sign up SIGN UP

4 Hal Utama di Dunia Kerja Ini Jangan Selalu Diwajarkan, Fresh Graduate Wajib Catat!

Ivana Christy Tampubolon | Beautynesia
Rabu, 29 Jun 2022 12:30 WIB
4 Hal Utama di Dunia Kerja Ini Jangan Selalu Diwajarkan, Fresh Graduate Wajib Catat!
caption

Kebanyakan orang pasti akan melewati step mencari kerja setelah lulus kuliah. Tapi tahukah Beauties, kalau mencari kerja bisa menjadi buah simalakama, apalagi buat fresh graduate.

Tuntutan hidup mandiri dan memiliki penghasilan bikin fresh graduate biasanya kurang hati-hati menilai calon perusahaan yang dilamar. Demi mendapatkan pekerjaan, biasanya para pencari kerja suka mewajarkan hal-hal yang merugikan diri sendiri.

Kalau kurang hati-hati dan mewajarkan, bisa menjebak kamu dan bikin nggak nyaman kerja. Cek empat hal ini sebelum kamu memutuskan menerima tawaran pekerjaan ya, Beauties. Simak yuk!

1. Status Karyawan

Pastikan Status Kamu Sebagai Karyawan/pexels.com/Thirdman
Pastikan Status Kamu Sebagai Karyawan/pexels.com/Thirdman

Pada umumnya status karyawan itu ada 2, karyawan kontrak dan karyawan tetap. Yang paling sering diwajarkan adalah kecurangan soal status karyawan kontrak.

Dikutip dari Gajimu.com, karyawan kontrak ada 2 jenisnya berdasarkan UU Cipta Kerja, yaitu pekerja kontrak berdasarkan waktu dan berdasarkan pekerjaan. Kalau berdasarkan waktu, seseorang boleh jadi karyawan kontrak maksimal 5 tahun.

Kalau berdasarkan pekerjaan, tergantung kesepakatan pekerja dan perusahaan sesuai perkiraan berapa lama pekerjaan itu akan selesai. Jadi, kalau Beauties udah jadi pekerja kontrak selama 5 tahun, kamu punya hak untuk diangkat jadi pegawai tetap.

2. THR (Tunjangan Hari Raya)

Jangan Mewajarkan THR Kamu Tidak Dibayar/Foto : finance.detik.com/Nadia Permatasari
Jangan Mewajarkan THR Kamu Tidak Dibayar/Foto : finance.detik.com/Nadia Permatasari

THR juga jadi poin krusial yang dipahami aturannya buat para fresh graduate. Baik karyawan tetap dan karyawan kontrak tetap bisa dapat THR dan perhitungannya pun sama.

Dilansir dari CNBC Indonesia, perhitungan THR untuk karyawan tetap dan kontrak tetap berdasarkan berapa lama masa dia bekerja. Yang sudah bekerja selama 12 bulan, akan mendapatkan satu bulan gaji.

Lalu, yang di bawah 12 bulan, akan dihitung dengan cara THR = lama masa kerja (bulan) X gaji bulanan. Jangan diwajarkan ya Beauties kalau perusahaan bilang karyawan kontrak belum bisa dapat THR.

3. Jam Kerja

Jangan Mau Lembur Dibayar Gratis/Foto : pexels.com/Anna Nekrashevich
Jangan Mau Lembur Dibayar Gratis/Foto : pexels.com/Anna Nekrashevich

Banyak pekerja fresh graduate yang mewajarkan lembur tak dibayar karena tidak tau aturannya atau karena takut tidak dianggap loyal oleh atasan. Dan tak sedikit juga yang ditipu perusahaan karena didoktrin siap bekerja 24/7 adalah kewajiban pekerja.

Berdasarkan UU No. 13/2003  dan UU No. 21/2020, jumlah jam kerja ada 2 jenis. 7 jam/hari untuk 6 hari kerja/minggu dan 8jam/hari untuk 5 hari kerja.

Lebih dari itu, masuk jadi hitungan lembur dan wajib diberi upah lembur. Bahkan, dalam Peraturan Pemerintah No. 35/2021, lama waktu lembur pun diperbolehkan maksimal 4 jam.

Tidak perlu takut kalau saat diminta lembur, kamu memastikan lembur kamu dibayar. Jangan mau mewajarkan bekerja 24/7 untuk menyenangkan hati atasan.

4. Pekerja Wajib Pegang Kontrak

Kamu Berhak Punya Salinan Kontrak Kerja/Foto : pexels.com/SHVETS production
Kamu Berhak Punya Salinan Kontrak Kerja/Foto : pexels.com/SHVETS production

Ini adalah hal yang paling mendasar, tapi kenyataannya banyak perusahaan yang mewajarkan tidak memberikan salinan kontrak pada pekerja. Dan sayangnya, masih banyak juga orang yang nggak tahu kalau ternyata punya salinan kontrak kerja adalah hak pekerja.

UU No 13 tahun 2003, di pasal 54 ayat 3 berbunyi “Perjanjian kerja sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dibuat sekurang-kurangnya rangkap 2 (dua), yang mempunyai kekuatan hukum yang sama, serta pekerja/buruh dan pengusaha masing-masing mendapat 1 (satu) perjanjian kerja.”

Sudah jelas ya, Beauties harus lebih teliti dan pastikan hak kamu mendapatkan salinan kontrak kerja dipenuhi oleh perusahaan.

Masih banyak sebenarnya hak pekerja yang harus diperhatikan, terutama para fresh graduate. Tapi yang 4 ini harus jadi perhatian utama kamu saat melamar kerja. Jangan takut tanya dan diskusikan dengan perusahaan bagaimana kebijakan mereka untuk 4 hal di atas. Semangat mencoba Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id