sign up SIGN UP

5 Cara Mengembalikan Semangat Bekerja Usai Libur Lebaran, Beauties Wajib Coba!

Salsabila Rimawan | Beautynesia
Senin, 09 May 2022 07:15 WIB
5 Cara Mengembalikan Semangat Bekerja Usai Libur Lebaran, Beauties Wajib Coba!
caption

Setelah menghabiskan libur Lebaran dengan sukacita, beberapa hari setelahnya pun kamu harus kembali menjalani rutinitas seperti biasa, yaitu bekerja. Kembali ke kesibukan di tempat kerja setelah liburan mungkin bisa sangat menakutkan. Kamu harus kembali rapat membahas target, melakukan rutinitas di kantor, ataupun membalas email yang menumpuk.

Kembali bekerja pasca libur Lebaran bisa jadi membuatmu tidak semangat dan kewalahan. Untuk mengatasinya, kamu harus menyiapkan beberapa hal berikut agar bekerja tetap semangat walaupun setelah menjalani libur Lebaran. Keep scrolling down, Beauties!

Persiapkan Rutinitas Harian

Semangat Kembali Bekerja Pasca Libur Lebaran dengan 5 Tips Berikut Ini
Persiapkan Diri/Foto: pexels.com/Mart Production

Merasa termotivasi pada hari pertama kembali bekerja bisa dimulai dengan beberapa persiapan sebelumnya. Jika kamu biasanya perlu bangun pagi untuk bekerja, kali ini, kamu bisa lebih santai.

Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan pakaian pada malam sebelum hari kamu kembali bekerja, dan memastikan bahwa kamu memiliki sarapan yang baik. Tiba sedikit lebih awal di kantor juga dapat membantumu memulai lebih dulu to-do-list yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Buat Daftar dan Prioritaskan

Semangat Kembali Bekerja Pasca Libur Lebaran dengan 5 Tips Berikut Ini
To Do List/Foto: pexels.com/Startup Stock

Buatlah daftar semua tugas yang harus kamu selesaikan dalam urutan prioritas, kategorikan apa yang mendesak dan perlu dilakukan sesegera mungkin, dan apa yang bisa menunggu hingga minggu berikutnya. 

Kamu juga bisa memecah proyek besar menjadi tugas yang lebih kecil sehingga mudah dikelola. Ini juga akan membantumu merasa lebih teratur. Kemudian, mencentang hal-hal dari daftar juga adalah cara yang bagus untuk membantumu merasa berhasil dan termotivasi untuk menyelesaikan lebih banyak hal lagi.

Kembali Bersosialisasi

Semangat Kembali Bekerja Pasca Libur Lebaran dengan 5 Tips Berikut Ini
Kembali Bersosialisasi/Foto: pexels.com/Christina Morillo

Bersosialisasi kembali dengan rekan kerja adalah cara yang bagus untuk membantumu merasa termotivasi dan bahagia untuk kembali bekerja. Membahas pekerjaan dan apa yang terjadi saat sedang berlibur bisa membantu menaikkan mood.

Percakapan untuk berbagi tugas juga dapat membantu mengurangi beban dan membantumu untuk menyadari bahwa kamu tidak sendirian dalam mengemban beban kerja tersebut. Selain itu, berencana untuk makan siang bersama dan bertemu dengan rekan kerja juga dapat membantumu semakin semangat menjalani hari.

Jauhkan Distraksi

Semangat Kembali Bekerja Pasca Libur Lebaran dengan 5 Tips Berikut Ini
Fokus/Foto: pexels.com/Moose Photos

Meskipun mungkin tergoda untuk memeriksa media sosial dan mengirim pesan kepada teman-teman pada hari pertama kembali bekerja, ketahuilah bahwa media sosial, berita, dan apa pun yang tidak terkait dengan pekerjaan akan membuatmu sulit memusatkan perhatian dan menyelesaikan sesuatu. 

Lebih baik, manfaatkan waktu berhargamu di tempat kerja dengan mematikan ponsel sehingga kamu bisa berkonsentrasi penuh pada tugas yang ada. Selain itu, cobalah menjadwalkan istirahat sejenak untuk membantumu meningkatkan motivasi.

Kontrol Diri

Semangat Kembali Bekerja Pasca Libur Lebaran dengan 5 Tips Berikut Ini
Semangat Bekerja/Foto: pexels.com/Yan Krukov

Last but not least, trik terbaik untuk mengatasi kesedihan pasca-liburan adalah melalui beberapa hari pertama kembali bekerja. Mengabaikan gangguan apa pun, mengerjakan tugas-tugas yang paling mendesak dan menandai hal-hal dari daftar tugas dapat membantumu merasa termotivasi.

Jadi, setelah menerapkan beberapa trik di atas, kamu bisa terus termotivasi di hari kedua, ketiga dan seterusnya. Yuk, siapkan diri untuk menyambut hari pertama kembali bekerja!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id