sign up SIGN UP

5 Cara yang Bisa Dicoba untuk Mengatasi Stres bagi para Introvert

Meydiana Adinda | Beautynesia
Sabtu, 30 Oct 2021 22:30 WIB
5 Cara yang Bisa Dicoba untuk Mengatasi Stres bagi para Introvert
caption

Stres adalah hal manusiawi yang pastinya pernah dialami oleh semua orang. Idealnya, stres tidak akan berbahaya selagi kita mampu mengelolanya dengan baik. Namun sebaliknya, pengelolaan stres yang buruk akan menyebabkan stres berkepanjangan. Hal ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan fisik dan mental kita. 

Menurut laman Help Guide, ada beberapa masalah kesehatan yang bisa timbul atau semakin parah akibat stres berat, seperti depresi dan kecemasan, gangguan tidur, penyakit autoimun, masalah pencernaan, masalah kulit, penyakit jantung, masalah berat badan, hingga masalah berpikir dan memori.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk dapat mengelola serta mengatasi stres yang dialami. Jika kamu adalah seseorang dengan kepribadian introvert, tentu kamu mesti menerapkan cara yang berbeda dengan para extrovert dalam mengatasi stres. Kalau kamu bingung apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stres, boleh simak artikel berikut ini!

1. Meditasi

Atasi stres
Atasi stres dengan meditasi/foto: pexels.com/andrea-piacquadio

Meditasi merupakan salah satu metode ampuh untuk mengatasi stres. Dilansir dari laman Calm Sage, melakukan meditasi secara teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa membantu melawan stres.

Aktivitas ini juga dapat membantu tubuh kita tetap relaks bahkan saat berada di bawah tekanan. Selain itu kamu juga mencoba berbagai cara meditasi sesuai kesukaanmu, seperti meditasi dengan alam, meditasi dengan hewan peliharaan, ataupun dengan menggunakan musik.

2. Journaling

Atasi stres
Atasi stres dengan journaling/foto: pexels.com/polina-kovaleva

Kegiatan journaling sangat cocok dilakukan oleh para introvert untuk mengatasi stres. Menurut laman Very Well Mind, menulis jurnal merupakan cara yang bagus untuk memproses emosi serta melatih pikiran agar tetap fokus pada hal yang positif.

Di dalam jurnal kita bisa menulis berbagai hal, mulai dari mengekspresikan emosi, merencanakan hal-hal penting, hingga merefleksikan diri.

3. Menonton Film

Atasi stres
Atasi stres dengan menonton film/foto: pexels.com/vlada-karpovich

Menonton film memang sangat ampuh dalam mengalihkan pikiran kita yang kalut akan banyak hal. Dilansir dari Psych Central, seorang terapis sinema, Birgit Wolz, PhD., MFT menjelaskan bahwa terapi sinema dapat menjadi katalis yang kuat untuk penyembuhan dan pertumbuhan bagi seseorang yang menontonnya. 

Terapi sinema juga memungkinkan kita untuk mendapatkan wawasan, inspirasi, serta pelepasan atau kelegaan emosional. Maka dari itu, tak ada salahnya jika kamu bersantai sejenak dengan menonton film atau series favoritmu!

4. Beberes Rumah

Atasi stres
Atasi stres dengan beberes rumah/foto: freepik.com/jcomp

Umumnya, para introvert sangat menyukai ruang sendiri yang menjadi tempat bagi mereka untuk mengisi ulang energinya. Maka dari itu, menjadikan ruangan tersebut tetap nyaman sangat penting untuk para introvert.

Meskipun kamu tak begitu menyukai kegiatan beberes, tapi ketika kamu telah berhasil mengatur ruanganmu menjadi lebih nyaman, perasaanmu pun akan turut bahagia dan senang.

5. Berkebun

Atasi stres
Atasi stres dengan berkebun/foto: pexels.com/cottonbro

Introvert umumnya tidak begitu suka dengan keramaian. Maka dari itu, kegiatan berkebun yang tenang dapat menjadi pilihan tepat bagimu untuk melepas stres. Dilansir dari Healthline, beberapa studi menunjukkan bahwa berkebun atau terapi hortikultura dapat meredakan kortisol yang merupakan hormon stres. Ia juga dapat mengurangi gejala anxiety dan depresi.

Nah, itu dia beberapa cara ampuh mengatasi stres untuk para introvert. Tetap usahakan untuk berpikir positif dan sayangi dirimu ya, Beauties!

-----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id