sign up SIGN UP

4 Cara Mengelola Finansial Dalam Membeli Skincare Agar Tak Boncos, Yuk Terapkan!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Selasa, 10 May 2022 21:30 WIB
4 Cara Mengelola Finansial Dalam Membeli Skincare Agar Tak Boncos, Yuk Terapkan!
caption
Jakarta -

Perempuan ataupun laki-laki kini memang mulai peduli dengan kecantikan dan kesehatan kulit. Hal tersebut ditunjukkannya dengan penggunaan skincare sehari-hari. Saat ini beragam pilihan dan terobosan produk skincare terus bertambah.

Apalagi saat ini produk skincare lokal semakin berkualitas dan banyak diminati masyarakat karena harganya yang relatif terjangkau dibandingkan dengan brand high end. Tak jarang hal ini dapat menimbulkan perilaku ikut-ikutan dengan trend yang sedang ramai.

Misalnya, kaum millenial kerap berbelanja setelah menonton video review skincare atau kosmetik lewat media sosial. Tentu perilaku semacam ini dapat menjadi ancaman dalam masalah finansial.

Anggaran belanja baju untuk keluarga/Ilustrasi keuangan. (Foto: pexels.com/Karolina Grabowska)

Saat ini edukasi tips mengelola finansial terus disuarakan, baik secara langsung atau lewat media sosial. Mengelola keuangan tak hanya berlaku untuk hal-hal penting, seperti makanan, transportasi atau hiburan saja. Melainkan untuk urusan skincare pun setiap bulannya, sebaiknya juga perlu diperhatikan.

Yup, skincare termasuk salah satu hal yang bisa menguras kocek karena harganya yang relatif mahal, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. Apalagi jika tidak kamu kelola dengan baik nih, Beauties!

Kebutuhan skincare setiap bulannya memang tidak dapat dihindari, terutama skincare basic. Jika tak pandai mengelola uang saat belanja skincare bisa mencekik dompet. Lantas, bagaimana cara mengelola finansial dalam membeli skincare setiap bulannya? Yuk, simak 4 caranya yang telah Beautynesia rangkum untuk kamu!

Menentukan Budget dan Waktu Pembelian

Budgetting adalah hal utama yang perlu dilakukan saat mengelola keuangan
Budgetting/Foto: Freepik.com/mdjaff

Dalam mengelola finansial, hal paling utama yang harus dilakukan adalah menentukan budget. Dengan menentukan budget, kamu dapat terhindar dari masalah minus keuangan yang akhirnya membuatmu harus berhutang. Beauties, tentukan besar pendapatanmu dan pengeluaran  dengan membuat pos-pos alokasi kebutuhanmu setiap bulannya, termasuk skincare.

Annisa Steviani, seorang financial planner melalui Instagramnya pernah mengatakan bahwa mengatur budget untuk skincare dan make up dapat dilakukan dengan cara membagi budget dan menyesuaikan waktunya.

Misalnya, budget bulanan untuk kebutuhan seperti bath & body care dapat menggunakan pendapatan bulanan. Kemudian budget 3 atau 4 bulan untuk produk skincare yang rutin digunakan dapat dibuat dari alokasi budget bulanan.

Terakhir, budget tahunan bisa didapat menggunakan pendapatan tahunan. Namun, saat membeli skincare dengan budget tahunan, penting untuk memperhatikan kadaluwarsa produk secara berkala ya, Beauties!

Tentukan Skala Prioritas

Penting untuk menentukan prioritas produk dan waktu pembelian skincare dalam mengelola finansial setiap bulan
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/

Selain menentukan budget,  menentukan prioritas produk skincare yang memang dibutuhkan setiap bulannya juga tak kalah penting, lho! Kamu bisa menuliskan apa-apa saja kebutuhan skincare setiap bulannya dari yang paling penting, seperti face wash,  sunscreen, dan moisturizer sampai ke yang tidak penting, seperti face spray, atau toner sesuai dengan kebutuhan jenis kulit.

Yup, penting untuk membuat catatan daftar kebutuhan skincare agar saat kamu belanja tidak kalap! Jika produk yang tidak begitu penting namun kamu benar-benar ingin membelinya, mungkin kamu bisa menunda dan membeli di bulan berikutnya saat memiliki budget lebih atau mendapatkan bonus.

Berburu Promo Diskon

salah satu cara mengelola finasnsial dalam membeli skincare adalah dengan berburu promo diskon
Berburu Promo DIskon/Foto: Freepik.com/

Melansir dari Pop Sugar, setiap akhir tahun atau hari jadi sebuah brand biasanya akan ada promo atau diskon yang ditawarkan kepada konsumen. Nah, Beauties, tak ada salahnya untuk kamu memanfaatkan promo diskon produk skincare yang memang sudah cocok di kulitmu.

Kamu bisa menyimpannya sebagai stok untuk beberapa bulan ke depan. Eitsss, jika kamu tergiur dengan diskon, pastikan agar uang yang digunakan tidak mengganggu alokasi budget lainnya yang sudah dibuat.

Gunakan Produk Multifungsi

Menggunakan produk multifungsi dapat mengurangi beban pengeluaran pembelian skincare
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/freepik

Melansir dari Money US News, cara lainnya yang dapat diterapkan dalam mengatur finansial saat berbelanja kebutuhan skincare adalah dengan menggunakan produk multifungsi.

Misalnya, kamu dapat menggunakan pelembab yang sudah ada kandungan sunscreen, serum yang sudah mengandung pelembab, atau toner yang juga dapat digunakan sebagai face mist sesuai dengan jenis kulit.

Dengan begitu, kamu bisa menghemat biaya pengeluaran kebutuhan skincare setiap bulannya.

Nah itu tadi 4 cara yang bisa dilakukan untuk mengelola finansial dalam membeli skincare agar keuanganmu tak boncos. Semoga bermanfaat, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id