sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Ini Bisa Membuatmu Jauh dari Rasa Bahagia, Termasuk Suka Overthinking!

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Sabtu, 19 Mar 2022 21:00 WIB
5 Kebiasaan Ini Bisa Membuatmu Jauh dari Rasa Bahagia, Termasuk Suka Overthinking!
caption

Siapa pun orang di dunia ini pasti ingin bahagia. Rasa bahagia bisa membuat seseorang terlihat ceria, damai, dan bisa menikmati hidup. Namun terkadang, seseorang bisa jauh dari kebahagiaan tersebut lantaran kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik. 

Nah Beauties, berikut ini ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan dan bisa membuatmu jadi jauh dari rasa bahagia.Yuk simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Sering Overthinking

Sering Overthinking adalah kebiasaan buruk yang dapat menjauhkanmu dari bahagia.
Sering Overthinking/Foto: Pexels.com/Austin Guevara  

Makin ke sini dengan segala tuntutan zaman dan perubahan yang ada, semakin banyak orang yang mengalami overthinking, termasuk dari kalangan muda. Kebiasaan overthinking atau terlalu memikirkan sesuatu secara berlebihan hanya akan membuat seseorang semakin jauh dari kebahagiaan.

Buanglah kekhawatiran yang berlebihan, baik itu karena terlalu memikirkan omongan orang lain, terus mengingat hal buruk di masa lalu, atau mengkhawatirkan masa depan. Demi kesehatan mentalmu, mulailah untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut secara pelan-pelan dari sekarang. Perbanyaklah bersyukur, jauhi tuntutan untuk menjadi sempurna, dan sibukkan diri dengan kegiatan yang positif. 

2. Tidak Mau Menerima Perubahan

Tidak mau berkembang dan menerima perubahan juga salah satu kebiasaan yang membuat seseorang jadi sulit bahagia.
Tidak Mau Menerima Perubahan/ Foto: pexels.com/Ingrid Santana 

Seseorang yang tidak mau menerima perubahan maka ia akan sulit untuk berkembang. Ia merasa begitu nyaman dengan zona amannya. Takut dengan tantangan ke depan dan tidak mau mengambil resiko.

Padahal perubahan merupakan hal yang tidak bisa dihindari dalam hidup. Menutup diri dan tidak mau menerima perubahan hanya akan membuat seseorang menjadi tidak bahagia. 

Jika selama ini kamu masih takut menerima perubahan dalam hidupmu, maka kamu tidak akan pernah maju, Beauties. Karena itu, mulailah untuk menerima perubahan yang ada. Yakinlah, bahwa hal tersebut tidak semenakutkan yang kamu kira dan pasti kamu bisa menghadapinya.

3. Sering Mengeluh

Sering mengeluh membuat seseorang jauh dengan kebahagiaan itu sendiri.
Sering Mengeluh/ Foto: pexels.com/emre keshavarz 

Selama masih hidup di dunia ini, tentu akan ada berbagai masalah yang terus dihadapi. Sebagai manusia biasa, mungkin kamu akan mengeluh dengan permasalahan yang ada. Akan tetapi jika kamu sering mengeluh, bahkan terhadap masalah kecil sekali pun, maka kamu akan sulit untuk bahagia.

Ketika kamu sedang dihadapi masalah, fokuslah pada solusinya. Bukan dengan asik memikirkan masalah yang ada, yang dimana hal tersebut hanya akan membuatmu susah sendiri dan mudah mengeluh.

4. Selalu Iri dengan Kehidupan Orang Lain

Selalu Iri dengan kehidupan orang lain hanya akan membuat diri tidak bahagia.
Selalu Iri dengan Kehidupan Orang Lain/ Foto: pexels.com/cottonbro 

Salah satu kebiasaan yang membuat tidak bahagia adalah sifat iri terhadap kehidupan orang lain. Memandang bahwa kehidupan orang lain selalu penuh kebahagiaan dibandingkan kehidupan diri sendiri. 

Sifat iri bisa membuat seseorang menjadi kurang bersyukur terhadap nikmat yang telah ia miliki. Karena itu Beauties, fokuslah terhadap apa telah kamu miliki. Semakin kamu bersyukur, semakin kamu bahagia.

5. Sering Menunda Sesuatu

Terbiasa menunda sesuatu membuat seseorang jadi sulit bahagia.
Sering Menunda Sesuatu/ Foto: pexels.com/Maycon Marmo 

Sering dianggap sepele, namun kebiasaan sering menunda sesuatu juga bisa ikut menunda kebahagiaanmu. Entah itu menunda pekerjaan, membereskan rumah, menunda mandi atau menunda hal-hal penting lainnya meski terlihat sederhana. 

Dengan bersegera melakukan sesuatu tersebut dan tidak menundanya, itu artinya kamu sudah membebaskan diri dari tekanan atau beban yang sedang ada padamu. Jadi, kamu akan lebih rileks dan tenang setelah melakukan itu semua.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id