sign up SIGN UP

5 Jenis Gangguan Kecemasan, Kenali Ciri-Cirinya pada Dirimu dan Orang di Sekitarmu

Lifia Mawaddah Putri | Sabtu, 03 Jul 2021 13:30 WIB
5 Jenis Gangguan Kecemasan, Kenali Ciri-Cirinya pada Dirimu dan Orang di Sekitarmu
caption

Istilah anxiety atau gangguan kecemasan belakangan ini semakin marak dibicarakan. Gangguan kecemasan adalah istilah umum untuk kecemasan berlebihan yang tidak bisa dikendalikan oleh pengidapnya. Namun, jangan sampai keliru. Sebab, gangguan kecemasan memiliki beberapa jenis yang berbeda. Yuk kenali 5 diantaranya berikut ini!

Generalized Anxiety Disorder (GAD)

GAD adalah jenis gangguan kecemasan yang ditandai dengan rasa khawatir dan tegang yang berlebihan.
Stres/freepik.com

GAD adalah jenis gangguan kecemasan yang ditandai dengan rasa khawatir dan tegang yang berlebihan. Gejala ini bisa muncul bahkan ketika pengidap GAD sedang tidak menghadapi situasi yang menegangkan sama sekali. Jika kamu sering merasa cemas saat tidak terjadi apa-apa, bisa jadi itu adalah tanda GAD.

Gangguan Obsesif Kompulsif (OCD)

OCD adalah gangguan munculnya pikiran yang membuat seseorang jadi sangat terobsesi akan satu hal. Selain itu, mereka yang mengidap gangguan ini juga akan berulang-ulang melakukan hal tersebut. Bila tidak dilakukan, orang dengan OCD akan merasa sangat cemas dan tidak terkendali.

Gangguan Panik

Berbeda dari kecemasan biasa, gangguan panik bisa menyerang secara tiba-tiba. Selain itu, gangguan panik pun menunjukkan gejala-gejala fisik yang sering disalahartikan sebagai serangan jantung.
Stres/freepik.com

Berbeda dari kecemasan biasa, gangguan panik bisa menyerang secara tiba-tiba. Selain itu, gangguan panik pun menunjukkan gejala-gejala fisik yang sering disalahartikan sebagai serangan jantung. Tanda munculnya gangguan panik antara lain seperti rasa takut yang benar-benar intens, nyeri dada, detak jantung tidak teratur, napas berburu, pusing, dan sakit perut.

Fobia Sosial (Gangguan Kecemasan Sosial)

Merasa gugup saat bertemu orang lain, apalagi orang yang cukup penting itu adalah hal yang wajar. Tapi, ketika kamu selalu merasa gugup dan takut berada di lingkungan baru hingga berkeringat dan merasa mual, kamu perlu berhati-hati. Ini merupakan gejala seseorang mengalami gangguan kecemasan sosial.

Kecemasan ini timbul karena rasa khawatir bahwa perilakumu akan mempermalukan dirimu sendiri, menyinggung orang lain, atau kehadiranmu akan ditolak. Pastinya, kondisi ini akan membuatmu sulit untuk membangun hubungan dengan orang lain.

Post-traumatic Stress Disorder (PTSD)

Gangguan yang satu ini umumnya terjadi setelah seseorang mengalami kejadian yang traumatis.
Stres/freepik.com

Gangguan yang satu ini umumnya terjadi setelah seseorang mengalami kejadian yang traumatis. Misalnya seperti kejadian yang mengancam nyawa, membahayakan keselamatan, dan kejadian ekstrim lainnya. Seseorang yang mengalami PTSD akan terus menerus mengalami kilas balik tentang kejadian yang membuatnya trauma. Terutama saat ada pemicu yang mirip dengan kejadian traumatis yang pernah ia alami.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id