sign up SIGN UP

Prospek Pekerjaan Jurusan Kuliah Sastra Korea, Bisa Kerja di Luar Negeri Hingga Jadi PNS Juga!

Sierra Ayuningtyas Muktisari | Beautynesia
Selasa, 24 May 2022 15:45 WIB
Prospek Pekerjaan Jurusan Kuliah Sastra Korea, Bisa Kerja di Luar Negeri Hingga Jadi PNS Juga!
caption
Jakarta -

Kebudayaan Korea yang sarat akan makna menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Tak hanya warga asli Negeri Ginseng tersebut saja, namun banyak orang dari belahan dunia lainnya juga tertarik untuk mempelajari kebudayaan Korea, Beauties.

Nah, kalau kamu juga memiliki tujuan yang sama, kamu bisa lho memilih jurusan kuliah Sastra Korea. Tak hanya belajar sesuai passion, namun prospek pekerjaan jurusan Sastra Korea yang menanti pun bisa mewujudkan cita-cita kamu yang ingin bekerja di luar negeri, atau bahkan bertemu idola.

Penasaran ada apa saja? Simak daftarnya berikut ini, yuk!

Penerjemah/Translator

Memiliki keahlian dalam bahasa asing juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapat tambahan uang saku.Ilustrasi profesi sebagai penerjemah/ Foto: freepik.com

Jika kamu memilih jurusan Sastra Korea, pekerjaan yang bisa kamu dapatkan setelah lulus nanti ialah penerjemah atau translator, yang disebut juga sebagai interpreter. Penerjemah yang dimaksud bisa dalam arti menerjemahkan tulisan atau bahkan secara lisan.

Seperti yang sering kamu lihat, di beberapa acara yang menampilkan artis Korea, pastinya terdapat seorang translator atau penerjemah bahasa Korea ke bahasa lainnya seperti bahasa Inggris atau bahkan bahasa Indonesia.

Selain menjadi pekerjaan yang menyenangkan, kamu bisa mendapat gaji yang cukup tinggi hingga berpeluang bertemu artis Korea favorit kamu, Beauties!

Tour Guide

Pemandu wisata adalah profesi yang bisa membuat seseorang bisa pergi ke banyak tempat.Ilustrasi profesi pemandu wisata atau tour guide/ Foto: freepik.com

Selanjutnya, ada pekerjaan Tour Guide atau pemandu wisata. Tak hanya ada di Indonesia, negara-negara lain termasuk Korea Selatan pun membutuhkan profesi yang satu ini, lho.

Jika kamu memilih jurusan Sastra Korea, kamu bisa mendapatkan pekerjaan sebagai Tour Guide, bahkan kesempatan bekerja di luar negeri. Dengan menjadi Tour Guide, kamu bisa bekerja sekaligus traveling, bahkan belajar lebih banyak lagi mengenai kebudayaan Korea sekaligus.

Ditambah dengan profesi yang menuntut kamu untuk aktif berbicara dan bertemu banyak orang, koneksi kamu juga makin diperluas ketika bekerja sebagai Tour Guide.

Jurnalis

JurnalisIlustrasi profesi Jurnalis/ Foto: Freepik.com

Meskipun bukan dari jurusan Ilmu Komunikasi, kamu tetap bisa berpeluang menjadi Jurnalis dengan memilih jurusan Sastra Korea, Beauties. Melansir Oxford Royale Academy, pengalaman kerja dibutuhkan untuk menjadi seorang jurnalis.

Jadi, kamu bisa mencoba mencari pengalaman terlebih dahulu melalui magang atau pekerjaan volunteer yang berkaitan dengan jurnalistik. Selain itu, asah juga kemampuan menulis dan berpikir kreatif kamu, ya!

PNS

Zodiak yang dianggap cocok menjadi PNS karena dedikasi penuh/ foto: Freepik.com/ freepikIlustrasi profesi PNS/ foto: Freepik.com

Siapa bilang menjadi Pegawai Negeri Sipil hanya bisa di Indonesia? Kamu juga bisa menjadi PNS atau Pegawai Negeri Sipil di Korea Selatan lho, Beauties. Jika kamu memilih jurusan kuliah Sastra Korea, kamu berpeluang bekerja di Kementerian Luar Negeri, di mana kamu bisa bekerja di lembaga Korea, ataupun staf diplomatik Indonesia yang bekerja di Korea.

Itu dia beberapa prospek kerja yang bisa kamu dapatkan dengan memilih jurusan kuliah Sastra Korea. Tertarik untuk memilih jurusan yang satu ini, Beauties?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id