sign up SIGN UP

6 Cara Kembali Tidur Nyenyak Saat Tiba-tiba Terbangun di Tengah Malam

Aqillah Diaz | Beautynesia
Senin, 04 Jul 2022 22:30 WIB
6 Cara Kembali Tidur Nyenyak Saat Tiba-tiba Terbangun di Tengah Malam
caption
Jakarta -

Kebiasaan terbangun di tengah malam merupakan salah satu kondisi yang cukup mengganggu. Apalagi hal ini terjadi ketika kita sedang beristirahat setelah melakukan aktivitas.

Beberapa orang mengalami hal ini dikarenakan terlalu lelah atau stres ketika sedang mengerjakan suatu pekerjaannya dan tentunya terbangun di malam hari dapat menyebabkan permasalahan kesehatan, seperti obesitas, kulit mudah keriput, depresi, bahkan dapat terkena serangan jantung.

Bahkan beberapa orang yang mengalami bangun di tengah malam juga mengalami kesulitan tidur lagi ketika sudah terbangun. Banyak hal yang dapat membuat kesulitan tidur terjadi, seperti terlalu banyak beban pikiran, lapar, cemas, dan bahkan suasana tempat tidur yang tidak nyaman.

Namun, kini kamu nggak perlu khawatir karena kamu bisa melakukan beberapa cara agar dapat kembali tidur nyenyak saat tiba-tiba terbangun di malam hari. Dilansir dari detikHealth, berikut beberapa penjelasannya, Beauties!

1. Mendengarkan Musik Untuk Menenangkan Diri

Relaksasi untuk meredakan overthinking dapat dilakukan seorang diri, baik dengan pernapasan atau mendengarkan musik.Mendengarkan Musik/Foto: Freepik.com/korshka

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk kembali tidur nyenyak saat terbangun adalah mendengarkan lagu. Alunan musik dapat meningkatkan kualitas tidur, terutama bagi kamu yang mengalami susah tidur atau insomnia.

Menurut penelitian, musik pengantar tidur dapat memperpanjang durasi tidur dan dapat membuat tidur lebih nyaman. Kamu juga bisa memilih jenis musik dengan alunan yang lembut dan hindari lagu yang berlirik rumit atau alunan terlalu cepat.

Hal ini justru akan membuat otak semakin aktif. Musik juga dapat memperlambat denyut jantung dan napas, menurunkan tekanan darah tinggi, serta dapat membuat otak lebih rileks, sehingga baik dilakukan ketika kamu susah tidur kembali.

2. Melakukan Meditasi

Meditasi sebelum tidurMeditasi/Foto: Pexels.com/Ivan Samkov

Meditasi adalah salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi hal ini. Dengan melakukan meditasi, tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Bahkan, meditasi juga dapat membuatmu memasuki tahapan tidur yang lebih dalam. Tak hanya baik dilakukan untuk membuatmu tidur lebih nyenyak saat terbangun tengah malam, tetapi meditasi juga dapat menurunkan tekanan darah, meredakan rasa sakit, serta mengatasi depresi.

Kamu bisa melakukannya dengan duduk atau berbaring, kemudian tutup kedua mata dan tarik napas perlahan dan buang secara perlahan. Usahakan ketika melakukannya kamu tetap dalam keadaan fokus dan kamu bisa melakukan meditasi setiap hari selama 4 hingga 5 menit.

3. Hindari Mencari dan Bermain Ponsel

Sering Main HP di Tempat Gelap? Awas! 4 Bahaya Ini Mengintai/ Foto: pexels.com/Mikotoraw PhotographerrMain Ponsel/ Foto: pexels.com/Mikotoraw Photographerr

Ketika kamu terbangun tengah malam, usahakan untuk tidak mencari dan bermain ponsel, karena ini akan dapat membuatmu susah untuk tidur kembali. Jangan coba-coba untuk mengecek media sosial karena akan membuatmu kecanduan untuk terus menatap layar ponsel, yang mana cahayanya ini bisa mengacaukan hormon, yang membuatmu kehilangan rasa kantuk. 

4. Berlatih Teknik Pernapasan

Pernapasan merupakan teknik nomor satu dan paling efektif untuk mengurangi kemarahan dan kecemasan dengan cepatBerlatih Teknik Pernapasan/Foto: Freepik.com

Salah satu teknik pernapasan yang bisa membantumu untuk cepat tidur kembali adalah teknik pernapasan 4-7-8 . Teknik ini terdiri dari beberapa pola pernapasan, yakni :

  • Menempatkan ujung lidah di belakang gigi depan bagian atas
  • Menghembuskan napas dari mulut kuat-kuat hingga terdengar suara
  • Merapatkan bibir, kemudian tarik napas dalam-dalam melalui hidung sambil menghitung hingga hitungan ke 4
  • Tahan napas selama 7 hitungan
  • Buka kembali bibir dan hembuskan napas kuat-kuat melalui mulut selama 8 hitungan
  • Dan ulangi cara ini setidaknya 3 kali

Dengan melakukan teknik pernapasan ini akan membuatmu lebih rileks dan nyaman ketika akan tidur lagi.

5. Melakukan Relaksasi Otot

Relaksasi adalah hal yang penting agar tubuh relaksRelaksasi/foto: pexels.com/cottonbro

Dilansir dari detikHealth, melakukan relaksasi otot dapat membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih baik. Kamu bisa melakukan dengan menegangkan jari kaki selama lima detik kemudian santai.

Ulangi beberapa pola ini untuk menegangkan dan mengendurkan otot. Kamu juga bisa melakukan relaksasi otot dengan mengatur napas dalam-dalam agar dapat merasakan perut ketika naik dan turun.

6. Bangun dari Kasur

Segera buka jendela atau tirai setelah bangun tidur agar terasa lebih bersemangat.Bangun dari Kasur/Foto: freepik.com/jcomp

Apabila kamu terbangun selama kurang lebih 20 menit, ada baiknya kamu bangun dari kasur dan cobalah untuk melakukan aktivitas lai, seperti membaca buku atau menonton tv. Hal ini dilakukan agar kamu dapat mulai merasakan rasa kantuk dan kamu segera kembali ke tempat tidur untuk tidur kembali. Jangan terlalu lama diam di tempat tidur karena justru akan membuatmu lebih susah untuk tidur kembali.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kembali tidur nyenyak apabila tiba-tiba terbangun. Semoga beberapa cara di atas dapat bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id