STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

4 Trik Psikologis Agar Lawan Bicara Nyaman dan Tertarik Mengobrol Denganmu, Yuk Cobain!

Nadya Quamila | Beautynesia
Kamis, 09 Dec 2021 10:08 WIB
4 Trik Psikologis Agar Lawan Bicara Nyaman dan Tertarik Mengobrol Denganmu, Yuk Cobain!

Manusia adalah makhluk sosial; selama masih hidup di bumi ini, tentunya kita pasti butuh berinteraksi dengan orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, terlibat dalam percakapan dengan lawan bicara tentu bukanlah hal yang asing lagi. Baik itu rekan kerja, sahabat, keluarga, ataupun orang baru yang ditemui.

Tentu kamu ingin, dong, lawan bicara merasa nyaman saat mengobrol denganmu? Selain karena pembawaan diri, ternyata ada trik psikologis yang bisa kamu terapkan agar lawan bicara merasa nyaman saat berbincang denganmu, lho!

Tidak perlu mengubah kepribadian atau berpura-pura menjadi orang lain, berikut 4 trik psikologis dilansir dari Bustle yang bisa kamu terapkan. Yuk, disimak!

Sebut Nama Lawan Bicara

Kalau kamu merasa ada di jurusan yang salah, kamu bisa mencari tempat belajar lainnya untuk mengasah skill yang diminati.Ilustrasi mengobrol/Foto: Freepik

Trik psikologis pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyebutkan nama lawan bicara dalam sebuah percakapan. Menurut Dr Lindsay Henderson, seorang psikolog, nama adalah bagian yang tidak terpisahkan dari identitas seseorang.

Ketika kamu menyebutkan nama lawan bicara, itu artinya kamu menghargai mereka. Tidak hanya menunjukkan bahwa kamu mengingat nama mereka, tetapi juga membantu menciptakan hubungan yang terjalin dengan baik.

"Lawan bicara akan merasa divalidasi ketika seseorang menyebut nama mereka selama percakapan," ungkap Dr Lindsay Henderson.

Tiru Bahasa Tubuh

Ilustrasi mengobrol.Ilustrasi mengobrol/Foto: Freepik

Di dalam sebuah percakapan, entah kamu atau lawan bicara mungkin akan mengeluarkan beberapa bahasa tubuh, baik disadari maupun tidak disadari. Nah, meniru bahasa tubuh lawan bicara ternyata bisa membuat mereka merasa nyaman, lho!

Menurut psikolog klinis, Dr Charlynn Ruan, mencerminkan atau meniru bahasa tubuh seseorang saat mereka berbicara dapat mengirim pesan halus bahwa mereka merasa dipahami.

Sebagai contoh, kamu bisa mencondongkan tubuh saat lawan bicara bersandar, ikut menyilangkan kaki, dan memegang tangan dalam posisi yang sama dengan lawan bicara. Namun yang harus diperhatikan adalah pastikan jangan melakukannya secara berlebihan, ya!

Tunjukkan Ketertarikan

Sahabat yang cocok berdasarkan zodiak (foto: pexels.com/julia larson)Ilustrasi mengobrol/Foto: Pexels.com/Julia Larson

Trik psikologis lainnya yang bisa dilakukan adalah tunjukkan ketertarikan kepada lawan bicara. Mungkin terdengar sangat sederhana, namun justru hal ini bisa berperan penting, lho!

Jika kamu ingin membangun hubungan dengan lawan bicara, entah persahabatan, profesional, dan lainnya, tunjukkanlah bahwa kamu menyukai mereka. Namun, jangan berlebihan ya, Beauties.

Untuk menunjukkan bahwa kamu tertarik atau menyukai lawan bicara pun tidak harus diutarakan secara eksplisit. Ada banyak cara yang bisa menunjukkan bahwa kamu tertarik dengan mereka. Contohnya bersikap antusias saat lawan bicara membagikan ide dan menyetujui opini yang mereka bagikan dan sejalan dengan pemahamanmu.

Tidak hanya membuat lawan bicara merasa nyaman, ini juga merupakan sebuah sikap menghormati orang lain.

Mendengarkan dengan Baik

Tipe pacaran zodiak ScorpioIlustrasi mengobrol/Foto: Freepik.com/ ArthurHidden

Last but not least, hal terpenting dalam sebuah percakapan adalah kemampuan untuk mendengarkan. Banyak orang yang kesulitan untuk mendengarkan karena hanya ingin terus membicarakan tentang dirinya. Atau di lain kasus, banyak yang sudah mendengarkan, namun hanya untuk sekadar kepo, bukan untuk memahami lawan bicara.

Maka, pastikan kamu benar-benar mendengarkan apa yang diucapkan oleh lawan bicara agar membuatnya nyaman. Cobalah untuk fokus dan tatap mata mereka saat sedang mengobrol. Dengarkan untuk memahami, bukan dengarkan hanya sekadar untuk membalas.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE