sign up SIGN UP

Menginspirasi dan Bisa Ditiru, Ini Cara Sarah Candra Istri Eross Sheila On 7 Dalam Upaya Mengurangi Pemakaian Plastik

Meuthia Khairani | Beautynesia
Selasa, 10 May 2022 11:46 WIB
Menginspirasi dan Bisa Ditiru, Ini Cara Sarah Candra Istri Eross Sheila On 7 Dalam Upaya Mengurangi Pemakaian Plastik
caption

Kalau kamu penggemar Sheila On 7, kamu pasti mengenal sosok Sarah Diorita alias Sarah Candra—istri Eross Candra, sang hits maker band asal Jogja tersebut.

Perempuan keturunan Prancis ini merupakan salah satu influencer yang concern terhadap lingkungan lho! Buat Beauties yang mem-follow instagram @sarahcandra sejak lama, pasti sudah tahu bahwa perempuan ini sangat peduli pada lingkungan dan alam sekitar.

Beautynesia telah mendapat izin kepada yang bersangkutan terkait caranya dalam upaya mengurangi penggunaan plastik untuk diulas. Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Memakai Botol Kaca Sebagai Kemasan Jus

Penggunaan botol kaca untuk mengurangi plastik/instagram.com/lokalokakitchenlab
Penggunaan botol kaca untuk mengurangi plastik/instagram.com/lokalokakitchenlab

Lewat instagram pribadinya, Sarah yang juga merupakan seorang entrepreneur menceritakan alasannya memilih botol kaca sebagai kemasan cold press juice yang dijualnya di Loka Loka Kitchen Lab—bisnis kue, makanan Prancis, dan jus sehat miliknya.

Menurutnya, Jogja yang notabenenya kota kecil memungkinkan pelanggan jus sehatnya untuk mengembalikan botol kaca ke kedai Loka Loka. Baginya, mencuci dan mensteril botol yang telah dipakai, merupakan hal yang cukup ribet, tapi dia merasa senang melakukannya.

Di akun Instagram, dirinya mengatakan bahwa ada kepuasan dan kelegaan tersendiri saat bisa turut menjaga lingkungan dengan tidak menggunakan botol plastik demi kepraktisan belaka. Wah, two thumbs untuk kontribusinya dalam menjaga alam ya, Beauties!

2. Memakai Kantong Eco-Friendly Sebagai Pengganti Plastik

Penggunaan kantong eco-friendly mengurangi limbah plastik/Instagram.com/sarahcandra
Penggunaan kantong eco-friendly mengurangi limbah plastik/Instagram.com/sarahcandra

Sarah memahami jumlah pemakaian plastik di negara kita sudah sangat tinggi. Untuk itu, dia sempat mencoba pemakaian kantong ramah lingkungan dari pati ketela. Namun, jika terkena air atau basah oleh embun dari botol jus, kantong tersebut mudah hancur. Dia juga pernah mencoba memakai kain perca, tetapi biaya pembuatannya yang cukup besar membuatnya harus mencari alternatif lain.

Akhirnya, pilihannya jatuh kepada kantong belanja yang eco-friendly untuk mengemas kue dan jus botolan yang diproduksinya di Loka Loka Kitchen Lab. Menurutnya, ini adalah pilihan yang paling tepat dibanding alternatif lain. Secara tampilan pun masih terlihat seperti kantong kresek biasa.

3. Menggunakan Tas Jaring untuk Berbagai Kebutuhan

Penggunaan tas jaring mengurangi limbah plastik/Instagram.com/sarahcandra
Penggunaan tas jaring mengurangi limbah plastik/Instagram.com/sarahcandra

Dalam kehidupan sehari-hari pun, Sarah konsisten menjadi zero waste fighter dengan memakai tas jaring untuk berbagai kebutuhan daripada memakai plastik. Dia menjadikan tas jaring sebagai kantong belanja di supermarket, menyimpan mainan anak, menaruh pakaian yang hendak di-laundry, menyimpan sayur di kulkas, bahkan untuk menaruh barang-barang saat travelling.

Bagaimana Beauties? Tertarik juga menerapkan gaya hidup yang ramah bumi seperti Sarah?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id