sign up SIGN UP

5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Milenial Raih Financial Freedom di Usia Muda, Mana yang Sudah Kamu Coba?

Anindya Milagsita | Beautynesia
Minggu, 28 Nov 2021 20:30 WIB
5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Milenial Raih Financial Freedom di Usia Muda, Mana yang Sudah Kamu Coba?
caption

Mencapai kebebasan finansial atau financial freedom bagi sebagian orang jadi tujuan hidup yang ingin dicapai pada usia tertentu, Beauties. Kebebasan finansial ini bisa berupa punya bisnis untuk jangka waktu yang panjang, kesejahteraan hidup di masa pensiun, hingga menjalani hidup yang nyaman tanpa memikirkan target penghasilan tiap tahunnya.

Momen ini bisa kamu raih dengan usaha yang dilakukan mulai dari sekarang. Buat kamu yang ingin mewujudkan financial freedom di usia muda, ada sederet kebiasaan yang bisa membantu kamu untuk meraihnya. Simak selengkapnya lewat artikel berikut!

Tulis Tujuan Finansial

Menuliskan dengan jelas tujuan finansial yang ingin dicapai.
Sederet kebiasaan untuk bisa mencapai financial freedom di usia muda/freepik/freepik

Kebiasaan pertama yang bisa kamu terapkan dari sekarang adalah menentukan tujuan kebebasan finansial yang ingin dicapai dengan jelas. Melansir dari Investopedia, menulis tujuan secara jelas membantu kebebasan finansial yang diinginkan selangkah lebih dekat.

Tulis apa saja tujuan hidup yang ingin diraih, berapa jumlah tabungan yang ingin dimiliki, gaya hidup seperti apa yang ingin dijalani, hingga pada usia berapa keinginan tadi ingin kamu wujudkan.

Kamu bisa menuliskannya pada buku catatan, jurnal, ataupun sticky note, Beauties. Jangan lupa secara berkala tambahkan tulisan tentang pencapaian apa saja yang sudah kamu raih.

Buat Tabungan Otomatis

Membuat tabungan otomatis terpotong saat gajian.
Sederet kebiasaan untuk bisa mencapai financial freedom di usia muda/freepik/jcomp

Selanjutnya, kebiasaan yang satu ini juga bisa bantu kamu raih kebebasan finansial sejak usia muda, Beauties. Membiasakan diri untuk menabung secara otomatis dapat dimulai dengan menyisihkan uang di hari yang sama saat menerima gaji. Ini dilakukan agar kamu nggak tergoda memakainya untuk membeli hal yang lain.

Selain itu, dengan menganggarkan uang tabungan di awal juga bikin kamu memiliki dana darurat yang bisa sewaktu-waktu dipakai saat diperlukan. Buat besaran uang yang disisihkan, kamu bisa menyesuaikan dengan jumlah penghasilan dan pengeluaran yang kamu butuhkan tiap bulannya.

Mulai Berinvestasi

Mulai belajar untuk berinvestasi mulai dari sekarang.
Sederet kebiasaan untuk bisa mencapai financial freedom di usia muda/freepik/rawpixel.com

Nggak hanya tabungan, mulai sekarang sebaiknya kamu juga bisa belajar untuk berinvestasi, Beauties. Investasi ini menjadi salah satu jalan bagi kamu meraih kebebasan finansial, lho. Cara kerja investasi sendiri adalah kamu akan menyimpan uang dalam bentuk instrumen investasi untuk dikembangkan agar mendapat keuntungan di kemudian hari.

Instrumen investasi ini bisa berupa saham, reksa dana, emas, properti, tanah, hingga berbagai pilihan lainnya. Kamu bisa memilih instrumen investasi yang mengalami pertumbuhan dari waktu ke waktu. Hal ini karena investasi bertujuan untuk jangka panjang.

Gaya Hidup Hemat

Mulai belajar untuk menerapkan gaya hidup hemat.
Sederet kebiasaan untuk bisa mencapai financial freedom di usia muda/unsplash/Kelly Sikkema

Pernahkah kamu mendengar kalau berhemat itu sama saja pelit, Beauties? Istilah ini nggak sepenuhnya tepat, lho. Melansir dari Wolipop, pada dasarnya saat seseorang milih untuk hidup berhemat terlebih soal keuangan, berarti orang itu berusaha untuk bijak dalam mengelola uangnya.

Hal ini bisa disebut juga sebagai frugal living atau gaya hidup frugal. Gaya hidup yang satu ini bisa kamu biasakan mulai dari sekarang kalau ingin mencapai kebebasan finansial sejak usia muda. Gaya hidup frugal bisa diartikan sebagai sadar akan pengeluaran tapi tetap fokus pada prioritas yang ada. 

Selalu Jaga Kesehatan

Tetap menerapkan gaya hidup yang sehat.
Sederet kebiasaan untuk bisa mencapai financial freedom di usia muda/freepik/marymarkevich

Memiliki tubuh yang sehat ternyata juga bisa membantu kamu dalam meraih tujuan hidup untuk bisa memiliki kebebasan finansial, lho. Kenapa ya bisa begitu? Ini karena kesehatan juga menjadi bagian dari investasi yang nggak kalah penting bagi hidup kita di masa sekarang hingga mendatang, Beauties. 

Saat tubuh sehat dan juga bugar kamu pun akan memiliki lebih banyak waktu untuk beraktivitas dan produktif sehari-harinya. Tapi saat itu justru terjadi sebaliknya, kamu pun akan mengalami kesulitan karena gangguan kesehatan yang tengah dialami.

Oleh karena itu, berolahraga secara teratur dan menjaga asupan pola makan yang sehat harus mulai diperhatikan sejak saat ini.

[Gambas:Youtube]

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id