sign up SIGN UP

5 Kesalahan Saat di Dapur yang Sering Dilakukan Ibu Muda, Cek Termasuk Kamu?

Zeyra Haya | Beautynesia
Minggu, 31 Jul 2022 08:00 WIB
5 Kesalahan Saat di Dapur yang Sering Dilakukan Ibu Muda, Cek Termasuk Kamu?
caption

Pekerjaan rumah bukanlah hal yang bisa disepelekan. Meski terlihat ringan, pekerjaan-pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci dan lain sebagainya tidak bisa kita kerjakan dengan sembarangan.

Banyak dari kita kerap menyepelekan pekerjaan rumah, salah satunya seperti masalah dapur. Padahal faktanya, dapur menjadi tempat yang paling harus kita perhatikan, baik kebersihannya maupun kelengkapannya.

Sering Dilakukan Ibu Muda, 5 Kebiasaan di Dapur Ini Sebaiknya Kita Hindari

5 Kesalahan Saat Di Dapur Ini Sering Dilakukan Ibu Muda. Duh, Hati-Hati!/Foto: pexels.com/Andrea PiacquadioKesalahan Saat di Dapur Ini Sering Dilakukan Ibu Muda/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Menjadi ibu rumah tangga apalagi di usia muda tentu akan menjadi tantangan tersendiri. Banyak hal mengenai pekerjaan rumah yang harus dipelajari. Salah satunya cara menjaga kebersihan dapur.

Memasak tentu bisa menjadi kegiatan menyenangkan sekaligus terapeutik, dengan begitu dapur menjadi salah satu bagian rumah yang paling sering digunakan. Namun jika kita tidak berhati-hati, kebiasaan buruk dan kesalahan-kesalahan yang kita lakukan di dapur justru akan membuat acara masak kita gagal bahkan membahayakan diri.

Untuk itu, agar kegiatan memasak lebih nyaman, kebersihan dan keamanan dapur menjadi hal penting yang harus kita perhatikan. Beauties, berikut adalah beberapa kesalahan di dapur yang harus kita hindari dan waspadai.

1. Masak dengan Api Terlalu Besar

Kesalahan memasak di dapur yang harus mulai kita kurangi, memasak dengan api terlalu besar/Foto: pexels.com/Devon Rockola
(Kesalahan memasak di dapur yang harus mulai kita kurangi, memasak dengan api terlalu besar/Foto: pexels.com/Devon Rockola)

Kesalahan di dapur yang pertama adalah memasak dengan api yang terlalu besar. Memasak dengan api terlalu besar akan berisiko membuat makanan cepat hangus dan tidak matang merata. Kebiasaan yang satu ini juga akan membuat wajan cepat rusak dan berkerak.

Parahnya, jika kita lengah kebiasaan ini juga dapat memicu terjadinya kebakaran di dapur. Maka dari itu, saat memasak dibutuhkan kesabaran. Ketimbang membesarkan api, sebaiknya tunggu hingga wajan panas merata terlebih dahulu agar hasil masakan dapat lebih maksimal.

2. Malas Menyusun Isi Kulkas

Kebiasaan malas menyusun isi kulkas justru bisa berbahaya bagi kesehatan. Hindari!/Foto: pexels.com/Polina Tankilevitch
(Kebiasaan malas menyusun isi kulkas justru bisa berbahaya bagi kesehatan. Hindari!/Foto: pexels.com/Polina Tankilevitch)

Kebiasaan malas menyusun isi kulkas juga seringkali tanpa sadar kita lakukan nih, Beauties. Padahal kebiasaan buruk yang satu ini justru bisa membahayakan kesehatan lho!

Menyusun isi bahan makanan harus dilakukan dengan benar agar kesegaran bahan makanan dapat terjaga. Selain itu, membersihkan kulkas secara rutin juga wajib kita lakukan agar terhindar dari kuman dan bakteri.

3. Tidak Mengganti Spons Cuci Piring secara Rutin

Stop kebiasaan malas ganti spons cuci piring! Ini bahayanya untuk kesehatan/Foto: pexels.com/Kampus Production
(Stop kebiasaan malas ganti spons cuci piring! Ini bahayanya untuk kesehatan/Foto: pexels.com/Kampus Production)

Menjaga kebersihan dapur adalah bagaimana kita menjaga semua peralatan di dapur agar tetap bersih. Untuk itu, mengganti spons cuci piring secara rutin juga wajib kita lakukan.

Salah satu kesalahan di dapur yang sering dilakukan terutama oleh para ibu muda adalah tidak mengganti spons cuci piring secara rutin. Entah alasan hemat atau hanya sekedar malas.

Melansir dari Eat This Not That, spons adalah benda yang biasanya menjadi tempat berkembang biaknya kuman, itulah sebabnya mengapa kita harus menggantinya setidaknya setiap bulan.

4. Mencuci Wajan dengan Sabun

Nggak perlu sabun, membersihkan wajan yang benar ternyata hanya dengan menggunakan air hangat/Foto: pexels.com/Cats Coming
(Nggak perlu sabun, membersihkan wajan yang benar ternyata hanya dengan menggunakan air hangat/Foto: pexels.com/Cats Coming)

Kesalahan membersihkan dapur yang juga harus kita hindari adalah mencuci wajan dengan sabun. Kesalahan ini sering dilakukan para ibu karena belum mengetahui bahwa sebenarnya mencuci wajan tidak perlu menggunakan sabun.

Tidak baik jika wajan dicelupkan ke dalam sabun yang banyak atau dalam waktu yang lama. Sebab, wajan anti lengket sebenarnya dapat dicuci hanya dengan menggunakan air hangat, spons abrasif, dan minyak siku yang baik.

5. Mencuci Ayam

Jarang diketahui, mencuci ayam mentah ternyata bisa timbulkan penyakit. Ini fakta menurut ahli/Foto: eatthis.com
(Jarang diketahui, mencuci ayam mentah ternyata bisa timbulkan penyakit. Ini fakta menurut ahli/Foto: eatthis.com)

Satu lagi kesalahan di dapur yang sering kita lakukan bahkan banyak orang belum tau bahwa ini merupakan suatu kesalahan adalah mencuci ayam dan telur. Bukan tanpa alasan, kebiasaan ini justru ternyata bisa meningkatkan risiko penyebaran bakteri yang akan mengancam kesehatan.

Mengutip dari Detik Health, ahli kesehatan dan kebersihan pangan mengatakan bahwa ayam mentah dipenuhi dengan bakteri seperti campylobacter atau salmonella. Mencuci ayam mentah justru berisiko menimbulkan kontaminasi silang.

“Faktanya, mencuci ayam justru memperburuk perkembangan bakteri. Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, air yang mengalir dan cipratan air dapat menyebarkan bakteri di sekitar bak cuci, meja, dan bahkan pakaian yang dikenakan,”

Beauties, itulah beberapa kesalahan membersihkan dapur yang masih sering kita lakukan dan sebaiknya kita hindari. Bagaimana menurutmu?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id