sign up SIGN UP

5 Jurusan Kuliah Relatif Sepi Peminat Ini, Justru Punya Prospek Kerja Menjanjikan!

Cathlin Triana Mariama | Beautynesia
Senin, 06 Jun 2022 12:20 WIB
5 Jurusan Kuliah Relatif Sepi Peminat Ini, Justru Punya Prospek Kerja Menjanjikan!
caption

Bagi anak SMA, Jurusan kuliah yang populer dan umumnya menjadi incaran untuk melanjutkan Pendidikan bagi anak IPA, biasanya nggak jauh-jauh dari kedokteran dan untuk anak IPS kerap memilih hukum, ekonomi, dan psikologi.

Memilih jurusan memang nggak semudah yang dibayangkan karena akan berpengaruh dengan karier dan masa depan kamu nantinya. Selain mengikuti passion, kamu juga perlu memperhatikan pesaing dan prospek kerja ke depannya. Sebaiknya tidak asal mengambil jurusan yang bahkan kamu belum tahu gambaran pekerjaan yang akan kamu geluti. Karenanya kamu perlu mencari tahu dulu ya, Beauties.

Nah, buat kamu yang lagi bingung menentukan jurusan kuliah dan nggak mau jurusan yang mainstream dan banyak saingan, tetapi tetap memiliki peluang kerja menjanjikan, maka kamu dapat mempertimbangkan beberapa jurusan berikut ini:

1.  Teknik Perkapalan

Ilustrasi Teknik Perkapalan/ Foto: Freepik/Freepik
Ilustrasi Teknik Perkapalan/ Foto: Freepik/Freepik

Jurusan Teknik termasuk salah satu jurusan yang favorit diambil oleh anak rumpun IPA. Namun, nggak semua jurusan teknik kerap menjadi pilihan dan populer. Salah satunya adalah Teknik perkapalan. Melansir dari detikEdu, prodi teknik perkapalan di Universitas Indonesia menjadi salah satu prodi yang sepi peminat pada tahun 2021.

Padahal, kalau kamu memilih jurusan ini dan menggelutinya, kamu bisa berkarier diberbagai industri perkapalan nasional. Mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan dan kaya akan sumber daya alam bawah laut, maka jurusan ini bisa sangat menjanjikan. Kamu dapat mencoba peluang karier di BUMN yang bergerak di bidang shipping dan perkapalan.

2. Sastra

Ilustrasi Sastra/ Foto: Kementerian Luar Negeri RI/Galeri
Ilustrasi Sastra/ Foto: Kementerian Luar Negeri RI/Galeri

Salah satu jurusan rumpun humaniora yang sepi adalah sastra. Baik sastra Rusia, sastra Belanda, sastra Prancis, sastra Cina memiliki peminat yang sedikit dibanding sastra Inggris yang selalu ramai peminat. Namun, siapa sangka kalau jurusan ini sebenarnya memiliki prospek kerja yang menjanjikan, lho.

Buat kamu yang tertarik mengambil jurusan sastra, kamu bisa bekerja di Kementerian Luar Negeri menjadi duta besar dan home staff, kedutaan besar negara asing, translator, interpreter, dan bekerja di multinational company. Dengan kemampuan kamu menguasai bahasa asing, kamu akan sangat dibutuhkan di dunia kerja.

3.  Geofisika

Ilustrasi Geofisika/ Foto: Freepik/Jcomp
Ilustrasi Geofisika/ Foto: Freepik/Jcomp

Jurusan yang satu ini memang cukup asing menjadi pilihan para anak SMA. Melansir dari detikEdu, geofisika menjadi jurusan saintek sepi peminat di UNPAD. Pada prodi ini kamu akan belajar mengenai aspek-aspek fisik dan dinamika bumi serta gejala-gejala alam.

Oleh karena itu, lulusan geofisika sangat dibutuhkan oleh lembaga pemerintahan seperti LIPI pada bidang geoteknologi dan pusat penelitian fisika terapan, BMKG, dan industri minyak bumi dan gas.

4.  Teknik Biomedis

Teknik Biomedis/ Foto: Freepik/Freepik
Teknik Biomedis/ Foto: Freepik/Freepik

Jurusan yang satu ini memang tergolong sebagai jurusan yang baru di beberapa universitas di Indonesia. Secara garis besar, jurusan ini menggabungkan bidang ilmu teknik dan kedokteran.

Bagi kamu yang berminat memilih jurusan ini, mengutip dari detikEdu, prospek kerja lulusan ini sangat besar dan terbuka lebar, kamu dapat bekerja di laboratorium kesehatan, rumah sakit, perusahaan obat farmasi, lembaga penelitian, hingga menjadi tenaga pendidik.

5. Antropologi Sosial

Ilustrasi Antropologi Sosial/ Foto: Freepik/Ijeab
Ilustrasi Antropologi Sosial/ Foto: Freepik/Ijeab

Jurusan yang satu ini memang kurang begitu diminati oleh anak SMA. Namun, lulusan antropologi sosial sangat banyak dicari di dunia kerja karena jurusan ini mempelajari budaya dan hubungan antar manusia sehingga sangat cocok menggeluti bidang HRD, peneliti, dan antropolog.

Sudah nggak bingung lagi kan? Semoga ini memberikan gambaran bagi kamu untuk mempermudah dalam memilih jurusan ya. Semoga membantu!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id