sign up SIGN UP

5 Keputusan Keuangan Terbaik yang Bisa Kamu Mulai Sekarang, Beauties.. Jangan Ditunda Lagi!

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Rabu, 18 May 2022 07:45 WIB
5 Keputusan Keuangan Terbaik yang Bisa Kamu Mulai Sekarang, Beauties.. Jangan Ditunda Lagi!
caption

Berbicara mengenai pengelolaan keuangan mungkin sudah hal lumrah kamu tahu dan sering dengar. Sayangnya, apa yang sudah kamu ketahui tentang pengelolaan keuangan tersebut mungkin masih sebatas teori alias belum kamu praktikkan.

Padahal kamu perlu membuat keputusan keuangan sesegera mungkin agar kamu bisa mencapai kebebasan finansial pada beberapa kurun waktu mendatang.

Lalu dari mana kamu perlu memulai keputusan keuangan tersebut? Kamu bisa mulai dari sini ya, Beauties!

Mulai Berinvestasi

Mulai berinvestasi
Mulai berinvestasi/ Foto: freepik.com/rawpixel.com

Jangan menunggu untuk memiliki gaji besar baru memulai investasi. Berapapun gaji yang kamu miliki saat ini, kamu tetap bisa berinvestasi meski dalam skala kecil. Meski baru bisa berinvestasi kecil-kecilan, namun jangan remehkan manfaat besar yang diberikan dari investasi ke depannya.

Melansir dari laman The Balance, berinvestasi dapat membantu menciptakan kekayaan, memenuhi tujuan keuangan, mengalahkan inflasi, dan menabung untuk masa pensiun. Semakin dini kamu berinvestasi, maka semakin cepat juga kamu akan mendapatkan manfaat tersebut. Namun pastikan kamu berinvestasi secara aman dan legal ya, Beauties.

Disiplin Budgeting

Disiplin budgeting
Disiplin budgeting/ Foto: freepik.com/katemangostar

Menghasilkan uang di usia muda memang menyenangkan. Kamu bisa beli apapun yang kamu mau dengan uangmu sendiri. Akan tetapi, kesenangan tersebut mungkin hanya akan bertahan di awal bulan jika kamu tidak disiplin mengatur pengeluaran dengan bijak.

Jika ingin bisa menginvestasikan uang atau memiliki tabungan rutin, kamu perlu berusaha meminimalkan pengeluaran. Budgeting sangat perlu kamu lakukan untuk mengontrol pengeluaran. Kamu bisa atur budgeting untuk waktu tertentu seperti mingguan atau bulanan. Kamu juga bisa atur berdasarkan kebutuhan yang ingin kamu penuhi pada periode waktu tersebut. 

Tentu dengan budgeting, kamu akan bisa mendapatkan beberapa manfaat. Di antaranya melansir dari laman Investopedia, bisa lebih cepat mencapai tujuan finansial, meyakinkanmu untuk tidak menghabiskan uang pada hal yang tidak dibutuhkan, hingga membantu membuatmu lebih siap jika ada kebutuhan yang mendadak. Seperti terkena PHK misalnya.

Memperbaiki Lifestyle

Olahraga di rumah
Olahraga di rumah/ Foto: freepik.com/benzoix

'Bergayalah sesuai isi dompet'. Kamu mungkin sudah sering mendengar saran tersebut. Memang betul Beauties, kamu perlu sesuaikan lifestyle dengan isi dompetmu. Tidak perlu meninggikan gengsi dengan mengeluarkan uang demi hal-hal yang sebenarnya tidak perlu. Hal tersebut justru akan menyulitkanmu karena bisa membuat kondisi keuanganmu berantakan.

Mulai sekarang kamu bisa mulai gaya hidup sederhana namun tetap berkualitas. Kedepankan kebutuhan dan kenyamanan terlebih dahulu. Seperti kebutuhan makan, kamu bisa pilih makan sehat daripada makanan kekinian.

Olahraga juga tidak wajib ke gym, karena kamu bisa tetap olahraga hemat di rumah. Yang terpenting tubuh tetap sehat dan bugar. Bukan begitu, Beauties?

Perluas Koneksi

Perluas koneksi
Perluas koneksi/ Foto: freepik.com/tirachardz

Memiliki hubungan baik dengan orang lain juga penting lho, Beauties. Dengan begitu kamu akan memperluas koneksi dengan banyak orang. Memiliki koneksi yang luas tentunya akan sangat menguntungkan karirmu.

Melansir dari laman Forbes, memiliki koneksi yang luas mendatangkan beberapa manfaat, seperti membuatmu lebih dikenal, membuka jalan untuk peluang baru, meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan kreativitas, hingga membangun hubungan jangka panjang.

Untuk itu, jangan ragu untuk bersosialisasi dengan orang banyak ya, Beauties.

Pertimbangkan Memiliki Asuransi

Pertimbangkan memiliki asuransi
Pertimbangkan memiliki asuransi/ Foto: freepik.com/pressfoto

Fungsi utama asuransi sendiri adalah sebagai perlindungan jika di kemudian hari kamu menemui peristiwa tidak terduga. Asuransi juga menjadi jaminan di masa mendatang. Mengingat pentingnya manfaat asuransi, kamu perlu mempertimbangkan untuk memiliki asuransi sesegera mungkin. 

Ada banyak jenis asuransi yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Seperti asuransi kesehatan, asuransi untuk kendaraan, asuransi pendidikan, asuransi jiwa, dan banyak jenis lainnya. Jadi alih-alih menghabiskan uang untuk minum kopi mahal terus, ada baiknya kamu alihkan uang tersebut untuk membeli asuransi.

Semoga info di atas bermanfaat untuk mengambil keputusan ketika merencanakan pengelolaan keuanganmu nantinya ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id