5 Cara Cerdas Menegur Rekan Kerja yang Kasar

Rini Apriliani | Beautynesia
Kamis, 31 Oct 2024 21:00 WIB
5 Cara Cerdas Menegur Rekan Kerja yang Kasar
Cara cerdas menegur rekan kerja yang kasar/Foto: freepik/pressfoto

Setiap orang tentu berharap agar selalu ditemukan dengan orang baik di mana pun ia berada. Namun, setiap orang juga tentu memiliki karakter yang berbeda-beda.

Salah satu hal yang menyesakkan adalah saat kita terjebak dengan orang yang kasar. Apalagi jika terjebaknya di tempat kerja, dimana tempat yang sulit untuk kita tinggalkan. 

Tergoda untuk membalas perbuatan buruknya adalah hal yang wajar. Namun, itu bukanlah cara cerdas membalasnya. 

Berikut ini sederet cara cerdas menegur rekan kerja yang kasar, yang bisa kamu lakukan. Simak!

1. Balas dengan Kebaikan

Scorpio sangat paham bahwa rekan kerja yang positif dapat menggiringnya ke dalam puncak kesuksesan/Foto: pexels.com/mikhail-nilov

Ilustrasi rekan kerja/Foto: pexels.com/mikhail-nilov

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membalas kekasarannya adalah dengan berlaku baik. Ucapkan terima kasih atas masukan mereka, akui sudut pandang mereka, dan berikan umpan balik yang mendukung bila memungkinkan. 

Dengan bersikap baik dan positif, mungkin saja bisa mengubah perilaku kasarnya. Namun, ini bukan berarti kamu harus berpura-pura ya. Kebaikan yang tulus bisa lebih terpancarkan, yang mungkin tidak langsung memberi hasil nyata, tapi bisa membuat lingkungan kerja jadi lebih menyenangkan untukmu. 

2. Berlaku Tegas, Tapi Sopan!

Terkadang, bersikap baik pada orang yang kasar tidaklah cukup. Saat seperti ini, kamu bisa bersikap tegas, tapi harus tetap sopan. 

Penolakan yang tegas dan sopan melibatkan pembelaan diri dengan cara yang terhormat. Ini bukan tentang bersikap agresif atau konfrontatif. Sebaliknya, ini berfokus pada upaya menyampaikan pendapat dan menetapkan batasan. 

Jangan takut berlaku tegas untuk membela diri sendiri ya, Beauties!

3. Pakai Humor sebagai Alat Pengalihan Perhatian

Ilustrasi bahagia

Ilustrasi tertawa/Foto: Freepik/Freepik

Melansir Personal Branding Blog, humor adalah alat yang ampuh untuk menghadapi beragam situasi dan orang yang sulit. Humor juga bisa meredakan ketegangan, hingga menenangkan rekan kerja yang kasar. 

Bukan maksudnya menggunakan humor untuk mengolok-ngolok rekan kerja yang kasar tersebut, namun humor bisa meringankan suasana. Bersikaplah tenang, jangan biarkan kenegatifannya memengaruhi suasana hatimu!

4. Batasi Interaksi Dengannya

Ketika sederet cara di atas sudah kamu lakukan, tapi tidak memberikan perubahan, cobalah mulai batasi interaksi dengannya. Mungkin kamu tidak dapat menghindarinya sepanjang waktu, tapi cara ini bisa menentukan seberapa sering kamu harus berinteraksi dengannya. 

5. Dokumentasikan!

Ilustrasi merekam dengan ponsel

Ilustrasi merekam/Foto: Getty Images/iStockphoto/Deepak Sethi

Cara cerdas terakhir yang bisa dilakukan untuk menegur rekan kerja yang kasar adalah dengan mendokumentasikannya. Apalagi jika ia sudah sering berlaku kasar tersebut. 

Hal ini bisa menjadi bukti jika ingin kamu laporkan kepada atasan, untuk meminta bantuannya menangani hal ini. Demikianlah melansir Indeed. 

Beauties, itu dia sederet cara cerdas menegur rekan kerja yang kasar. Tanpa perlu ribut-ribut, cara di atas bisa membuatnya 'kapok' juga. Jangan takut untuk membela diri jika kamu tidak salah ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE