sign up SIGN UP

5 Cara yang Bisa Dilakukan Agar Merasa Bahagia Saat Bangun Tidur Menurut Ahli, Cobain yuk!

Retno Anggraini | Beautynesia
Minggu, 10 Jul 2022 23:00 WIB
5 Cara yang Bisa Dilakukan Agar Merasa Bahagia Saat Bangun Tidur Menurut Ahli, Cobain yuk!
caption

Beauties, apa kamu pernah merasa gelisah ketika bangun tidur padahal belum menjalani aktivitas seperti biasa? Rasa gelisah yang kamu rasakan ketika bangun tidur bisa menjadi awal yang tidak baik untuk kamu beraktivitas, lho!

Agar hari kamu berjalan dengan baik dan penuh rasa positif, kamu harus merasa bahagia dulu saat bangun tidur. Melansir Byrdie, berikut 5 cara yang bisa kamu lakukan agar merasa bahagia saat bangun tidur menurut ahli terapi. 

Awali Pagi dengan Bersyukur

Awali pagi dengan bersyukur
Awali pagi dengan bersyukur/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Setiap orang memiliki hari yang berbeda-beda, mulai dari semua hal berjalan dengan lancar hingga ada saja hal-hal tak terduga yang membuat kesal. Meski begitu, hari-hari yang kita lalui pasti memiliki hal yang bisa kita syukuri.

Sebelum membersihkan tempat tidur atau menyikat gigi, luangkanlah sedikit waktu untuk menulis tiga hal yang kamu syukuri dari hari yang telah kamu lewati. Ucapkanlah tiga hal yang telah kamu tulis dan jangan lupa untuk berterima kasih pada Tuhan dan alam semesta.

Tersenyum

Tersenyum
Tersenyum/Foto: Freepik.com/halayalex

Faktanya, tindakan tersenyum dapat menipu pikiran kita untuk merasa lebih bahagia. Saat tersenyum, tubuh akan melepaskan hormon bahagia, seperti endorfin. Berdasarkan penelitian, orang dewasa lebih sedikit tersenyum dibandingkan anak-anak. Orang dewasa tersenyum sebanyak 12 kali sehari, sedangkan anak-anak tersenyum sebanyak 150 kali sehari.

Ambil Napas Dalam-dalam

Ambil napas dalam-dalam
Ambil napas dalam-dalam/Foto: Freepik.com/lifeforstock

Sisihkan beberapa menit setelah bangun tidur untuk mengambil napas dalam-dalam dan melepaskannya secara perlahan. Mengambil napas dalam-dalam memiliki efek meningkatkan suasana hati yang luar biasa. Melakukan pernapasan dalam akan memperluas diafragma, lalu mengantarkan oksigen ke semua sel tubuh dan mengeluarkan racun yang ada di paru-paru.

Menikmati Alam

Berjalan-jalan di luar
Berjalan-jalan di luar/Foto: Freepik.com/senivpetro

Menurut ahli terapi, orang yang paling bahagia adalah mereka yang sering berjemur di bawah matahari pagi dan menikmati alam sesering mungkin. Alam memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dan membangkitkan indra tubuh, mengurangi stres, kecemasan, depresi, serta meningkatkan kreativitas dan produktivitas.

Alam mengingatkan kita bahwa ada sesuatu yang lebih besar di luar sana. Tidak perlu pergi ke pantai atau hutan agar dapat merasakan manfaat ini. Cukup luangkan waktu untuk jalan-jalan di sekitar lingkungan rumah kamu atau menghabiskan waktu satu jam di taman terdekat.

Bermain dengan Hewan Peliharaan

Bermain dengan hewan peliharaan
Bermain dengan hewan peliharaan/Foto: Freepik.com/tonodiaz

Hewan peliharaan bisa jadi sumber hiburan dan kegembiraan yang luar biasa. Berdasarkan penelitian di tahun 2014, tekanan darah manusia akan menurun saat mereka memelihara dan bermain dengan hewan peliharaannya.

Hewan peliharaan membuat diri merasa terhubung sekaligus memiliki efek yang menenangkan. Hewan peliharaan akan membuat kamu tersenyum dan tertawa di pagi hari.

Itulah lima cara yang bisa kamu lakukan agar merasa bahagia saat bangun tidur. Kunci dari hari yang kamu jalani penuh dengan kebahagiaan atau tidak berawal dari perasaan yang kamu rasakan saat bangun tidur. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id