STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Turut Menjaga Lingkungan, Gabung yuk!

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Jumat, 27 May 2022 20:30 WIB
5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Turut Menjaga Lingkungan, Gabung yuk!

Ada banyak permasalahan yang bisa ditemukan di dunia ini. Salah satunya adalah permasalahan lingkungan. Tentu bukan sebuah rahasia lagi jika saat ini kondisi lingkungan di berbagai penjuru mulai diberitakan memburuk. Mulai dari deforestasi, permasalahan sampah, pencemaran dan masih banyak lagi yang lainnya.

Anak muda, selaku agen yang diharapkan dapat membawa perubahan memang terkadang menghadapi berbagai kendala perihal tindakan yang bisa ia lakukan. Mungkin tidak sedikit yang berpikir bahwa dirinya tidak begitu bisa melakukan banyak hal untuk lingkungan.

Eits, tapi siapa sangka ternyata ada beberapa cara yang tetap bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan ini, lho. Dikutip dari Voice Of Youth, cara-cara berikut bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan.

Membentuk atau Bergabung dengan Organisasi Lingkungan

Ilustrasi bersama komunitas/ Foto: Freepik.com/user18755897
Ilustrasi bersama komunitas/ Foto: Freepik.com/user18755897

Cara pertama yang bisa diambil oleh anak muda untuk menjaga lingkungan adalah dengan membentuk ataupun bergabung dengan organisasi lingkungan. Jika membentuk suatu organisasi baru masih terasa sulit dilakukan, maka cobalah bergabung dengan organisasi lingkungan yang sudah ada.

Menemukan orang-orang dengan concern yang sama di sebuah organisasi akan membantu kamu untuk lebih berkembang. Bergabungnya kamu di suatu organisasi lingkungan akan memberi peluang besar bagi kamu untuk terlibat di berbagai projek yang mengangkat isu lingkungan.

Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk dapat memberikan dampak positif dan signifikan bagi lingkungan.

Mengurangi atau Mendaur Ulang Kertas

Ilustrasi bersama buku/ Foto: Freepik.com/freepik
Ilustrasi bersama buku/ Foto: Freepik.com/freepik

Coba pandang rak buku yang ada di kamar ataupun rumah kamu, Beauties. Apakah dari deretan buku yang ada tersebut terdapat buku-buku yang sudah selesai dibaca dan sekiranya tidak akan dibaca lagi? Atau kamu masih merasa bingung harus melakukan apa dengan buku-buku tersebut?

Jika ya, kamu bisa memilih untuk menjadikan buku tersebut bermanfaat. Caranya adalah dengan menyumbangkannya kepada pihak yang membutuhkan. Di lain sisi, Beauties juga bisa memilih untuk mendaur ulang kertas tersebut dengan menjualnya ke pihak yang ambil bagian di bidang tersebut.  

Kertas daur ulang ini bisa dijadikan bahan baku pembuatan buku sehingga dapat mengurangi jumlah pohon yang ditebang untuk dijadikan bahan baku pembuatan kertas kembali. Dengan begitu, Beauties setidaknya bisa memberikan kebermanfaatan meskipun secara tidak langsung bagi lingkungan.

Menghemat Sumber Daya

Ilustrasi mematikan keran air/ Foto: Freepik.com/family31
Ilustrasi mematikan keran air/ Foto: Freepik.com/family31

Tahukah kamu Beauties bahwa dari total 70% air yang tersedia, hanya 0,03 persennya yang merupakan air tawar. Oleh karena itu, bijaklah dalam pengehematan sumber daya, termasuk sumber daya air.

Hal-hal sederhana seperti mematikan keran saat menyikat gigi, durasi mandi yang lebih pendek dan lainnya bisa dilakukan sebagai upaya untuk turut berbuat baik pada lingkungan.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan penghematan energi dengan mematikan peralatan yang menggunakan sumber energi listrik saat tidak dipakai.

Membeli Produk Berkelanjutan

Ilustrasi menggunakan reusable bag/ Foto: Freepik.com/hendywilliamsino
Ilustrasi menggunakan reusable bag/ Foto: Freepik.com/hendywilliamsino

Plastik merupakan salah satu penyumbang paling signifikan terhadap pencemaran tanah dan laut yang bisa membahayakan bagi darat dan laut.  Mirisnya lagi, sampah plastik ini sangat sulit terurai dan sering dikonsumsi oleh hewan yang salah mengiranya sebagai makanan.

Oleh karenanya, mulailah menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan dengan memperhatikan setiap dampak lingkungan yang timbul pada produk yang dibeli. Jika dirasa produk yang dibeli sulit terurai dan pada akhirnya bisa mencemari lingkungan, maka cobalah alternatif lain yang lebih ramah terhadap lingkungan atau bahkan memiliki alasan untuk tidak jadi membelinya.

Cukup Beli yang Dibutuhkan Saja

Ilustrasi berbelanja/ Foto: Freepik.com/freepik
Ilustrasi berbelanja/ Foto: Freepik.com/freepik

Hal yang satu ini juga bisa dilakukan sebagai salah satu cara untuk memberikan dampak lebih positif terhadap lingkungan. Membeli barang yang benar-benar dibutuhkan serta mengesampingkan pembelian terhadap barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan bisa membuat hidupmu lebih bermakna.

Kamu juga terhindar dari pemborosan dan hidup dengan barang-barang yang bisa difungsikan secara maksimal. Alhasil, produk sampah yang bisa kamu hasilkan dari barang-barang tersebut pun bisa lebih sedikit.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE