STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Keren! CCTV Hingga Jarum Suntik Medis, 10 Hal Penting di Dunia Ini Ditemukan oleh Perempuan!

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Kamis, 12 May 2022 22:30 WIB
Keren! CCTV Hingga Jarum Suntik Medis, 10 Hal Penting di Dunia Ini Ditemukan oleh Perempuan!

Perempuan berasal dari bahasa Sansekerta yang diambil dari kata per, empu, dan an. Kata per dalam perempuan berarti makhluk. Sedangkan, empu memiliki arti mulia, tuan, dan mahir. Sehingga kata perempuan sering dimaknai sebagai makhluk yang memiliki kemuliaan atau kemampuan.

Oleh karena itu, jika ditelisik lebih jauh lagi, ternyata berkat kemampuan yang dimiliki oleh perempuan banyak hal penting di dunia ini yang merupakan hasil penemuan dari perempuan.

Nah, kira-kira hal apa saja ya, Beauties yang berhasil ditemukan oleh perempuan? Berikut 10 hal penting di dunia yang berhasil ditemukan oleh perempuan. Dirangkum dari Glamour, yuk, simak!

CCTV

Ilustrasi CCTV
Ilustrasi CCTV/Foto: Pexels/PhotoMIX Company

Melansir dari Glamour, semua berawal dari keresahan Marie Van Brittan Brown terhadap lambatnya kinerja polisi dalam menangani kemananan rumah individu di wilayahnya, yaitu New York. Hal ini membuat Marie memikirkan cara untuk dapat memantau orang yang ada di depan pintu rumah tanpa harus keluar terlebih dahulu.

Berkat pemikirannya itulah, Marie mampu menciptakan sistem keamanan rumah yang selanjutnya disebut sebagai CCTV (Closed Circuit Television). Fungsi dari CCTV itu sendiri adalah untuk pengawasan, pencegahan kejahatan, dan pemantauan lalu lintas.

Bir

Ilustrasi bir
Ilustrasi bir/Foto: Pexels/Engin Akyurt

Menurut penelitian Jane Peyton, seorang sejarawan bir, hampir 7.000 tahun yang lalu di Mesopotamia dan Sumeria, perempuan adalah yang pertama mengembangkan, menjual, dan meminum bir.

Pencuci Piring

Ilustrasi mesin pencuci piring
Ilustrasi mesin pencuci piring/Foto: Pexels/Castorly Stock

Pada tahun 1887, Josephine Cochrane, seorang sosialita Illinois yang kaya menginginkan cara yang lebih baik untuk melindungi porselennya saat sedang dicuci oleh pelayannya. Ia pun menemukan cara tersebut dengan menciptakan mesin pencuci piring.

Kompartemen kawat mesin pencuci piringnya, masing-masing dirancang khusus agar sesuai dengan piring dan cangkir. Mesin itu ditempatkan di dalam roda yang berada di dalam ketel tembaga. Cara kerja mesin itu dimulai dari sebuah motor yang memutar roda dan air sabun panas. Selanjutnya,  air tersebut akan menyembur dari ketel dan menghujani piring. 

Pada tahun 1890-an, Cochrane menerima pesanan untuk penemuannya itu dari restoran dan hotel di Illinois.

Monopoli

Ilustrasi monopoli
Ilustrasi monopoli/Foto: Pexels/Anete Lusina

Siapa yang tidak kenal dengan monopoli? Yup, permainan papan satu ini sangat digemari oleh semua usia. Namun, tahukah kamu, Beauties? Ternyata monopoli adalah hasil penemuan dari seorang perempuan yang lahir di Illinois, Lizzie Maggie.

Pada tahun 1904, penemuan Maggie yang bernama "The Landlord's Game" dirilis sebagai kritik terhadap kapitalisme. Namun, ironisnya Charles Darrow merobek penemuan tersebut dan 30 tahun kemudian, ia menjualnya ke Parker Brothers. Berkat penemuannya itu, Magie dibayar 500 USD.

Tangga Darurat Kebakaran

Ilustrasi pintu tangga darurat
Ilustrasi pintu tangga darurat/Foto: Freepik/rawpixel.com

Pada tahun 1897, tangga darurat luar ruangan pertama dengan tangga eksternal dipatenkan oleh Anna Connelly. Pada saat itu, gedung-gedung semakin besar dan tinggi, tetapi tangga pemadam kebakaran di kota-kota umumnya hanya bisa mencapai lantai empat.

Oleh karena itu, Anna terpikirkan untuk menciptakan tangga darurat kebakaran. Berkat hal yang diciptakannya itulah, Connelly menjadi bagian dari banyak persyaratan kode keselamatan bangunan di seluruh AS.

Jarum Suntik Medis

Ilustrasi jarum suntik medis
Ilustrasi jarum suntik medis/Foto: Pexels/Anna Shvets

Letitia Mumford Geer adalah seorang perempuan yang lahir di New York pada tahun 1852. Ia berhasil menciptakan jarum suntik yang akan menjadi dasar bagi medis modern. Letitia mendapatkan hak paten untuk penemuannya itu pada tahun 1899.

Algoritma Komputer

Ilustrasi algoritma komputer
Ilustrasi algoritma komputer/Foto: Pexels/Danny Meneses

Lovelace adalah anak dari Lord Byron, seorang jenius matematika. Lovelace bekerja dengan Charles Babbage di Universitas London dalam mengembangkan algoritme matematika untuk memprogram "mesin analitik" (komputer jadul). Berkat pengembangan yang dilakukannya itulah menjadikan Lovelace sebagai programmer komputer pertama.

Kue Keping Cokelat

Ilustrasi kue keping cokelat
Ilustrasi kue keping cokelat/Foto: Pexels/Oleg Magni

Ruth Wakefield berhasil mengukir namanya dalam sejarah kuliner. Pada tahun 1930, Wakefield sedang memanggang kue untuk para tamu di penginapannya dan menyadari bahwa ia kehabisan cokelat.

Sebagai gantinya, ia menggunakan potongan cokelat batangan semi-manis Nestle. Namun, cokelatnya tidak bercampur dan meleleh saat dipanggang dan menjadikan kue itu menjadi kue keping cokelat.

Tanpa ia duga kue tersebut malah disukai oleh tamu di penginapannya dan dari sinilah kue keping cokelat lahir menjadi kue yang disukai oleh banyak orang.

Kevlar

Ilustrasi kevlar
Ilustrasi kevlar/Foto: dok. technologystudent

Salah satu peneliti ahli kimia perempuan pertama, Stephanie Kwolek menemukan larutan polimer kristal cair pada tahun 1971. Melalui penemuan tersebut, Stephanie  menemukan Kevlar, bahan sintetis yang lima kali lebih kuat dari baja. Kevlar digunakan untuk membuat rompi anti peluru, kapal, pesawat, tali, kabel, dan banyak lagi.

Isolasi Sel Induk

Ann Tsukamoto
Ann Tsukamoto/Foto: dok. seejane.org

Penemuan yang satu ini adalah penemuan yang inovatif, sangat kompleks, dan sangat penting untuk pemahaman semua orang tentang kanker. Ann Tsukamoto adalah rekan-paten dari proses untuk mengisolasi sel induk manusia.

Tsukamoto telah menghasilkan kemajuan yang luar biasa dalam memahami sistem darah pasien kanker. Harapannya adalah suatu hari nanti bisa menjadi obat untuk kanker dan banyak penyakit lainnya. Ia mengarahkan penelitian lebih lanjut ke dalam pertumbuhan sel puncak dan biologi seluler di Stem Cells, Inc., California. 

Wah, keren banget ya, Beauties. Ternyata banyak perempuan di dunia ini yang cerdas dan mampu dalam menciptakan sesuatu dan inovasi yang memukau!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE