STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

7 Tipe Batasan yang Perlu Beauties Terapkan Sehari-hari, Biar Kesehatan Jiwa Terjaga

Debby Diah Ekawati Erawan | Beautynesia
Kamis, 19 May 2022 22:15 WIB
7 Tipe Batasan yang Perlu Beauties Terapkan Sehari-hari, Biar Kesehatan Jiwa Terjaga

Beauties, pernah nggak merasa kelelahan karena sering kali menyetujui sesuatu hal yang sebetulnya tidak ingin Beauties lakukan? Misalnya, ketika ada seseorang yang meminta bantuan tetapi Beauties sedang keberatan melakukannya, di sisi lain merasa bersalah karena tidak menolong, tapi di sisi lain juga memiliki beberapa hal yang menjadi faktor keengganan untuk membantu. Karena itulah kita memang perlu memiliki berbagai batasan.

Mengapa batasan itu penting? Melansir dari Berkeley Wellbeing Institute, memiliki batasan bisa menjadi salah satu cara kita terhubung dengan diri sendiri dan orang-orang di sekitar. Memiliki batasan juga artinya menjaga diri kita dari lingkungan yang toxic, misalnya dari orang-orang yang tidak bisa menghargai orang lain atau suka melakukan tindak kekerasan. Dengan memiliki batasan bisa membantu kita berfokus pada hal-hal yang memang penting untuk kita, Beauties.

Nah, Menurut PsychCentral ada 7 batasan yang perlu kamu ketahui, lho, Beauties. Let’s find out!

1. Batasan Emosional

Batasan Emosional/Foto: Freepik/Jcomp
Batasan Emosional/Foto: Freepik/Jcomp

Sering merasa perasaanmu atau segala pikiran berkecamuk tidak mendapatkan validasi dan justru malah dikritik? Jika ya, Beauties perlu membuat batasan emosional. Batasan emosional membuat kita bertanggung jawab atas perasaan sendiri dan sebenarnya perlu dipahami reaksi orang lain, tidak bisa kita kontrol

Dengan menyadari pentingnya batasan emosional, Beauties juga bisa saling menghormati perasaan orang lain dan tidak oversharing hal yang bersifat pribadi. Kita jadi seperti memiliki rem, ya, Beauties..

Contoh batasan emosional:

“Aku merasa nggak nyaman kalau kamu terus membahas hal itu karena membuatku malu.”

2. Batasan Finansial dan Barang Pribadi

Batasan Finansial dan Material/ Foto: Freepik/Benzoix
Batasan Finansial dan Material/ Foto: Freepik/Benzoix

Nggak sedikit saat ini kita menemukan kasus “Yang meminjam lebih galak daripada yang meminjamkan”. Saat meminta pinjamannya segera dikembalikan tidak jarang justru yang meminjamkan malah mendapatkan omelan dari yang dipinjamkan.

Beauties pernah mengalaminya? Kalau Beauties memiliki batasan finansial, saat ada yang meminjam uang kepadamu, kamu jadi bisa menentukan untuk memilih meminjamkannya atau tidak. Beauties juga memiliki hak mau membelanjakan uang untuk apa, hal ini berlaku juga untuk hakmu digaji oleh tempatmu bekerja sesuai dengan kesepakatan.

Contoh batasan finansial dan barang pribadi:

“Tolong kalau mau pinjam barang-barangku izin dulu, ya.”

3. Batasan Mutlak

Batasan Mutlak/Foto: Freepik/Freepik
Batasan Mutlak/Foto: Freepik/Freepik

Batasan ini biasanya berkaitan dengan isu-isu keamanan seperti kekerasan emosional dan fisik, kesetiaan dalam hubungan, penggunaan narkoba atau alkohol, dan penyakit kritis. Secara garis besar kita membutuhkan batasan ini, namun Beauties juga perlu berhati-hati agar tidak menetapkan terlalu banyak batasan dalam kategori ini, ya.

Contoh batasan yang tidak dapat dinegosiasikan:

“Harus dipastikan sudah vaksin dan swab antigen dulu, ya. Karena aku memiliki penyakit komorbid.”

 

4. Batasan Fisik

Batasan Fisik/Foto: Freepik/Freepik
Batasan Fisik/Foto: Freepik/Freepik

Batasan secara fisik mendefinisikan secara jelas tentang hal yang berkaitan dengan tubuh kita. Batasan itu menunjukkan sejauh mana atau sentuhan fisik seperti apa yang masih membuat Beauties tidak merasa risih. Batasan fisik ini juga berlaku tidak hanya untuk tubuh kita, melainkan juga untuk ruang pribadi kita, Beauties.

Contoh batasan fisik:

“Saya tidak suka dirangkul seperti ini.”

“Tolong jangan membawa hewan peliharaan ke rumahku, ya. Karena aku alergi bulu.”

5. Batasan Seksual

Batasan Seksual/Foto: Freepik/Halayalex
Batasan Seksual/Foto: Freepik/Halayalex

Saat Beauties sudah menikah, Beauties juga tetap memiliki hak untuk menyetujui atau tidak saat melakukan hubungan seksual. Beauties juga memiliki hak untuk meminta apa yang Beauties sukai dan seberapa dalam keintiman yang Beauties inginkan. Eits, batasan seksual juga penting untuk Beauties yang belum menikah, supaya tidak melanggar hal-hal yang selama ini Beauties jaga.

Contoh batasan seksual:

“Berhubungan seksual hanya akan aku lakukan ketika sudah menikah.”

6. Batasan Spriritual atau Keagamaan

Batasan Spiritual/Foto: Freepik/Freepik
Batasan Spiritual/Foto: Freepik/Freepik

Memiliki batasan spiritual ini melindungi hak-hakmu untuk menyembah apa yang kamu yakini, mempraktikan ritual-ritual keagamaan sesuai dengan keyakinan.

Contoh batasan spritual:

“Aku izin salat dulu, ya.”

7. Batasan Waktu

Batasan Waktu/Foto: Freepik/Racool_studio
Batasan Waktu/Foto: Freepik/Racool_studio

Pastinya kita mau menggunakan waktu kita sebaik-baiknya, kan, Beauties? Tidak membiarkan orang lain menghabiskan waktu kita secara percuma atau terpaksa melakukan hal-hal yang tidak kita inginkan padahal waktu tersebut bisa kita gunakan untuk hal-hal yang positif dan membuat kita bahagia.

Contoh batasan waktu:

“Setiap weekend adalah waktuku bersama keluarga, hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan akan aku respons di hari kerja.”

Setelah mengetahui 7 tipe batasan ini, Beauties tidak perlu ragu untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, ya. Ingat, memiliki batasan itu penting, karena hal ini juga ada kaitannya dengan self-love, lho.

Tidak cuma itu, memiliki batasan-batasan ini juga bisa membuat kamu memiliki hubungan yang berkualitas dengan keluarga, teman, rekan kerja karena bisa menciptakan kondisi saling menghargai.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.