sign up SIGN UP

4 Manfaat Rutin Membaca Buku, dari Mengurangi Stres sampai Bikin Jadi Penulis Handal Lho!

Zulfa Farhuna | Beautynesia
Minggu, 15 May 2022 17:30 WIB
4 Manfaat Rutin Membaca Buku, dari Mengurangi Stres sampai Bikin Jadi Penulis Handal Lho!
caption

Semua orang setuju, bahwasannya buku adalah jendela dunia. Sumber segala informasi, wawasan, dan ilmu pengetahuan.

Kegiatan membaca buku bisa dilakukan oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Buku juga merupakan tempat dimana seseorang bisa mengurangi jenuh dan beristirahat sejenak dari hiruk-piruk kesibukan. Terlebih lagi, jika buku yang dibaca membawa energi positif kepada setiap pembacanya, baik buku paper back maupun digital.

Era digital ternyata tidak menyurutkan minat masyarakat untuk rutin membaca. Bahkan sekarang buku tidak hanya berbentuk fisik namun juga berbentuk digital, alias e-book. Sehingga semua orang bisa dengan mudah mengakses buku digital kesayangannya melalui gadget, baik smartphone, tablet, maupun kindle.

Selain memberikan inspirasi bagi pembaca, membaca buku juga memiliki segudang manfaat lain yang tak kalah penting. Simak manfaat membaca buku selengkapnya di sini yuk!

1. Mengurangi Stres

membaca dapat mengurangi stresss
stress berkurang dengan membaca/Foto: pinterest.com/Charlotte Siems

Siapa sangka ternyata buku bisa menjadi saran pengurang stres. Entah stres saat belajar maupun bekerja. Dikutip dari laman Taking Care of your Health and Wellbeing dari Universitas Minnesota, dipercaya dengan membaca dapat membantu mengurangi hormon stres sebanyak 67% lho, Beauties!

Hal ini dikarenakan membaca merupakan kegiatan yang mudah dilakukan. Cukup dengan memilih buku kesukaan dan membiarkan diri terbawa oleh alur ceritanya. Sejenak pikiran teralihkan dan stres reda.

2. Menambah Wawasan

buku memperluas wawasan seseorang
membaca menambah wawasan/Foto: pinterest.com/Mada Alenzi

Fungsi utama membaca buku yang tak lain dan tak bukan adalah bertambah luasnya wawasan seseorang. Tak heran, kalau orang yang dijuluki kutu buku biasanya cenderung punya informasi yang melimpah ruah. Sehingga seseorang akan lebih siap dengan kemungkinan-kemungkinan yang ada di masa depan dari informasi yang di dapat di dalam buku.

3. Meningkatkan Fokus

Orang cerdas cenderung lebih suka membaca dan menulisMeningkatkan Fokus/Foto: pexels.com/Streetwindy

Saat membaca buku, seseorang akan berfokus pada apa yang dia pegang dan kata-kata yang terangkai di dalamnya. Sehingga secara tidak langsung, pikiran seseorang akan terfokus pada kegiatan tersebut. Jadi semakin banyak membaca, seseorang akan jadi lebih fokus pada apa yang sedang dikerjakan.

4. Melatih Menulis dengan Baik

membaca buku bisa meningkatkan kualitas dalam menulis
menulis/Foto: pinterest.com/

Membaca merupakan suatu keharusan bagi seorang pelajar, penulis, maupun orang yang gemar bermain kata. Bagi pelajar, buku ibarat jendela dunia dan sumber segala informasi.

Sedangkan bagi penulis, buku diibaratkan sebagai sumber inspirasi dan sarana berpikir. Sebab, membaca buku akan menambah kosakata dan memperbaiki tulisan yang dihasilkan dengan sendirinya. Banyak para penulis handal bermula dari kecintaannya membaca buku lho!

Itu dia beberapa manfaat yang bisa dirasakan secara langsung dari membaca buku. Nah Beauties, sudah berapa banyak buku yang sudah dibaca bulan ini? 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id