sign up SIGN UP

4 Negara yang Dikenal Ramah Pelajar untuk Menuntut Ilmu Di Luar Negeri

Cathlin Triana Mariama | Beautynesia
Rabu, 06 Jul 2022 09:45 WIB
4 Negara yang Dikenal Ramah Pelajar untuk Menuntut Ilmu Di Luar Negeri
caption

Masa SMA merupakan masa yang berharga untuk menentukan masa depan. Mungkin ada yang sejak kelas 1 SMA sudah memiliki target untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit di Indonesia, tetapi nggak sedikit yang memiliki impian untuk melanjutkan pendidikan kuliah di luar negeri.

Seperti peribahasa yang mengatakan, tuntutlah ilmu sampai Negeri China. Hal ini sejalan bagi kamu yang memiliki angan-angan untuk menuntut ilmu di negeri orang. Jangan ragu, mimpi itu nggak ada yang salah dan bisa jadi penyemangat kamu meraih cita-cita!

Namun, untuk kamu yang belum tahu ingin melanjutkan jenjang S1 di negara mana, kamu dapat mempertimbangkan beberapa negara yang dijuluki sebagai negara ramah bagi para pelajar ini. Ada apa saja? Yuk, simak:

1.  Australia

University of Queensland/ Foto: Website/uq.edu.au
University of Queensland/ Foto: Website/uq.edu.au

Melansir dari laman Kedutaan Besar Australia Indonesia, dalam sepuluh tahun terakhir Negara Australia telah menjadi pilihan dan tujuan belajar utama bagi WNI dengan perbandingan satu dari empat mahasiswa yang belajar di universitas luar negeri, memilih Australia. Bahkan pada tahun 2017, terdapat sebanyak 20.000 WNI yang mendaftar ke seluruh Lembaga Pendidikan Australia.

Australia menjadi sasaran menarik bagi WNI karena jarak yang tak terlalu jauh dengan Indonesia, terjangkau, aman, dan yang terpenting adalah memiliki universitas-universitas kelas dunia. Seperti University of Melbourne dan University of Queensland yang masuk dalam daftar 50 besar QS World University Rankings.

2.  Kanada

Alumni University of Toronto/ Foto: Website/utoronto.ca
Alumni University of Toronto/ Foto: Website/utoronto.ca

Pada tahun 2021, Kanada berhasil menjadi peringkat teratas sebagai negara terbaik berdasarkan hasil laporan US News & World Report. Hal ini sejalan dengan kualitas hidup dan keadaan sosial negara tersebut yang baik. Selain itu, Kanada juga sebagai negara terbaik memiliki sistem pendidikan yang berkualitas dengan kualifikasi yang diakui oleh dunia dengan biaya hidup lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Negara Amerika.

Terdapat beberapa kampus terbaik di Kanada yang bisa kamu pertimbangkan, seperti University of Toronto, McGill University, dan University of British Columbia yang menempati 50 besar QS World University Rankings.

3. Jerman

Heidelberg University/ Foto: Website/uni-heidelberg.de
Heidelberg University/ Foto: Website/uni-heidelberg.de

Negara yang satu ini memang terkenal dengan kemajuan teknologinya. Untuk kamu yang tertarik melanjutkan kuliah jurusan teknik, maka Negara Jerman bisa menjadi salah satu pertimbangan yang baik. Selain itu, biaya hidup di Jerman juga diketahui relatif terjangkau dibandingkan Negara Eropa lainnya.

Berikut beberapa kampus terbaik dan bergengsi di Jerman, seperti Technical University of Munich, Ludwig Maximilians Universitat Munchen, dan Heidelberg University yang memiliki banyak mahasiswa internasional.

4. Inggris

Menjadi negara yang memiliki banyak universitas terbaik dan bergengsi di dunia membuktikan bahwa sistem pendidikan yang ada pada Inggris menjadi salah satu sistem pendidikan terbaik untuk kamu tempuh. Mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan kuliah di Inggris akan memberikan kamu banyak pengalaman dan ilmu baru dari segi budaya, sosial, dan pendidikan yang berkualitas.

Tiga dari sepuluh universitas terbaik di dunia ditempati oleh Universitas yang berada di Inggris, seperti Oxford University, Cambridge University, dan Imperial College London. Tak heran, alumni kampus ternama di Inggris menjadi sosok hebat dan inspiratif.

Sudah memantapkan pilihan untuk berkuliah di negara-negara diatas ini, Beauties?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id