sign up SIGN UP

5 Fakta Menarik di Balik Gunung Semeru, Surganya Flora dan Fauna di Tanah Jawa

Cynthia Claudia | Beautynesia
Rabu, 08 Dec 2021 06:15 WIB
5 Fakta Menarik di Balik Gunung Semeru, Surganya Flora dan Fauna di Tanah Jawa
caption

Gunung Semeru yang berlokasi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur belum lama ini dikabarkan mengalami erupsi, tepat pada hari Sabtu (4/12), sekitar pukul 15.00 WIB.

Erupsi Gunung Semeru pun menyebabkan keluarnya awan panas guguran, sehingga banyak korban yang berjatuhan. Warga sekitar pun berusaha menghindari gumpalan awan, dan daerah sekitar yang mengalami pemadaman listrik. 

Meskipun erupsinya menimbulkan kepanikan, namun Gunung Semeru merupakan salah satu gunung berapi yang terkenal di Tanah Air. Disebut sebagai Gunung yang paling cantik, berikut adalah fakta menarik Gunung Semeru.

1. Merupakan Gunung dengan Puncak Tertinggi di Pulau Jawa

gunung semeru
gunung semeru/ Foto: Pixabay/ Astaman81

Fakta Gunung Semeru yang pertama adalah, gunung tersebut merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa. Puncak Gunung Semeru (yang disebut sebagai Puncak Mahameru) bahkan tingginya adalah 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl).

Gunung Semeru menempati peringkat sebagai gunung berapi tertinggi ketiga di Tanah Air, setelah Gunung Kerinci yang terletak di Sumatra dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. 

2. Adanya Gas Beracun di Puncak Mahameru 

gunung semeru
gunung semeru/ Foto: Pixabay/ Dwiprasetya10

Kawah yang terbentuk di Puncak Mahameru dikenal dengan sebuah nama, yaitu Jonggring Saloko. Para pendaki ketika meraih puncak tersebut disarankan untuk tidak menuju ke kawahnya, dan telah dilarang mendaki dari sebelah kanan, karena kemunculan gas beracun, aliran lahar, dan awan panas.

Letusan gas beracun dan awan panas ini biasanya terjadi setiap 15-30 menit pada puncak Gunung Semeru yang masih aktif. Para pendaki biasanya tidak disarankan untuk mendaki Gunung Semeru pada siang hari, karena biasanya angin akan mengarah menuju puncak, dan gas beracun serta letusan akan mengarah ke sana.

3. Keindahan Gunung Semeru: Merupakan Surga Bagi Flora dan Fauna 

gunung semeru
gunung semeru/ Foto: instagram.com/ellysa.yulia

Fakta menarik Gunung Semeru yang selanjutnya adalah Gunung Semeru termasuk sebagai kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Taman Nasional ini terdiri dari pegunungan dan lembah yang memiliki luas 50.273,3 hektar. 

Taman Nasional ini menyimpan sekitar 1.025 jenis flora dan 38 jenis fauna yang dilindungi pemerintah. Flora yang berada di wilayah sekitar Gunung Semeru macam-macam jenisnya dan semuanya sangat cantik, terdiri dari pohon cemara, pinus, akasia, dan jenis jamuku.

Sementara Gunung Semeru juga dikelilingi tumbuhan kirinyuh, tembelekan, alang-alang, edelwiss putih, dan harendong. Ada beberapa jenis anggrek endemik yang juga tumbuh di sekitar bagian selatan Gunung Semeru. 

Terkait fauna yang menghuni Gunung Semeru, ada beberapa macam. Kita dengan mudah dapat menemukan macan kumbang, luwak, kijang, ranu kumbolo, kancil, budeng, dan sebagainya. 

4. Letusan Pertama Terjadi Pada Tahun 1880an 

gunung semeru
gunung semeru/ Foto: instagram.com/bbtnbromotenggersemeru

Letusan pertama Gunung Semeru tercatat pada 8 November tahun 1818. Sekitar tahun 1829-1878, Gunung Semeru juga sempat meletus beberapa kali hingga menuju tahun 1913, namun informasi yang tercatat tidak banyak.

5. Kepercayaan Bagi Umat Hindu

gunung semeru
gunung semeru/ Foto: Detik.com/Umaruk Faruq

Menurut umat Hindu, Gunung Semeru merupakan rumah atau tempat bersemayam para dewa, dan merupakan sarana yang menghubungkan bumi (manusia) dan Khayangan. Masyarakat Jawa dan Bali terutama, banyak dari mereka yang menganggap gunung tersebut sebagai kediaman dari Hyang, Dewata, dan makhluk halus. 

Namun, menurut masyarakat Bali, gunung tersebut dipercaya sebagai Bapak Gunung Agung dan sangat dihormati. Upacara sesaji bahkan sering dilakukan masyarakat Bali kepada para dewa Gunung Semeru. Upacara tersebut pada umumnya dilakukan 8-12 tahun sekali ketika ada seseorang yang menerima surat gaib dari dewa gunungnya.

Itulah 5 fakta menarik Gunung Semeru, dilansir dari detikInet. Nggak heran ya Gunung Semeru sangat cantik, karena dikelilingi flora yang indah serta dipilih para fauna sebagai habitatnya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id