sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Alasan Kenapa Kita Sulit untuk Tetap Berteman dengan Mantan

Ruhil Anadiah Sabrina | Selasa, 29 Jun 2021 11:15 WIB
5 Alasan Kenapa Kita Sulit untuk Tetap Berteman dengan Mantan
mantan/pexels.com
Jakarta -

Menjalin pertemanan dengan mantan memang gak ada yang melarang, namun setelah putus hubungan tidak mudah lho untuk tetap berkawan dengan mantan kekasih. Hubungan yang sudah berakhir memang ada baiknya untuk gak diungkit-ungkit lagi, sebab bagaimana manisnya hubungan kalian dulu sudah gak sama lagi.

Selain itu akan lebih baik untuk move on dan fokus dengan hubunganmu ke depan saja. Nah berikut lima alasan yang membuat kita susah untuk tetap berteman dengan mantan. 

1. Masih memiliki perasaan dengan mantan 

mantan masa lalu
mantan masa lalu/pexels.com

Alasan pertama yang membuat kita sulit untuk tetap berteman dengan mantan yaitu, karena masih memiliki rasa cinta atau sayang. Meski hubungan kalian sudah berakhir, ternyata tidak menentukan perasaan sayang juga turut berakhir.

Berangkat dari situlah yang membuat kita jadi sulit untuk berteman lagi, karena takut perasaan tersebut tumbuh lebih besar padahal dia sudah gak ada rasa lagi sama kita. Hayo apakah kamu masih merasakan hal demikian? Gakpapa, perlahan-lahan pasti bisa move on kok.

2. Putus dengan cara yang tidak baik

pasangan sedang bertengkar
pasangan sedang bertengkar/pexels.com

Alasan selanjutnya yaitu karena putus dengan cara yang tidak baik-baik. Gak bisa dimungkiri sebagian dari kita setelah putus hubungan dengan mantan ada saja masalah yang belum selesai, putus dengan cara sepihak, karena diselingkuhi, hingga persoalan yang lain. 

Karena putus dengan cara inilah yang membuatmu jadi sulit untuk tetap berteman dengan mantan. Maka jika kecewa dan sakit hatimu belum hilang, ada baiknya untuk menyembuhkan perasaanmu dulu. 

3.Sudah punya kekasih atau pacar baru

pasangan kekasih
pasangan kekasih/pexels.com

Meski kamu dan mantan putus dengan cara baik-baik, ada lho hal yang membuat kalian jadi tetap sulit untuk berteman lagi, karena disebabkan kamu sudah punya kekasih atau pacar baru. Pasangan akan gak nyaman apabila kamu masih berhubungan dengan mantan, sebab ia bisa mengira kamu masih ada rasa dan mengharapkannya. 

Maka jauh lebih baik jika gak usah menjalin hubungan lagi. Fokus saja pada kekasihmu yang sekarang, supaya hubungan kalian tidak terjadi masalah. 

4. Menganggap mantan adalah kisah masa lalu yang gak perlu diungkit lagi

wanita galau cinta
wanita galau cinta/pexels.com

Alasan selanjutnya yaitu, menganggap mantan adalah kisah masa lalu yang tidak perlu dibahas lagi. Mungkin sebagian orang tidak masalah setelah putus langsung berteman dengan mantan, namun ada sebagian orang merasa kisah masa lalu sudah biarkan jadi masa lalu saja. Kamu menganggap berteman dengan mantan hanya akan buang-buang waktu dan bisa memunculkan masalah baru.

Makanya kamu memilih untuk melupakan apapun yang berhubungan dengannya dan kisah masa lalu kalian. Menurutmu setelah putus gak perlu lagi berteman, karena gak mau hidupmu terbebani bayang-bayang masa lalu. 

5. Luka masa lalu yang belum sembuh

wanita patah hati
wanita patah hati/pexels.com

Tidak mudah melupakan mantan kekasih. Apa yang ia lakukan, perlakuan yang ia tunjukkan di masa lalu, dan sakitnya dikhianati bisa memicu trauma tersendiri. Luka yang belum sepenuhnya sembuh ini membuatmu jadi sulit untuk memaafkannya. Semakin dipaksakan untuk baik-baik saja, semakin lama perasaan tersebut akan pulih. 

Sehingga kamu lebih memilih untuk memutus pertemanan sembari move on pelan-pelan. Dengan begitu kamu bisa berdamai dengan masa lalu. 

Itulah lima alasan yang membuat kita susah tetap berteman dengan mantan setelah putus. Jadi mana di antara lima alasan tersebut yang tepat dengan perasaanmu saat ini? 

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id