sign up SIGN UP

5 Makanan di Rumah yang Ternyata Bahaya untuk Kesehatan Kucing, Cat Lovers Nggak Pernah Kasih Kan?

Cynthia Claudia | Beautynesia
Kamis, 16 Jun 2022 06:15 WIB
5 Makanan di Rumah yang Ternyata Bahaya untuk Kesehatan Kucing, Cat Lovers Nggak Pernah Kasih Kan?
caption

Memelihara hewan peliharaan, salah satunya kucing, memerlukan pengetahuan yang memadai. Kamu harus bisa merawat dan memberikan makan yang sesuai dengan usia dan kondisinya. 

Tidak baik juga memberikan kucing makanan sembarangan, karena ini akan memengaruhi pertumbuhan dan kesehatannya. Berikut adalah deretan makanan yang ternyata berbahaya untuk kesehatan kucing. Apa saja, simak yuk!

1. Produk Turunan Susu 

makanan
makanan/ Foto: Pexels.com/ Pixabay

Melansir Hillspet.com, produk turunan susu merupakan makanan yang berbahaya untuk kesehatan kucing. Meskipun kucing termasuk hewan pencinta susu, tapi minuman tersebut malah berbahaya karena mereka cenderung kesulitan mencerna laktosa yang terkandung dalam susu. 

Laktosa yang susah dicerna kucing biasanya akan membuat kucing lebih rentan mengalami diare atau sakit perut. Susu yang lebih baik pilihannya adalah yang berasal dari induk kucing itu sendiri. 

2. Makanan Anjing

makanan
makanan/ Foto: Pexels.com/ Ella Olson

Makanan selanjutnya yang berbahaya untuk kesehatan kucing adalah makanan anjing. Jika kamu merawat anjing sekaligus kucing secara bersamaan, bisa saja kucing peliharaanmu tidak sengaja memakan makanan anjing. 

Kucing bisa mengalami kekurangan gizi ketika terus makan makanan anjing. Ini terjadi karena kucing sebenarnya membutuhkan beberapa kandungan seperti vitamin A, asam arakidonat, dan lain-lain, yang sebenarnya tidak ada di makanan anjing. 

3. Bawang Putih/ Bawang Merah

makanan
makanan/ Foto: Pexels.com/ Carolina G.

Bawang putih dan bawang merah termasuk makanan yang sebaiknya tidak diberikan oleh kucing. Entah itu mentah ataupun dimasak, bawang-bawangan sebenarnya mengandung allium yang bisa memicu anemia pada kucing. 

Selain memicu anemia pada kucing, bawang-bawangan juga bisa mengganggu kesehatan pencernaan pada kucing, yang biasanya menyebabkan sakit perut atau diare. 

4. Cokelat 

makanan
makanan/ Foto: Pexels.com/ Lisa F.

Cokelat menjadi salah satu makanan yang juga sebaiknya tidak diberikan kepada kucing. Coklat pada dasarnya mengandung bahan beracun untuk kucing, yaitu teobromin dan kafein, yang dapat mengganggu kesehatan kucing.

Gangguan kesehatan yang dialami kucing ketika mengonsumsinya adalah mengalami diare, muntah, peningkatan suhu tubuh, dan lain-lain.

5. Roti

makanan
makanan/ Foto: Pexels.com/ Pixabay

Roti merupakan makanan yang tidak mengandung nilai gizi yang dibutuhkan oleh seekor kucing. Makanan ini jika diberikan sesekali sebenarnya tidak masalah untuk kucing. 

Namun, jika roti yang mentah tidak sengaja dikonsumsi oleh seekor kucing, maka kucing tersebut bisa mengalami gangguan pencernaan. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id