sign up SIGN UP

5 Prospek Karier Menjanjikan Bagi Lulusan Akuntansi, Ada yang Digaji hingga Rp30 Juta per Jam!

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Selasa, 21 Jun 2022 16:30 WIB
5 Prospek Karier Menjanjikan Bagi Lulusan Akuntansi, Ada yang Digaji hingga Rp30 Juta per Jam!
Prospek Karir Bagi Sarjana Akuntansi/foto: pexels.com/anna-tarazevich

Salah satu jurusan yang tidak pernah sepi peminat adalah jurusan akuntansi. Bahkan, bisa dibilang lulusan akuntansi dibutuhkan di hampir semua sektor perusahaan.

Bagaimana tidak, latar belakang pendidikan akuntansi dibutuhkan di setiap perusahaan untuk mencatat keuangan, transaksi, membuat anggaran, bahkan menghitung pajak, semua dilakukan oleh sarjana akuntansi. Tidak heran, jurusan ini banyak diminati.

Lalu, apa saja prospek karir sarjana lulusan akuntansi? Berikut ini prospek karier menjanjikan bagi sarjana akuntansi, yuk simak!

Tax Accountant

Salah satu bidang pekerjaan lulusan akuntansi yaitu di bagian pajak
Ilustrasi Pegawai Pajak/foto: pexels.com/karolina-grabowska

Seorang akuntan pajak bertanggung jawab untuk mempersiapkan penghitungan dan pelaporan pajak perusahaan, memperkirakan pengembalian pajak, laporan bulanan dan tahunan hingga validasi pajak dan transaksi keuangan. Selain akuntan pajak, ada juga tax officer yang bertugas merancang perencanaan pajak, bertanggung jawab atas pengaturan database pajak perusahaan, menyiapkan dokumen pajak, menghitung pajak, membayar, serta mendokumentasikan pajak.

Seorang akuntan pajak biasanya membekali diri dengan sertifikat brevet pajak yang bisa didapatkan dengan mengikuti pelatihan dan lulus ujian. Sehingga, bagi kamu lulusan akuntansi yang tertarik berprofesi di bagian perpajakan kamu perlu menyiapkan sertifikat tersebut untuk meningkatkan kompetensi diri ya, Beauties.

Akuntan Internal

Seorang lulusan akuntansi tidak jauh dari pekerjaan sebagai seorang akuntan
Ilustrasi Pekerjaan Akuntan/foto: pexels.com/cottonbro

Ada berbagai macam jenis pekerjaan sebagai akuntan, salah satunya adalah akuntan internal. Melansir dari CNN Indonesia, akuntan internal adalah akuntan yang bekerja di sebuah perusahaan atau organisasi. Tugas utama seorang akuntan internal adalah menyusun serta membuat laporan keuangan terkait perusahaan tersebut. Bukti laporan tersebut akan dilaporkan kepada pihak internal seperti atasan untuk kemudian dilakukan evaluasi.

Rata-rata, seorang akuntan internal bisa memperoleh gaji sebesar Rp108 juta per tahun. Meskipun nominal tersebut bisa berbeda tergantung wilayah, kebijakan perusahaan dan masa kerja.

Akuntan Pemerintahan

Akuntan juga ada yang bekerja di bagian pemerintahan, disebut dengan akuntan pemerintahan
Ilustrasi Akuntan Pemerintahan/foto: pexels.com/pavel-danilyuk-

Selain akuntan internal, ada pula akuntan pemerintahan. Akuntan pemerintahan bisa bekerja di sektor pemerintahan seperti Dirjen Pajak atau Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Selain itu, seorang akuntan pemerintahan juga bisa bekerja di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta instansi pemerintahan yang terkait.

Auditor

Seorang auditor bertanggung jawab memeriksa laporan keuangan perusahaan
Ilustrasi Auditor/foto: pexels.com/rodnae-productions-

Auditor memiliki tugas untuk merancang, mengendalikan, mencatat dan meninjau hal-hal yang berkaitan dengan keuangan, mendapatkan bukti audit, hingga mengevaluasi pengendalian internal. Auditor bertanggung jawab memeriksa apakah laporan keuangan suatu perusahaan berjalan dengan tepat atau tidak.

Financial Planner

Bagi lulusan akuntansi yang sudah memiliki lisensi khusus, bisa membangun lembaga independen sebagai perencana keuangan (financial planner). Saat ini, profesi financial planner semakin dibutuhkan karena semakin banyak orang, terutama dari kalangan anak muda, yang melek soal perencanaan keuangan.

Tugas financial planner adalah membantu perencanaan keuangan bagi klien individu atau perusahaan secara terencana dan terintegrasi untuk mencapai tujuannya. Untuk gajinya sendiri terbilang sangat menggiurkan, lho!

Gaji financial planner umumnya menyesuaikan durasi konsultasi klien. Ada yang memasang harga Rp30 juta per jam atau lebih, dan bisa kurang sesuai tingkat pengalamannya.

Beauties, beberapa contoh profesi di atas adalah segelintir profesi bagi lulusan akuntansi yang dirangkum dari detikEdu dan CNN Indonesia. Contoh profesi lain bagi lulusan akuntansi yaitu admin, admin keuangan, account receivable staff, dan masih banyak lagi jenis pekerjaan tergolong ke dalam divisi finance and accounting.

Ada beberapa profesi bagi lulusan akuntansi yang membutuhkan sertifikat atau pelatihan lanjutan agar bisa memperoleh kompetensi pada pekerjaan tersebut. So, tetap semangat dan jangan pernah lelah untuk belajar, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id