sign up SIGN UP

Kiat Mengatur Uang dan Berinvestasi buat Pasangan yang Baru Menikah

Fina Prichilia | Beautynesia
Selasa, 21 Jun 2022 17:00 WIB
Kiat Mengatur Uang dan Berinvestasi buat Pasangan yang Baru Menikah
Foto: iStock
Jakarta -

Kehidupan pernikahan tentu sangat berbeda ketika masih sendiri, termasuk soal mengatur keuangan dan berinvestasi.

Karena sudah tidak sendiri dan bila kamu dan pasangan sama-sama berpenghasilan, maka memang diperlukan kesepakatan untuk mengatur hal ini, Beauties.

Berikut kiat mengatur uang juga berinvestasi bagi pasangan yang baru menikah.

Anggaran Bersama

Menurut Financial Planner Prita Ghozie seperti dirangkum dari detikFinance, langkah pertama terkait keuangan setelah menikah adalah membuat anggaran baru bersama.

Kamu dan pasangan bisa mendiskusikan bersama, terkait siapa saja yang menjadi sumber pemasukan serta berapa besar pengeluaran bersama setiap bulannya dan dana yang harus disimpan.

Prioritaskan Utang

Diskusikan apapun dengan pasangan agar keuangan keluargamu terhindar dari konflik/Foto: pexels.com/Jopwell(Diskusikan apapun dengan pasangan agar keuangan terhindar dari konflik/Foto: pexels.com/Jopwell)/

Kamu akan menjalani kehidupan pernikahan yang tenang bila terbebas dari utang, Beauties. Nah, apakah ketika menggelar pernikahan kemarin membuatmu dan pasangan meminjam uang? Oleh karenanya selesaikanlah hal tersebut lebih dulu.

Terkait utang, memang ada baiknya dibicarakan sebelum pernikahan secara terbuka. Perlu kamu tahu, selain aset, utang juga bisa diwariskan.

Sepakati Tujuan Investasi

Setelah menikah, wajar kalau kamu dan pasangan juga ingin punya rumah dan kendaraan baru. Selain itu yang perlu dibicarakan adalah kebutuhan saat punya anak beserta pendidikannya, hingga dana pensiun kalian nanti.

Karenanya bila sudah menyepakati tujuan investasi bersama pasangan, segera memulainya dari sekarang. Tentunya kamu dan suami perlu mempelajari instrumen investasinya dulu yang paling cocok dengan profil risiko kalian.

Siapkan Dana Darurat

Jangan sampai Mengusik Dana Darurat atau Invetasi/freepik.com/jcompDana Darurat/freepik.com/jcomp/

Menurut Prita, dana darurat bermanfaat sebagai ban serep bagi kondisi keuangan kita. Pasalnya kejadian-kejadian yang tak terduga, bisa saja terjadi pada keluarga kita yang menyebabkan keluarnya uang yang tidak pernah dianggarkan.

Sebagai contohnya adalah biaya sakit, terkena PHK, kecelakaan, kematian, bantuan keluarga dan lain-lain. Karena itu, kamu dan suami sangat perlu menganggarkan dana darurat.

Membuat Proteksi

Proteksi atau asuransi, bisa itu kesehatan, jiwa, kendaraan dan rumah adalah hal penting. Tujuannya untuk melindungi asetmu, Beauties. Namun, pelajari dulu secara mendetail sebelum membeli polis asuransi dari produk-produk proteksi tersebut.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id