sign up SIGN UP

5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak, Salah Satunya Nggak Pelit Ilmu dan Rajin Berbagi

Octavia Tunggal Dewi | Selasa, 02 Nov 2021 06:15 WIB
5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak, Salah Satunya Nggak Pelit Ilmu dan Rajin Berbagi
caption

Beauties, sesungguhnya tidak ada orang bodoh, hanya ada orang yang malas yang tidak mau berusaha merubah dirinya menjadi lebih baik.

Pasalnya, kecerdasan otak seseorang dapat dilatih untuk meningkatkan daya berpikir yang lebih baik. Terdapat beragam cara untuk meng-upgrade pola berpikir seseorang jika dilakukan secara konsisten. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kecerdasan otak. Yuk simak selengkapnya, Beauties!

1. Rajin Asah Kemampuan Berpikir

Rajin asah kemampuan berpikir
Asah Kemampuan Berpikir/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Rajin mengasah kemampuan berpikir dengan hal yang paling sederhana yaitu pengulangan. Seperti saat kamu telah mempelajari sesuatu maka cobalah untuk terus mengulangi pembelajaran tersebut.

Selain itu fokus pada sesuatu yang sedang kamu lakukan juga bagus untuk meningkatkan daya ingat otak. Aktivitas memori yang melibatkan seluruh bagian otak seperti berpikir dan mengingat membantu meningkatkan fungsi otak.

2. Terapkan Pola Makan Sehat

Terapkan pola makan sehat
Terapkan Pola Makan Sehat/Foto: Freepik.com/Jcomp

Salah satu cara meningkatkan kecerdasan otak yaitu dengan menerapkan pola makan sehat. Konsumsi buah dan sayur serta makanan yang mengandung nutrisi akan membuat otak menjadi lebih tajam dan mudah menyerap informasi. Beberapa makanan yang membantu kinerja otak menjadi lebih baik antara lain ikan, telur, sayuran, buah, kacang, dan lain sebagainya.

3. Tonton Tayangan Mendidik

Menonton tayangan yang mendidik
Tonton Tayangan yang Mendidik

Menonton tayangan yang mendidik akan membantu otak untuk tetap aktif. Mencerna setiap informasi baru adalah rutinitas baik yang dapat diterapkan setiap hari, seperti menonton tayangan berita, acara yang mengedukasi, dan lain sebagainya. Di dalam tayangan tersebut akan memperkenalkan informasi baru yang menarik sehingga memaksa otak untuk tetap bekerja yang pada akhirnya otak terbiasa untuk berpikir.

4. Mengajarkan Ilmu Baru Kepada Orang Lain

Mengajarkan ilmu baru kepada orang lain
Mengajarkan Ilmu Kepada Orang Lain/Foto: Freepik.com/Waayhomestudio

Jika kamu memiliki ilmu atau pelajaran baru dengan baik, maka cobalah untuk berbagi atau memberi tahu orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Sehingga kamu akan memahami ilmu atau informasi tersebut lebih dalam. Selain itu cobalah untuk bertukar pikiran dengan orang lain baik teman, kerabat, atau melalui media sosial karena hal tersebut dapat memperkuat otak dan memunculkan beragam inspirasi baru.

5. Menulis

Menulis
Menulis/Foto: Freepik.com/Drobotdean

Cara lain untukĀ meningkatkan kecerdasan otak adalah dengan menulis. Kamu dapat menulis berbagai ilmu, informasi, kreasi dan lain sebagainya secara konsisten karena akan meningkatkan daya ingat yang baik.

Selain itu, dengan menulis kamu juga dapat menyalurkan beragam pikiran yang mengganggu di kepala serta menambah kosakata yang kamu miliki. Sebab, menulis memiliki berbagai manfaat bukan hanya perihal edukasi melainkan juga dapat digunakan sebagai penyalur beban pikiran yang memicu stres.

Nah, itu dia beberapa cara untuk meningkatkan kecerdasan otak atau daya pikir seseorang. Sesungguhnya jika memiliki kemauan yang tinggi untuk terus berlatih maka akan mendapatkan hasil yang maksimal. Semangat Beauties, semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id