sign up SIGN UP

5 Nasihat Keuangan yang Perlu Kamu Ketahui di Awal Usia 20an

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Kamis, 30 Jun 2022 06:00 WIB
5 Nasihat Keuangan yang Perlu Kamu Ketahui di Awal Usia 20an
caption

Remaja di awal usia 20an memiliki latar belakang yang berbeda-beda tentunya. Sebagian mungkin sudah memiliki penghasilan dari gaji, sebagian lagi mungkin masih berkutat dengan dunia perkuliahan. Namun perihal nasihat keuangan perlu kamu ketahui sedini mungkin termasuk di usia 20an.

Sebab ketika kamu sudah menerapkan kebiasaan baik terkait keuangan di usia 20an, maka di tahun-tahun setelahnya, akan lebih mudah bagimu untuk mengelola keuangan pribadi. Lalu, nasihat keuangan apa saja yang perlu kamu tahu dan terapkan?

Pelajari Cara Membuat Anggaran

Membuat anggaran
Membuat anggaran/ Foto: freepik.com/ijeab

Tidak peduli kamu sudah berpenghasilan, atau masih mendapatkan jatah uang saku dari orang tua, kamu perlu membuat rencana anggaran dari kedua sumber tersebut. Melansir dari laman The Balance, membuat anggaran akan membantumu memutuskan kapan dan bagaimana membelanjakan uang, memberimu kekuatan untuk memutuskan ke mana uang pergi. 

Terkini, sudah banyak aplikasi pembuat anggaran yang bisa kamu download dan gunakan di smartphone. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot lagi membuat coretan di kertas atau buku.

Belanja dengan Cerdas

Belanja dengan cerdas
Belanja dengan cerdas/ Foto: freepik.com/pressfoto

Belanja dengan cerdas berarti kamu lebih mendahulukan kebutuhan daripada keinginan. Kamu juga tidak mudah tergiur diskon yang mungkin membuatmu ngiler karena potongannya yang gila-gilaan. 

Untuk menjadi seorang pembeli yang cerdas bisa kamu biasakan dari sekarang. Salah satu caranya adalah dengan membawa daftar barang yang kamu rencanakan untuk dibeli ketika pergi berbelanja. Dengan membawa daftar tersebut, kamu bisa terhindar dari pengeluaran impulsif.

Menyisihkan Uang untuk Dana Darurat dan Tabungan

Dana darurat
Dana darurat/ Foto: freepik.com/freepik

Terkait keuangan, mungkin tidak ada yang lebih menenteramkan daripada tidak memiliki tanggungan utang. Menyisihkan sebagian dari uangmu untuk dana darurat adalah cara yang ampuh agar terhindar dari utang. Ketika mendapati pengeluaran yang tidak terduga, maka kamu bisa mengandalkan dana darurat.

Manfaat tambahannya, melansir dari laman Investopedia, ketika kamu terbiasa menyisihkan uang ke dalam tabungan secara otomatis, maka kamu akan berhenti memperlakukan tabungan sebagai opsional untuk menghabiskan uangmu dan mulai memperlakukannya sebagai 'pengeluaran bulanan' yang diperlukan.

Tak lama, kamu akan memiliki lebih dari sekadar uang darurat yang disimpan. Kamu akan memiliki uang pensiun, uang liburan, atau bahkan uang untuk uang muka rumah.

Perluas Jaringan dan Kembangkan Skill

Perluas jaringan
Perluas jaringan/ Foto: freepik.com/tirachardz

Di usia yang masih muda, penting bagimu untuk memperluas koneksi meski masih menempuh studi. Memiliki jaringan yang luas memudahkanmu untuk memperoleh pekerjaan di kemudian hari. Tidak hanya itu, dengan koneksi yang luas mempermudahmu untuk mendapatkan peluang seperti ekspansi bisnis atau kemudahan menggaet klien.

Tak lupa juga untuk selalu kembangkan skill yang kamu bisa dan kamu minati. Semakin banyak skill yang kamu kuasai maka resume-mu kelak akan lebih menarik dan memiliki peluang besar untuk diterima kerja.

Jaga Kesehatan

Jaga kesehatan
Jaga kesehatan/ Foto: freepik.com/jcomp

Menjaga kesehatan jauh lebih hemat daripada membayar biaya rumah sakit yang terkadang menguras tabungan. Tentu menjaga tubuh tetap bugar harus kamu lakukan sedini mungkin untuk mencegah penyakit yang mungkin muncul di usia 30an ke atas.  Kamu juga perlu mempertimbangkan untuk memiliki asuransi kesehatan pribadi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id