5 Bisnis Kaesang yang Tutup, Ternyata Nggak Semuanya Laku
Kaesang Pangarep sempat dapat perhatian publik setelah namanya disebut sebagai bakal calon wali kota Depok. Isu tersebut makin ramai beredar setelah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pasang baliho yang menyatakan dukungan untuk putra Joko Widodo itu.
Namun seperti yang dilansir dari Detiknews, Presiden Jokowi memastikan Kaesang tidak akan mau dalam Pemilihan Walikota Depok 2024.
Sebelumnya, Kaesang yang sering pasang meme di X (Twitter) itu juga dikenal sebagai pebisnis, Beauties. Sederet bisnisnya bahkan ramai diulas oleh masyarakat. CNBC Indonesia menyampaikan mayoritas bisnisnya bergerak di bidang makanan dan minuman. Meski dengan popularitas yang tak perlu diragukan, ternyata ada beberapa bisnis Kaesang harus tutup dalam kurun waktu beberapa tahun saja sejak diluncurkan. Salah satunya bahkan disebut tidak laku di pasaran. Berikut deretan bisnis tersebut.
1. Ternakopi
Gerai Ternakopi by Kaesang / Foto: Devi Setya/detikfood |
Kopi semakin banyak diminati masyarakat belakangan ini. Namun itu bukan penjamin apa pun bisnis kopi akan sukses. Ternakopi yang dikembangkan Kaesang bersama kakaknya, Gibran Rakabuming, mulai tahun 2019, misalnya. Mereka berhasil mencatat 40Â gerai yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia, sebelum tutup karena tidak banyak pelanggan akibat pandemi. "Kemarin sebenarnya sempat sebelum pandemi kita punya hampir 40 outlet, cuma setelah pandemi, ya, hilang semua. Kenapa? Enggak laku," kata Kaesang seperti yang dikutip dari CNN Indonesia.
Goola
Foto: dok. detikFood
Terinspirasi dari minuman khas Indonesia, bisnis Goola menghadirkan minuman tradisional dengan pengemasan lebih modern. Bisnis ini berawal milik Gibran sebelum diserahkan ke Kaesang. Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia, Goola sudah tidak berjalan. Unggahan terakhir Goola di Instagram dilakukan 3 tahun lalu, tepatnya 7 November 2020.
Â
Sang Javas
Foto: Instagram.com/kaesangp
Ada pula jenama fashion yang masuk daftar selanjutnya. Sang Javas khas dengan gambar kecebong pada desain kaosnya. Merek ini berhasil curi perhatian netizen saat pertama kali rilis. Kaesang menjelaskan ilustrasi kecebong terinspirasi dari perilaku masyarakat di media sosial. Kata ‘Cebong’ juga merupakan panggilan buat pendukung berat Jokowi di Pemilu 2014. Melihat unggahan terakhir Instagram Sang Javas yang dilakukan 3 tahun lalu, yaitu pada 17 Agustus 2020, tampak seperti bisnis ini sudah tidak berjalan.
Masih ada 2 bisnis Kaesang Pangarep lain yang bisa kamu baca selengkapnya di sini, Beauties!
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!
Â
Gerai Ternakopi by Kaesang / Foto: Devi Setya/detikfood