.

Beauties, itu dia deretan film Indonesia jadul yang ternyata telah lebih dari satu dekade. Ada favoritmu nggak nih?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id